5 Hal Menarik dari Desa Wisata Tingkir Lor, Salatiga

Salatiga merupakan kota kecil yang sejuk, berada di kaki gunung Merbabu Jawa Tengah serta secara administrasi terletak diantara kabupaten Semarang dan Boyolali. Destinasi-destinasi wisata yang terkenal di kota ini diantaranya Agrowisata Salib Putih, Umbul Sidomukti, dan Wahana Atlantik Dreamland. Namun, selain itu masih ada destinasi menarik yang patut untuk dikunjungi apabila kamu berkunjung ke Salatiga yaitu Desa Wisata Tingkir Lor.

Nama desa ini diambil dari babad Jawa tentang seorang pemuda yang memiliki pengaruh bagi masyarakat sekitar yang bernama Jaka Tingkir. Desa wisata ini masih tergolong baru meskipun telah dibuka sejak 2003 lalu namun baru diresmikan pada tahun 2014. Terletak di Kecamatan Tingkir, akses menuju desa ini mudah dijangkau menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Selain itu, desa ini berlokasi dekat dengan Terminal Tingkir dan biasa dilalui oleh angkutan kota Salatiga yang bernomor 5. Jika kamu penasaran apa saja yang akan didapat apabila mengunjungi desa wisata ini, berikut hal-hal menarik yang dapat kamu temui apabila berkunjung ke Desa Wisata Tingkir Lor, yaitu:

 <>1. Berbelanja Produk Konveksi Dengan Harga Terjangkau
Belanja celana kolor sampai baju untuk lebaran pun ada

Belanja celana kolor sampai baju untuk lebaran pun ada via https://www.facebook.com

Jalan-jalan ke sebuah destinasi wisata kurang lengkap rasanya bila tidak membeli oleh-oleh khas setempat. Di desa ini kamu bisa berbelanja produk konveksi seperti celana, sprei, baju, dan lain-lain dengan harga yang sangat terjangkau karena dibuat langsung oleh para pemilik toko. Kamu bebas memilih barang yang akan kamu beli karena disini terdapat banyak piilhan motif dan model dari produk-produk konveksi tersebut.

Beberapa masyarakat lokal desa wisata ini memiliki usaha konveksi yang dijalankan di rumah mereka dan telah dikirim ke luar pulau Jawa.  Hasil produk yang dihasilkan berupa kaos, celana, sprei, baju, dan lain-lain. Disini kamu bisa membeli produk-produk tersebut sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat dengan harga yang sangat murah, contohnya celana dapat didapatkan dengan harga mulai dari Rp 7500 sampai Rp 20.000.

<>2. Merasakan Suasana Pedesaan yang Masih Asri
Ngadem di shelter dekat Sungai Cengek boleh juga

Ngadem di shelter dekat Sungai Cengek boleh juga via https://www.facebook.com

Di desa wisata ini kamu dapat menikmati suasana pedesaan yang khas dengan berteduh maupun bersantai-santai di gazebo yang telah disediakan. Pengelola juga telah menyediakan beragam paket kegiatan wisata di persawahan yang dapat kamu coba agar mendapat pengalaman yang unik dan jarang kamu temui. Selain itu, kamu bisa melihat kumpulan ikan berukuran besar yang hidup alami di Sungai Cengek yang berada di samping pintu utama desa wisata ini.

<>3. Menyaksikan Kesenian Lokal Tradisional Drumblek
Permainan musik tradisional khas Desa Wisata Tingkir Lor

Permainan musik tradisional khas Desa Wisata Tingkir Lor via http://2.bp.blogspot.com

Drumblek mungkin masih terasa asing bagi sebagian orang, di desa wisata ini kamu bisa mengenal sekaligus menyaksikan kesenian drumblek yang sudah beberapa kali memenangkan perlombaan baik di tingkat kabupaten hingga nasional. Kesenian ini menggabungkan alat-alat tradisonal yang dimainkan oleh sekelompok pemuda dan membentuk harmonisasi suara yang dapat menghibur wisatawan.

<>4. Menambah Khazanah Islam Dengan Berwisata Religi
Menilik kehidupan para santriwati maupun memperdalam Agama Islam

Menilik kehidupan para santriwati maupun memperdalam Agama Islam via https://www.facebook.com

Bagi kamu yang ingin berziarah maupun memperdalam ilmu keagamaan Islam, di desa ini dapat ditemui beberapa pondok pesantren yang dikelola oleh perangkat desa. Selain itu, terdapat makam kakek dari mantan presiden kita yaitu KH. Abdurrahman Wahid yang dapat kamu kunjungi kapan saja untuk berziarah atau hanya sekedar melihat-lihat saja.

<>5. Berbelanja Oleh-Oleh Kuliner
Snack tradisional dengan varian yang beragam

Snack tradisional dengan varian yang beragam via https://www.facebook.com

Selain memproduksi produk konveksi, warga sekitar juga memproduksi produk-produk kuliner diantaranya bakpia pathuk, krecek kulit, sambal kacang, tempe kedelai, keripik tempe, dan lain-lain. Disini kamu bisa membelinya sebagai oleh-oleh bagi keluarga di rumah. Selain itu, kamu juga bisa melihat dan belajar proses pembuatan makanan tersebut yang tentu saja dapat menambah pengetahuan dan pengalamanmu di desa wisata ini.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tourism UGM

13 Comments

  1. beli kolor pokoknya di tingkir lor

  2. Irvan Hidayat berkata:

    Atraksi wisatanya ada apa aja Mba Pu?

  3. Ada pertunjukan kesenian tradisional Drumblek, Mas Irvan Hidayat. Monggo mampir, mungkin setelah kkn bisa berkunjung sebentar disini hehe

  4. Om Yusuf berkata:

    Kelihatannya kebalik. Jaka Tingkir nama aslinya Mas Karebet, namun karena tinggal di Desa Tingkir maka dia disebut dengan Jaka Tingkir.

CLOSE