Berawal dari membaca buku-buku Lima Sekawan-nya Enid Blyton, Harry Potter-nya JK.Rowling dan Sherlock Holmes-nya Arthur Conan Doyle, saya berjuang keras mewujudkan mimpi saya pergi ke Inggris. Dalam tujuh hari, London berhasil membuat saya jatuh cinta. Penduduk London yang multikultural tampak tidak kaget dengan perbedaan. Apapun warna kulitmu, apapun bajumu, apapun keyakinan-mu, asal kamu tidak menyalahi aturan, kamu bisa menikmati London dengan aman.

Setidaknya begitu yang saya rasakan setiap saya menyusuri jalanan kota London. Bahkan beberapa kali saya menemukan anak-anak muda yang siap menolong mengangkat koper saya di tangga kereta bawah tanah karena saya tak kuat membawanya.

Apa saja sih yang bisa dilakukan di Inggris? Ini pengalaman yang saya lakukan di Inggris sampai hati saya tercuri, siapa tahu kamu akan mengalami hal yang sama.

1. MENGUNJUNGI SETTING CERITA HARRY POTTER DAN SHERLOCK HOLMES

Sebagai penggemar Harry Potter dan Sherlock Holmes, saya mengunjungi lokasi keduanya. Setting cerita Harry Potter yang ada di London yaitu King’s Cross stasiun. Di tempat ini banyak penggemar Harry Potter mencari peron 9 ¾ dimana Harry Potter mengawali perjalanannya ke Hogward School dengan naik kereta. Stasiun King’s Croos menjadi sangat terkenal dikunjungi penggemar Harry Potter dari seluruh dunia.Di stasiun ini pula ada toko yang menjual souvenir Harry Potter.

Advertisement

Sementara setting cerita Sherlock Holmes ada di Baker Street.Dari pintu stasiun Baker Street saya menemukan patung Sherlock Holmes yang dikerubungi para fans. Dari stasiun ini saya berjalan lurus dan menemukan museum Sherlock Holmes serta rumah yang ditempati Sherlock Holmes yang terkenal dengan pintunya yang bertuliskan Baker Street 221.

2. MELIHAT PERGANTIAN PENJAGA ISTANA BUCKINGHAM

Istana Buckingham merupakan satu bucket list yang berhasil saya kunjungi. Di tempat ini saya bisa menyaksikan pergantian penjaga istana yang berlangsung pada jam 11 siang. Atraksi ini menjadi tujuan turis dari seluruh dunia, sehingga jika ingin mendapat posisi yang bagus harus datang pagi-pagi. Para pengunjung berdesakan bahkan sampai naik ke atas pagar untuk melihat pasukan penjaga istana yang berbaris memutar di areal depan istana.

Tepat jam 11 siang upacara pergantian penjaga dimulai. Pasukan penjaga melakukan parade diiringi marching band berjalan memasuki halaman istana menggantikan pasukan sebelumnya. Total waktu pergantian penjaga ini bisa berlangsung selama 45 menit.Para turis dari berbagai negara dengan sabar menunggu hingga pergantian penjaga ini selesai dengan sempurna.

Advertisement

3. BELANJA DI PRIMARK DAN CAMDEN MARKET

Camden Market

Camden Market via http://seribulangkah.com

Orang Indonesia terkenal dengan hobi belanjanya. Primark yang ada di Oxford street menjadi pilihan tepat untuk belanja fashion, kosmetik, tas, sepatu, aksesories wanita dan pria dengan harga murah. Jangan kuatir dengan kualitasnya meskipun harganya murah, kualitas barang-barang di Primark sangat bagus. Saya membeli sepatu seharga Rp. 150.000, sangat nyaman dipakai. Untuk kamu yang suka belanja fashion murah dengan kualitas bagus, Primark tempatnya.

Tempat lain untuk berbelanja adalah Camden Market.Tapi di tempat ini khusus untuk belanja souvenir. Lapak souvenir berjajar rapi di tempat ini, kita tinggal memilih mana yang diinginkan, mulai dari gantungan kunci, tempelan kulkas dan pernik-pernik souvenir Inggris dengan harga murah. Tak hanya souvenir, di tempat ini juga banyak penjual makanan pinggir jalan yang enak dan murah.

4. MENYEBERANGI LONDON TOWER BRIDGE DENGAN BERJALAN KAKI

London Tower Bridge

London Tower Bridge via http://seribulangkah.com

London Tower Bridge adalah jembatan yang membentang di atas Sungai Thames. Sebenarnya bisa naik bus untuk melewati jembatan ini, tapi menyusuri tepi jembatan sambil berjalan kaki sambil menikmati pemandangan di sekeliling sungai Thames sangat menyenangkan.

Saya mengunjungi London Tower Bridge saat gerimis turun. Suasana pagi masih sepi dan orang-orang lebih suka berteduh daripada hujan-hujanan seperti saya. Tak hanya menyeberangi jembatan, tetapi saya juga turun ke bawah dan membeli segelas kacang almond hangat. Banyak burung merpati di sekitar sini, kita bisa duduk menikmati pemandangan sungai Thames ditemani burung merpati.

5. MENCICIPI FISH AND CHIPS, COSTA DAN PRET A MANGER

Mengunjungi London tanpa mencicipi makanan khasnya sangatlah rugi. Fish and Chips merupakan kuliner khas Inggris yang sangat terkenal. Saya menemukan makanan ini hampir di semua tempat di London.Seperti namanya Fish and Chips terbuat dari ikan yang digoreng dengan tepung dan kentang goreng yang disajikan dengan saos sesuai pilihan.

Sementara Costa adalah kopi yang terkenal di Inggris. Meskipun bukan penggemar kopi, saya merasa wajib mencobanya. Costa kopi shop berada di banyak tempat dan mudah ditemukan. Rasa kopinya ringan dan enak.Selain Costa, restoran Pret A Manger juga menyajikan kopi. Tetapi Pret A Manger lebih terkenal sebagai restoran sandwich. Pret A Manger juga mudah ditemukan di banyak tempat di London.

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya