Sekarang ini rumah minimalis sangat digemari kebanyakan orang. Desain yang simpel namun tetep elegan menjadi daya tarik tersendiri, apalagi untuk pasangan yang baru memulai berumah tangga. Nah, biasanya di rumah yang simpel tersebut kita akan sedikit bingung mengatur setiap ruangan. Dan biasanya untuk membuat taman sendiri tidak terpikirkan sama sekali. Padahal taman mempunyai segudang manfaat loh, salah satunya memberikan efek psikologis pada penghuni rumah agar tetep merasa adem dan bahagia.

Daripada kalian bingung mau mengatur taman yang seperti apa, berikut ada beberapa desain taman yang bisa kalian jadikan referensi:

1. Taman dengan kolam

Jika kalian tidak memiliki halaman yang cukup luas, kalian bisa membuat taman di dalam rumah. Tak perlu membuatnya terlalu besar, cukup disesuaikan dengan lahan yang ada saja. Kamu bisa membuat taman kecil di dalam rumah kok. Jadi suasana di dalam rumahmu tidak penuh dengan isian barang-barangmu saja. Selain itu kalian juga bisa menambahkan aksen kolam di sekitar taman dengan dilengkapi berbagai koleksi ikan hias.

2. Taman labirin

desain taman minimalis

desain taman minimalis via https://4.bp.blogspot.com

Nah untuk konsep yang ini, kalian bisa membuatnya di halaman depan rumahmu. Pengaturan taman yang menyerupai labirin akan membuat taman terlihat unik dan rapi. Belum banyak juga kok yang menerapkan konsep ini. Kalian juga bisa menambahkan meja kursi kecil di dekat taman untuk mengobrol santai dengan keluargamu atau tamu yand datang ke rumahmu.

3. Dilengkapi dengan air mancur, pemecah keheningan

Taman gaya jepang

Taman gaya jepang via http://kreasirumah.net

Advertisement

Biasanya taman-taman yang sudah ada hanya penuh dengan tanaman dan bunga yang rimbun saja. Sebagai alternatif kalian bisa menambahkan air mancur kecil di sekitar taman tersebut. Dengan adanya air mancur ini juga bisa untuk menghidupkan suasana. Suara gemericik air yang ditimbulkan akan terdengar alami untuk memecah kesepian dan keheningan yang ada di rumah kalian. Jadi suasana rumah kalian tidak akan terlalu sepi-sepi banget.

4. Taman dengan gazebo

taman dengan gazebo

taman dengan gazebo via http://dsh.design4k.info

Bukan tanpa alasan taman di belakang rumah paling diminati oleh banyak orang. Bagi mereka yang pekerjaannya selalu dipenuhi dengan tekanan, taman belakang rumah bisa dijadikan tempat untuk bersantai dan istirahat sejenak tanpa ada gangguan kebisingan kendaraan bermotor yang lewat di rumah kalian.

Kalian juga bisa menambahkan gazebo sebagai pelengkap tempat istirahatmu, supaya lebih nyaman. Dan gazebo ini sendiri bisa kalian jadikan untuk berkumpul dengan keluargamu untuk menikmati quality time.

5. Taman dengan batu korel

Taman Batu Koral

Taman Batu Koral via http://feednewsid.blogspot.com

Advertisement

Bagi kalian yang tak mau terlalu rimbun dengan tanaman hijau. Kalian juga bisa mendesain taman dengan memperbanyak batu-batu alam. Seperti batu koral misalnya. Karena selain untuk mempercantik tamanmu, batu koral sendiri memiliki fungsi tersendiri yaitu untuk peresapan.

Nah itu tadi beberapa ide yang dapat kalian aplikasikan di rumah masing-masing. Kan kalau rumah hijau dan rindang, kehidupan dan penghuninya juga ikut adem ayem.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya