Kamu merasa hidup kamu nge-flat banget? Hati-hati guys, itu salah satu gejala kalau kamu belum merdeka, loh. Negara aja bisa merdeka, masa kamu nggak?

Yuk, simak hal-hal berikut yang bakal bikin hidup kamu lebih merdeka!

1. Say, “No!”

Make Sure, Yes or No? via https://s-media-cache-ak0.pinimg.com

Sekarang kamu nggak perlu repot-repot mengiyakan semua yang orang-orang minta ke kamu. Kamu harus berani tegas sama diri kamu sendiri. Bedakan permintaan yang harus di-iya-kan dan permintaan yang kamu sama sekali nggak perlu mengiyakannya.

Nggak semua permintaan orang lain harus kamu turutin sesuai kemauan mereka. Tolak dengan sopan dan lakukan apa yang benar-benar menjadi passion kamu, yang sekiranya bakal membuat kamu nggak jadi ‘robot’ lagi.

Sesekali ngomong ‘nggak’, nggak kenapa kan? Nggak bosen jadi penurut terus? Get your happines!

2. Cermin? Bhay!

Advertisement

I Hate Mirror via http://ichoosethin.com

Kamu jadi nggak percaya diri gara-gara sebelumnya sempat bercermin? Ngerasa minder sama penampilan kamu? Kurang oke? Ah, mungkin kamu belum tahu hal ini.

Cermin yang kamu pakai bukanlah manusia, Sayang. Berhenti ngebandingin diri kamu dengan orang lain yang menurut kamu lebih oke dari kamu. Berpatokan sama cermin ialah keputusan yang nggak banget.

Inget, ya. Sekece apapun seseorang, kunci yang bikin dia bisa tampil memesona di mana saja dan kapan saja, ya, cuma senyum loh! Senyum bakalan membuat kamu lebih menarik dan kelihatan elegan dari yang lain. Kamu cukup mengenakan pakaian yang simpel sembari menyungging senyum kesana-kemari. Asal anggun, asal maco. Buat semua orang jatuh cinta sama senyuman kamu. Jadi, gimana?

3. Dengerin Lagu-Lagu ‘Jump To The Sky’

Hapus semua music-list galau kamu.

Mulai sekarang, dengerin lagu-lagu yang bikin kamu tambah semangat pagi siang malam. Karena kamu nggak punya waktu untuk bergalau-galau ria di muka bumi ini. Serius demi apa aja yang ada di bumi, tugas kamu cuma buat diri kamu bahagia sebahagia mungkin.

Guys, apa-apa yang kamu dengar akan mempengaruhi rutinitas dan gerak kamu, loh.

4. Hey, Bangun Lebih Pagi!

You snooze, YouLoose. via https://encrypted-tbn1.gstatic.com

Lagi fall in love sama kasur kamu yang ngangenin itu? Lupakan dia. Sama doi aja kamu bisa move on, masa sama kasur nggak bisa, sih?

Banyak banget yang bisa kamu lakuin kalau kamu bangun lebih pagi dari biasanya. Mau bilang ‘nggak mungkin?’ Mungkin!

Percaya deh, sepanjang-panjangnya waktu dari siang ke sore, pagi hari akan terasa lebih panjang. Apalagi, bangun lebih pagi masuk kategori menantu idaman. Kamu ngaku menantu idaman tapi masih belum bisa move on dari kasur? Uh, selamat, kamu sudah membohongi masyarakat luas hehe.

Hal ini tentunya akan membuat kamu lebih siap untuk beraktivitas daripada biasanya, loh.

Pagi ini mau lanjut tidur atau mau wujudin mimpi kamu?

Tantangan banget, ya. Berat pula. Tapi yakin nggak mau coba dulu untuk lima hari ke depan? Mudah, kok! Ibu kita mau besanan, kan?

5. Weekend, Yuk!

It’s Weekend! via https://aws-dist.brta.in

Jangan sia-siakan weekend kamu buat kerja. Hey, kamu nggak digaji sabtu-minggu!

Luangkan waktu untuk orang-orang tersayang. Kalau pilihan kamu adalah mengisi waktu luang, come on, di dunia ini nggak ada yang namanya waktu luang. Adanya ya mengisi waktu luang.

Kalau perlu, kubur gadget kamu dalam-dalam. Habiskan waktu kamu untuk merajut kebahagian dengan orang-orang terdekat. Bisa sama keluarga, temen, pasangan, atau kalau kamu jomblo di dunia ini, kamu bisa jadikan weekend untuk membahagiakan diri kamu sendiri.

Jadikan pengalaman weekend-mu sebagai weekend paling keren yag pernah ada! Siapa yang tahu kamu bakal masih menjalani weekend di minggu selanjutnya?

Merdeka adalah bahagia. Temukan kebahagiaanmu di mana saja dan kapan saja!

Selain 5 hal di atas, kamu bisa coba hal apapun yang bisa bikin kamu bahagia sampai terbawa mimpi malam-malam, gimana?

Kamu nggak perlu force diri kamu sendiri kalau ujung-ujungnya malah nggak bahagia. Apalagi, sampai kamu kehilangan orang-orang terdekat. Selalunya, hanya merekalah tempat kamu berpulang saat apa-apa yang kamu usahakan dan kejar selama ini malah ninggalin kamu atau nggak kamu dapetin sama sekali.

Sudah bahagiakah kamu hari ini? Ah ya, merdekakan dirimu dengan hatimu sendiri ya. Mereka yang penuh komentar buruk tentang kamu sebenarnya tidak merasa merdeka sama sekali. Kasihan, kan?

Sesibuk apapun, jangan lupa bahagia ya, Sayang 🙂

Salam hangat.