5 Hal Penting yang Perlu Kamu Ingat Ketika Kamu Sedang Putus Asa

Ada kalanya kita merasa semua hal yang kita kerjakan tidak membuahkan hasil. Pada akhirnya,  kita malah sering membandingkan diri dengan orang lain. Kamu mungkin merasa rekan kerjamu telah memperoleh posisi yang lebih tinggi darimu, teman sekolah yang sudah sukses diusianya sekarang, atau anggota keluarga yang lebih bahagia darimu. 

Kemudian, kamu mulai berpikir untuk menyerah dan putus asa. Kamu tak tahu apakah langkahmu ini benar dan harus tetap dilanjutkan. Bila kamu sudah merasa seperti itu, mungkin kamu harus kembali mengingat 5 hal penting ini.

Advertisement

1. Sadarilah bahwa setiap orang memiliki proses yang berbeda-beda

Photo by Daniel Tong on Unsplash

Photo by Daniel Tong on Unsplash via https://unsplash.com

Dalam hidup ini, semua orang pasti berproses. Pembedanya adalah bagaimana upaya seseorang dalam melakukan sesuatu. Apakah ia bekerja keras, biasa aja, atau justru bersikap malas. 

Kita tak bisa menilai kehidupan seseorang dari hasilnya saja, tetapi prosesnya juga. Bila kita sudah menyadari hal ini, tentunya kita menjadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk memacuh diri kita menjadi lebih baik. 

Advertisement

2. Apresiasi diri sendiri atas usaha yang telah dilakukan

Photo by Kira auf der Heide on Unsplash

Photo by Kira auf der Heide on Unsplash via https://unsplash.com

Terkadang kita lupa untuk memberikan apresiasi pada diri sendiri. Kita terlalu sibuk menantikan hasil yang belum kunjung didapatkan. Rehat sejenak untuk kembali mengevaluasi setiap langkah yang kamu ambil.

Berilah dirimu sendiri semangat dan pujian untuk setiap hal baik yang telah kamu lakukan. Sudah saatnya kamu belajar menerima diri kamu apa adanya. Berhenti menyalahkan diri sendiri atas kegagalan yang terjadi, tapi berterima kasihlah pada dirimu karena sudah bertahan hingga saat ini. 

3. Lihatlah sudah berapa jauh progress yang kamu lakukan

Advertisement
Photo by Noah Silliman on Unsplash

Photo by Noah Silliman on Unsplash via https://unsplash.com

Apapun yang kamu kerjakan, selalu ada progress yang bisa kamu nilai. Kamu bisa tahu apakah progress itu berjalan cepat, lambat, atau justru malah tak bertambah sama sekali. 

Ingatkan dirimu untuk menyadari perubahan sekecil apapun dari hari ke hari. Kamu juga bisa mencatat hal-hal penting yang telah kamu pelajari dari hari ke hari. Tentunya hal ini akan membuat kamu menyadari bahwa usahamu tak sia-sia. 

4. Waktunya untuk bersyukur untuk semua yang telah kamu peroleh

Photo by Ben White on Unsplash

Photo by Ben White on Unsplash via https://unsplash.com

Bersyukur menjadi salah satu poin penting dalam hidup. Dengan bersyukur, kita menyadari bahwa apapun usaha yang telah dilakukan tidaklah sia-sia. Apapun hasil yang kita terima, baik itu yang kita harapkan atau tidak. 

Kita perlu menyadari bahwa tak setiap harapan kita terwujud. Terkadang apa yang kita inginkan belum tentu baik untuk langkah kita kedepannya. Masih banyak jalan yang belum kamu coba, temukan dan mungkin saja itu jalan terbaikmu untuk menuju keberhasilan. 

5. Nikmati waktu yang sedang berjalan sekarang

Photo by Fernando Brasil on Unsplash

Photo by Fernando Brasil on Unsplash via https://unsplash.com

Tak perlu bergesa-gesa untuk terus mengejar apa yang kamu mau. Prosesmu dan orang lain berbeda, berjalan perlahan. Nikmati setiap momen yang ada sebagai pengingat bahwa dunia ini terus berjalan ke depan. Matangkan kembali langkahmu dan mantapkan lagi tekadmu. Kita memang perlu bekerja lebih keras, tapi tak perlu terlalu menekan diri. Hal ini malah akan membuat kamu melukai diri sendiri.

Itulah tadi 5 hal yang harus kamu ingat saat dirimu mulai merasa putus asa. Merasa gagal boleh saja, tapi jangan menyerah pada keadaan. Kamu pasti akan menemukan keberhasilan suatu saat nanti!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Halo! Nama aku Michelle Maryeta. Aku suka berbagi cerita dan pengetahuan dengan menulis. Temui hal lain tentang aku di Instagram : michellmaryeta

CLOSE