5 Hal Positif yang Didapat Indonesia Pasca Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Indonesia menjadi tuan rumah piala dunia u-20

Federasi Sepak Bola Seluruh Dunia (FIFA), resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 2021 mendatang. Indonesia mengalahkan dua negara pesaing asal Benua Amerika yang mencalonkan diri, yakni Peru dan Brasil.

Ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah, menorehkan catatan positif bagi Indonesia khususnya untuk sepak bola tanah air. Kenapa? Berikut 5 hal positif tersebut.

Advertisement

1. Indonesia dinilai kondusif untuk menggelar turnamen berskala internasional

Timnas Senior

Timnas Senior via http://pssi.org

Ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 2021, membuktikan bahwa Indonesia dinilai kondusif untuk menggelar turnamen olahraga berskala internasional.

Di tengah isu terorisme dan demo besar-besaran di beberapa negara, Indonesia dipercaya untuk menjadi penyelenggara Piala Dunia U-20. Juga, kesempatan ini harus dimanfaatkan sebagai momen promisi pariwisata Indonesia kepada dunia.

Advertisement

2. Fasilitas cabang olahraga sepak bola Indonesia sudah mumpuni

Timnas U-19

Timnas U-19 via http://pssi.org

Setidaknya, ada 10 stadion megah di Indonesia yang disiapkan untuk gelaran Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang.

Stadion-stadion itu adalah Gelora Bung Karno, Wibawa Mukti, Si Jalak Harupat, Manahan, Kapten I Wayan Dipta dan Gelora Bung Tomo, sudah berstandar Internasional dan siap untuk mengadakan pertandingan-pertandingan besar seperti Piala Dunia U-20.

3. Kesempatan untuk menunjukkan kualitas sepak bola Indonesia

Timnas U-19

Timnas U-19 via http://pssi.org

Dalam satu dekade terakhir, sepak bola Indonesia memang minim prestasi di ajang internasional, apalagi pada jenjang umur senior. Dipilihnya Indonesia sebagai tuan Rumah Piala Dunia U-20, memberi kesempatan untuk memperlihatkan kualitas sepak bola Indonesia kepada dunia.

Advertisement

4. Suporter akan melihat Timnas berlaga di pentas Bergengsi

Suporter Timnas Indonesia

Suporter Timnas Indonesia via http://pssi.org

Suporter di Indonesia terkenal dengan fanatismenya. Tetapi sayang, gairah dan fanatisme tersebut tidak terlihat ketika Timnas Indonesia bertanding pada ajang internasional akhir-akhir ini.

Menjadi tuan rumah pada ajang bergengsi nan besar seperti Piala Dunia U-20, kemungkinan akan menyita perhatian besar suporter Indonesia untuk melihat pemain Timnas bertanding secara langsung. Selain itu, bisa menuntaskan dahaga rasa penasaran masyarakat Tanah Air melihat  pesepakbola Indonesia bersaing dengan pemain berbakat di belahan dunia lainnya.

5. Menjadi ajang bukti potensi talenta-talenta pesepakbola muda Indonesia

Timnas U-19

Timnas U-19 via http://pssi.org

Indonesia dikenal dengan bakat-bakat sepakbola di usia muda. Timnas Junior Indonesia pun cukup disegani di level Asia Tenggara bahkan Asia.

Untuk level dunia, inilah waktu yang tepat untuk menujukkannya. Ditambah, dukungan penuh dari masyarakat Indonesia menjadi kesempatan baik untuk memperlihatkan potensi besar pesepakbola muda Indonesia kepada dunia.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE