5 Cara Sederhana Menarik Pembeli Ala Online Shop

Siapa yang nggak tahu online shop?

Online shop atau biasa disingkat dengan ‘olshop’ merupakan kegiatan bisnis online yang tergolong susah susah gampang untuk melakukanya lantaran banyak pesaing bisnis online lainnya. Walaupun banyaknya pesaing, hal yang harus tidak boleh dilupakan yaitu menjangkau target pangsa pasar yang luas. Banyak pebisnis online mandek (berhenti) di tengah jalan dikarenakan ekspektasi mereka terhadap bisnis online yang ramai pembeli, keuntungan meningkat namun nyatanya tidak semua online shop mendapatkan ekspektasi tersebut.

Mengapa hal ini dapat terjadi?
Dapat dipastikan pebisnis online tersebut kurang mengerti atau bahkan salah menggunakan cara menarik pelanggan. Yuk pelajari cara pembeli agar tertarik: 

Advertisement

1. Berikan postingan gambar produk terbaik

Photo by cottonbro from Pexels

Photo by cottonbro from Pexels via https://www.pexels.com

Postingan gambar produk dengan kualitas yang baik seperti tidak pecah – pecah, terlihat jelas gambar produknya. Resolusi dalam pengambilan foto produk memang penting dalam online shop. Jika gambar produk yang kita pasarkan memiliki kualitas buruk tentu saja pembeli tidak mau melirik bisnis kita.

Postingan yang baik selain memperhatikan resolusi foto, adapun cara untuk menarik pembeli untuk memperhatikan detail foto produk yang kita pasarkan yaitu dengan cara membuat gambar semenarik mungkin, seperti mengkomposisi warna, tata letak, kontras foto produk, desaign, template dalam postingan dalam market place kita.

2. Sajikan keterangan informasi produk secara tepat

Photo by Giulia on Unsplash

Photo by Giulia on Unsplash via https://unsplash.com

Setelah calon pembeli tertarik dengan foto yang unggah pada market place kita, maka hal yang dicari calon pembeli tersebut yaitu informasi harga produk, warna yang tersedia, bentuk – bentuk produk, varian rasa (produk makanan) sampai dengan cara memesan produk yang dipasarkan.

Maka dari itu langkah yang diambil pebisnis online memberikan keterangan produk yang dipasarkan secara gamblang agar calon pembeli merasa diberikan kemudahan, keistimewaan dalam mengakses keinginan dan kebutuhan mereka.

3. Memberikan penawaran yang menarik

Photo by Artem Beliaikin from Pexels

Photo by Artem Beliaikin from Pexels via https://www.pexels.com

Hal ini merupakan hal wajib bagi pebisnis online agar bisa menarik pembeli, seperti diskon ramadhan, potongan harga akhir tahun, atau beli 2 gratis 1. Kemudian pasang konsep pre order juga dapat menarik pelanggan untuk segera membeli produk dengan keterangan jika barang tersedia harganya lebih murah dibanding harga pre order misalnya.

Advertisement

4. Menghadiahkan kesan yang menarik untuk pembeli

Photo by La Miko from Pexels

Photo by La Miko from Pexels via https://www.pexels.com

Semua orang atau pembeli tidak akan langsung percaya begitu saja dengan keterjaminan sebuah online shop. Untuk menumbuhkan rasa percaya kepada bisnis online maka berikan pelayanan yang mengesankan kepada calon pembeli produk dengan cara antaralain yaitu mengemas barang pesanan dengan baik, mengirimkan barang tepat waktu.

Setelah itu dapat juga melakukan pengumpulan testimonial dari pembeli yang puas membeli atau memakai produk bisnis online kita, sehingga dapat menarik calon pembeli lainnya dan tentunya akan memberikan keterjaminan kualitas produk yang dipasarkan.

5. Tambahkan informasi atau konten yang menarik

Photo by cottonbro from Pexels

Photo by cottonbro from Pexels via http://www.pexels.com

Pengunjung market place akan merasa bosan ketika melihat semua postingan online shop berisikan produk – produk yang dipasarkan saja, untuk mengatasi kebosanan pengunjung alangkah baiknya membuat tambahan konten yang berisikan video informatif seputar bisnis online, kata – kata bijak, kata – kata mutiara, dan lain sebagaianya seputar bisnis online. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE