Bagi setiap siswa/i yang telah lulus dari bangku Sekolah Menengah Atas pasti punya keinginan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu kuliah. Bukan hanya setelah lulus atau saat menduduki bangku SMA, bahkan ada yang sudah memiliki impian untuk bisa memasuki Perguruan Tinggi Negeri jauh sebelum itu. Terutama untuk lulus di universitas-universitas bergengsi di tanah air. Tapi tidak sedikit yang mimpinya terhalang akibat masalah-masalah seperti ekonomi, izin orangtua dan gagal dalam tes. Gagal dalam tes adalah salah satu polemik paling besar dalam hal ini. Dimana seseorang yang sudah punya keinginan dan harapan besar namun tidak di terima di perguruan tinggi pilihannya. Setelah mendengar cerita dari banyak orang, berikut merupakan hal-hal yang akan di rasakan jika tidak lulus PTN.

1. Merasa Terpuruk

Tentunya setelah menggantungkan semua harapan pada tes dan kenyataan tidak sesuai harapan akan membuat kamu merasa terpuruk. Hal ini merupakan yang pertama kali terjadi setelah mengetahui bahwa kita tidak diterima di PTN. Setelah semua persiapan dan usaha di lakukan tapi ternyata tidak membuahkan hasil apapun. Setiap orang pasti akan merasa sangat sedih di posisi ini, merasa kecil hati dan merasa tidak berguna.

2. Merasakan Kekecewaan Orangtua

Orangtua sangat kecewa

Orangtua sangat kecewa via http://newsroom.crchealth.com

Advertisement

Walaupun mereka berusaha memberi semangat untuk kita, tetapi ketahuilah bahwa mereka sangat kecewa. Mereka merasa kurang memberi fasilitas untuk kita sehingga tidak mampu menghadapi tes. Atau mungkin sebaliknya mereka merasa semua pendukung pendidikan sudah dilengkapi tapi tidak menyianyiakannya. Orangtua mana yang tidak bahagia saat anaknya mampu menghadapi tes? Hal tersebutlah yang ingin kita berikan kepada orangtua. Kita akan merasakan kekecewaan mereka bahkan dari sorot matanya.

3. Tidak Bisa Menjadi Contok untuk Adik atau Saudara yang Lebih Muda

Brother Sister Fight

Brother Sister Fight via http://www.rocktownhall.com

Berada di posisi yang lebih tua,akan membuat kita merasa tidak bisa menjadi contoh yang baik untuk yang lebih muda. Banyak orang mengatakan bahwa jika kakak berhasil maka adik akan berusaha mengikuti jejek keberhasilan kakaknya. Inilah tuntutan tersendiri bagi seseorang yang memiliki saudara yang lebih muda darinya.

4. Ingin Bekerja agar Tidak Membebani Orangtua

Gadis yang Bekerja

Gadis yang Bekerja via http://www.worldsocialtimes.com

Setelah merasa telah mengecewakan orangtua, kita akan merasa berat untuk tetap membebani orangtua dengan biaya hidup kita yang harus mereka tanggung. Terlebih lagi kita dalam posisi menganggur atau pengangguran yang tidak tau mau apa dan kemana. Seseorang yang tidak lulus tes akan berpikir bagaimana caranya mendapatkan pekerjaan sehingga setidaknya mengurangi beban orangtua dengan membiayai kehidupan kita sendiri.

5. Berpikir untuk Kuliah di Jurusan Lain atau di Universitas Lain Sembari Menunggu Tes Tahun Depan

Advertisement

Bagi beberapa orang,akan berpikir untuk tetap melakukan tes di tahun berikutnya. Tapi satu tahun tidak akan berlalu dengan begitu cepat ya guys. Itulah mengapa ada orang yang memilih untuk kuliah di universitas swasta terlebih dahulu sembari menghabiskan satu tahun. Setidaknya tahun itu bisa digunakan untuk menambah ilmu dan pengetahuan tentang kuliah. Karena sistem dalam kuliah sama sekali berbeda dengan saat kita duduk di bangku SMA. Setiap mahasiswa dituntut harus mandiri dan melakukan semua hal yang harus dilakukan tanpa harus di paksa dan lain sebagainya. Namun ada juga yang tetap memilih untuk menganggur sambil membantu orangtua di rumah atau merantau sambil bekerja.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya