Menjadi manusia pasti akan ada lebih dan kurangnya. Berfokus pada hal yang tidak kita miliki dan selalu membandingkan dengan apa yang sudah dimiliki oleh orang lain bisa menjadi penyakit hati buat kita. Jangan fokus dengan apa yang kita nggak bisa, tapi mulai sekarang jadikan itu sebagai motivasi dan fokus pada apa yang kita bisa lakukan supaya hidup kita lebih bermanfaat. Kan nggak lucu yaa.. hidup berabad-abad tapi cuma mikirin ketidakbergunaan atau ketidakmampuan diri. 

Ini ada 5 cara yang bisa kamu gunain untuk mensyukuri hidup kamu dengan segala kekurangan dan kelebihanmu. Cara-cara ini sih sebenarnya diambil dari jurnalnya Seligmen dan Tayyab Rashid (kalo anak psikologi pasti nggak asing dengan nama beliau berdua), jadi mungkin nanti akan kurang lebih sama, tapi akan dikemas dengan bahasa yang ringan (kurang lebih begitu lah yaa...)

1. Menerima (Bahasa Kerennya sih Acceptance)

Learn to Love Your Self

Learn to Love Your Self via https://www.healthyplace.com

Nah kata 'menerima' ini sangat mudah diucapkan tapi sedikit butuh perjuangan ya untuk menerapkan.Menerima disini maksudnya luas ya.. menerima keurangan dan kelebihan diri. Intinya harus bisa menerima diri dengan apa adanya. Sederhananya nih ya kita bisa menerima kalau misalnya memang kita dilahirkan dengan jenis rambut keriting, jenis rambutlurus, jenis rambut bergelombang. Kurang dan lebihnya diri kita ya itulah kita. Bukan berarti jadi orang yang gak bisa menerima masukan dari orang lain ya, itu dua hal yang berbeda. Biasanya kalau orang udah menerima kelebihan dan kekurangan diri, menerima garis hidupnya dia akan lebih bersyukur dan justru punya motivasi untuk meraih kesuksesan.

2. Menulis surat memaafkan diri sendiri

Forgiveness

Forgiveness via http://time.com

Tekadang tanpa kita sadari kita masih memiliki dendam terhadap seseorang. Bahkan dendam sama diri sendiri, ataupun penyesalan karena merasa melakukan kesalahan dalam hidup. Hal ini juga secara tidak langsung menghambat kita untuk bisa mensyukuri hidup. Jadi, yang perlu jadi catatanmu bahwa masa lalumu bukan untuk dipertanyakan tapi untuk diterima. Kita nggak bisa merubah apa yang sudah terjadi di masa lalu, tapi kita bisa merubah sudut pandang kita tentang masa lalu.

3. Menuliskan 3 hal yang bisa disyukuri setiap hari

Benefits of Gratitude

Benefits of Gratitude via http://time.com

Advertisement

Terkadang kita lupa menysukuri hal-hal kecil disekitar kita. Kita lupa bahwa hal-hal sederhana dalam hidup kita sangat memiliki makna. Mungkin cara ini bisa digunakan untuk mengembalikan ingatan bahwa kita perlu menysukuri hal-hal kecil yang sebenernya besar namun kita lupakan. Contoh sederhana aja bernafas. Kebanyakan orang nggak begitu sadar bahwa itu perlu disyukuri. Gimana kita menginginkan hal-hal besar, kalau kita tidak mulai mensyukuri hal-hal yang kecil.

Yuk dicoba menuliskan paling nggak 3 hal apapun yang terjadi dalam hidupmu (kalau bisa sih..setiap hari)

4. Menulis surat terima kasih

Kadang secara nggak sadar kita terlalu menuntut diri kita sendiri. Kalau tuntutan terpenuhi bahagia luar biasa tapi nggak ada jaminan untuk bilang "terima kasih". Sebaliknya, kalau tuntutan nggak terpenuhi maka kesannya semua yang terlibat salah, nggak mampu, nggak kompeten dan lain-lain. Padahal kalau kita mau berterima kasih ke siapapun itu, termasuk ke diri sendiri, akan sangat merasa lebih dihargai. Berterimkasihlah kepada orang-orang yang berharga dalam hidup kamu, termasuk pada diri kamu sendiri. Diri kita ini sangat layak untuk dihargai lho… Gimana mau minta dihargai orang lain, kalau kamu aja nggak bisa menghargai diri kamu sendiri.

Advertisement

Oiya, surat yang kamu tulis nanti, bisa kamu langsung berikan ke orangnya atau bisa kamu simpan dan kamu tulis secara rapi sebagai bentuk alarm bagi diri kamu sendiri.

5. Menulis pencapaian yang sudah pernah diraih dalam hidup

Achieve Your Goals

Achieve Your Goals via https://www.wanderlustworker.com

Kenapa mobil selalu ada kaca spionnya?

Yap… karena untuk melihat ke belakang. Ini analogi yang tepat. Melihat ke depan sangat penting, makanya kenapa kaca mobil bagian depan lebih lebar, tapi mobil nggak mungkin nggak ada kaca spion.

Begitulah dengan hidup. Kalau kita selalu melihat orang lain yang ada di depan kita pasti kesannya kita bukan apa-apa, kita bukan siapa-siapa dan kita nggak bisa ngapa-ngapain. Tapi coba sekarang lihat jauh ke belakang apa yang sudah pernah kita lakukan sampai kita di titik saat ini. Caranya? Tulis semua hal yang penting selama kita hidup. Tidak harus selalu prestasi ya.. tapi bisa juga ketika kita bisa keluar dari masalah dan survive dengan hidup. Ketika kita bisa bertahan dengan hanya uang saku 100rb untuk makan satu bulan (misalnya). Hal-hal kecil yang nggak kita sadari, dan nggak semua orang bisa melakukan itu adalah pencapaian.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya