Perkuliahan merupakan ajang menentukkan tujuan hidup kamu, kemana arah dan tujuannya hanya kamu yang tahu jawabannya. 

Kewajiban sebagai anak dan kewajiban diri untuk memperkaya pengetahuan sudah terpenuhu, gelarpun sudah kamu sandang. Kegiatan yang kamu lakukan selama 4 tahun belakangan drastis akan berubah. Kebiasaan kamu siap-siap pagi hari ke kampus, diburu deadline tugas-tugas dosen, kumpul-kumpul di kantin kampus semua udah ngga kamu lakukan lagi. 

Tujuan yang sudah kamu tentukan harusnya sudah di depan mata, orang tua kamu pun sudah terpenuhi janjinya sama kamu. Beban membahagiakan dan membanggakan mereka sudah kamu akhiri di acara wisuda kemarin. 

Tapi apakah tujuanmu selesai? Tentu belum! 
Perjalanan panjang yang akan kamu tempuh baru saja kamu masuki, gerbang baru untuk menggapai cita-cita tinggal kamu tentukan. Apa saja yang biasa kamu rasakan setelah lulus kuliah ini di antaranya.

1. Bimbang kerja atau menikah

work marriage

work marriage via https://www.google.co.id

Pilihan selalu ada di tanganmu, entah ingin membahagiakan diri sendiri ataukah orang tua dahulu. Di usia kamu yang sudah dewasa ini keinginan untuk menjalin ikatan lebih dengan pacar kamu seharusnya menjadi prioritas. Tentunya tidak hanya dengan melihat kesiapan finansial saja tetapi mental kamu pun harus tak kalah penting.

2. Sulitnya mencari kerja

Advertisement

Tentu kamu merasakann ini, terlebih mencari bidang pekerjaan yang pas dan sesuai dengan passion kamu. Namun pada akhirnya kamupun memilih pekerjaan yang jauh dari keahlian jurusan kamu saat kuliah. Semua kamu harus terima dan jalani dengan lapang dada karena kemungkinan sesuai minat kamu itu kecil.

3. Merasa jauh dari teman

Lostfriends

Lostfriends via https://www.pexels.com

Hal yang akan kamu kira bahwa kebersamaan mereka selalu ada di saat kamu butuh mereka ternyata terbalik. Tujuan hidup merekapun berbeda-beda, prioritas mereka pun berbeda-beda kamu tidak bisa meminta waktu mereka lagi untuk sekedar membalas chat kamu di sosial media.

Tapi dengan seperti ini kamu belajar lebih mandiri dan tidak tergantung dengan siapapun.

4. Gelarmu tidak berati

Advertisement

Sebangganya kamu setelah wisuda, gelarmupun sudah menjadi tambahan di akhir nama kamu tetap tidak menjadikan kebanggaanmu di luaran sana.

Kamu tetaplah seorang fresh graduate yang baru saja lulus dan belum punya pengalaman yang cukup di bidangmu.
So, buktikan saja dengan kegigihan kamu sendiri!

5. Sulitnya mencari teman baru

findfriend

findfriend via https://www.pexels.com

Sebanyak apapun temanmu ketika kuliah bersama, pastilah mereka akan hilang dengan seiring berjalan waktu.
Tentulah kamu akan mencari partner dalam kesulitan lagi.

Jangan takut ini terjadi kalau kamu punya keahlian dengan cepat mencari teman.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya