5 Cara Jitu agar Kamu Bisa Menikmati Hari Minggu Tanpa Beban Pekerjaan Rumah!

Rebahan di hari Minggu tanpa merasa bersalah

Pernah gak sih merasa hari Minggu yang harusnya bisa buat istirahat, malah merasa sangat lelah? Hari libur yang seharusnya digunakan untuk recharge energi, malah habis digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan rumahan seperti nyuci, nyetrika, hingga beberes rumah.

Yah, besok udah Senin. Perasaan belum sempat istirahat, tahu-tahu sudah mau Senin aja.

Memang gak bisa dipungkiri, tidak semua orang punya kebebasan di hari Minggu untuk berlibur atau sekedar istirahat di rumah. Ada beberapa orang yang punya kewajiban dan tanggung jawab bekerja di hari Minggu. Namun, kalau kamu sebenarnya punya kesempatan untuk berlibur di hari Minggu, manfaatkan waktu tersebut untuk bebas dari beban pekerjaan. Gak harus bepergian kok, kamu tetap bisa di rumah saja menikmati liburan tanpa pekerjaan rumah yang menguras tenaga.

Advertisement

1. Usahakan Nyuci Baju Tanpa Harus Nunggu Numpuk

Photo by Sarah Chai on Pexels

Photo by Sarah Chai on Pexels via https://www.pexels.com

Ada beberapa orang yang kalau nyuci baju biasanya nunggu keranjang baju kotor penuh alias numpuk, atau punya jadwal nyuci di hari Minggu. Kalau kamu punya kebiasaan tersebut, otomatis kamu harus pakai waktumu di hari libur untuk melakukan pekerjaan rumah mencuci.

Nah, khusus kamu yang nyuci baju manual, biar hari Minggu tak menyita banyak waktu dan energi untuk mencuci, kamu bisa mencuci baju 2 atau 3 hari sekali. Dengan mencuci baju sesering mungkin, jumlah baju yang dicuci tentu lebih sedikit dan waktu yang digunakan juga lebih singkat dibandingkan kamu mencuci baju menunggu menumpuk.

Advertisement

2. Menyetrika Baju Tak Harus Menunggu Hari Minggu

Photo by congerdesign on Pixabay

Photo by congerdesign on Pixabay via https://pixabay.com

Duh, baju buat besok belum di setrika nih, setrikaan setumpuk

Kebanyakan orang menggunakan hari Minggu untuk menyetrika baju, mulai dari baju kerja hingga baju santai di rumah. Kalau kamu ingin membuat hari Minggu-mu bebas dari pekerjaan rumah, cobalah menyetrika di hari lain. Sama seperti mencuci, tak harus menunggu menumpuk untuk melakukan pekerjaan ini.

Misalnya, cucian sudah kering, kamu bisa langsung menyetrikanya. Biar lebih hemat waktu dan tenaga, pilah-pilah pakaian yang akan disetrika. Ada beberapa bahan pakaian yang tidak membutuhkan sentuhan setrika, tetapi sudah rapi.

Advertisement

3. Biasakan Meletakkan Barang-Barang sesuai Tempatnya

Photo by cottonbro on Pexels

Photo by cottonbro on Pexels via https://www.pexels.com

Salah satu pekerjaan rumah di hari Minggu adalah beberes barang-barang yang berserakan (tidak pada tempatnya). Kebiasaan sehari-hari, misalnya menaruh sendal atau sepatu tidak pada rak-nya, meletakkan buku bacaan sembarangan, hingga menggantungkan baju bukan pada tempatnya.

Taruh sini aja dulu, besok dirapiin

Hal-hal tersebut membutuhkan energi untuk merapikannya. Biasanya, kita akan mengambil waktu di hari Minggu untuk menatanya kembali, dan kemudian akan mengacaknya kembali di hari selanjutnya. Jika kebiasaan buruk ini terus dilakukan, akan menjadi rantai kebiasaan buruk yang berujung melelahkan, bukan? Maka, mulailah lakukan hal sederhana setiap hari, letakkan kembali barang-barang sesuai tempatnya, sehingga rumah atau ruangan akan rapi setiap hari.

4. Bersihkan Kamar Mandi Setiap Hari

Photo by Sidekix Media on Unsplash

Photo by Sidekix Media on Unsplash via https://unsplash.com

Bukan hanya nyapu dan ngepel yang perlu dilakukan setiap hari, bersih-bersih kamar mandi pun perlu dilakukan setiap hari. Membersihkan kamar mandi memang bukan pekerjaan yang enteng, mulai dari menguras bak mandi, membersihkan dinding, menyikat lantai dan closet, hingga menata peralatan mandi. Segala aktivitas di kamar mandi akan meninggalkan kotoran atau bau tak sedap jika tidak sering dibersihkan.

Usahakan tidak menunggu di hari Minggu untuk melakukan hal tersebut, kamu bisa melakukannya setiap hari, misalnya setelah mandi. Kamar mandi akan menjadi bersih dan nyaman dipakai setiap hari, selain itu ini juga akan mengurangi pekerjaanmu di hari Minggu.

5. Beberes Total Sebulan Sekali

Photo by SHVETS production on pexels

Photo by SHVETS production on pexels via https://www.pexels.com

Kalau pekerjaan nyuci, nyetrika, beberes rumah hingga bersih-bersih kamar mandi dilakukan rutin setiap hari, tentu kamu akan punya lebih banyak waktu di hari Minggu untuk bersantai tanpa beban pekerjaan rumah. Jikalau tetap harus melakukan pekerjaan rumahan di hari Minggu, tentu beban dan waktunya lebih sedikit dibandingkan jika kamu tidak mencicilnya setiap hari.

Jika kamu ingin beberes rumah secara keseluruhan, misalnya menata ulang tata letak barang-barang dan perabotan, bisa lakukan hal ini sebulan sekali.

Nah, itu tadi 5 cara jitu untuk menikmati hari Minggu tanpa beban pekerjaan rumah. Selain, membuatmu memiliki banyak waktu istirahat dan recharge energi sebelum hari Senin, cara ini juga akan menjadi kebiasaan baik. Kamu gak akan merasa bersalah kalau harus rebahan di hari Minggu, karena rumahmu sudah bersih dan rapi.

Kalau kamu, ada gak sih cara jitu menikmati hari Minggu tanpa terbebani oleh pekerjaan rumah?  

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang full-freelancer penulis artikel website. Introvert. Pecinta drama Korea. Punya cara balikin mood dengan minum kopi hangat.