Sebagai mahasiswa tidak hanya soal materi kuliah yang penting, banyak aspek non pendidikan yang dapat memengaruhi kita dalam menempuh pendidikan di kampus. Setiap kampus tentu memiliki ciri khas dan suasananya masing-masing, tidak terkecuali UNY.

Universitas Negeri Yogyakarta atau yang biasa disingkat UNY merupakan salah satu kampus negeri favorit. Setiap tahunnya, kampus ini menerima 1.647 mahasiswa baru strata satu (S1) dari berbagai daerah di Indonesia. Keunggulan UNY tidak hanya dari segi akademik, beberapa aspek non pendidikan di bawah ini bikin betah kuliah di kampus ini.

1. Mahasiswa Ramah

Interaksi Mahasiswa

Interaksi Mahasiswa via https://wordpress.com

Meskipun berasal dari berbagai daerah, mahasiswa UNY terkenal memiliki sifat ramah. Hal ini terlihat dari pemandangan sehari-hari yang mana sebagian besar mahasiswa senang bertegur sapa dengan mahasiswa lain. Jika kalian main ke UNY, jangan segan untuk mengajak bicara atau sekedar bertanya pada mahasiswa yang ada di sana, karena sudah pasti mereka akan menjawab dengan senang hati.

2. Fasilitas Kece

Digital Library UNY

Digital Library UNY via http://youtube.com

Baru-baru ini UNY telah meresmilkan terobosan baru berupa Digital Library. Perpustakaan bertaraf digital ini tidak memiliki koleksi buku secara fisik melainkan tersedia secara virtual. Mahasiswa dapat mengakses berbagai modul pelajaran berupa e-learning, e-journal, e-book, dan dokumen akademik lainnya dalam bentuk digital. Digital Library ini juga memungkinkan mahasiswa berinteraksi dengan masyarakat global, wow kece banget ya!

3. Tidak Ada Budaya Gengsi

Advertisement

Mahasiswa UNY dikenal dengan kesederhanaannya, tidak ada persaingan “gengsi” antar mahasiswa. Dari segi penampilan, mahasiswa UNY mengutamakan kesantunan bukan kemewahan, selain itu sudah menjadi pemandangan biasa melihat mahasiswa berangkat ke kampus dengan berjalan kaki maupun dengan mengendarai motor. Setiap mahasiswa berinteraksi satu sama lain tanpa memandang status apalagi harta benda.

4. Lokasi Strategis

UNY memiliki letak yang sangat strategis yaitu berada di tengah keramaian kota meskipun sudah masuk Kabupaten Sleman, tepatnya di Jl. Colombo No.1, Caturtunggal, Depok, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi strategis inilah yang membuat mahasiswa UNY tidak perlu menempuh jarak jauh apabila ingin pergi ke tempat-tempat umum yang berada di kota Yogyakarta dan sekitarnya.

Tempat-tempat yang mudah dijangkau dari UNY seperti perpustakaan kota, pusat perbelanjaan seperti mall ataupun pasar tradisional, kafe atau restoran, rumah sakit, keraton Yogya, dan masih banyak lagi.

5. Jajanan Murah Meriah

Pedagang kaki lima

Pedagang kaki lima via https://life.idntimes.com

Advertisement

Di area UNY terdapat berbagai jenis jajanan, mulai dari makanan kecil hingga yang mengenyangkan. Soal harga, nggak perlu khawatir karena dijamin terjangkau, dengan uang 7.000-15.000 rupiah aja, udah bisa banget bikin perut kalian kenyang. Jadi buat mahasiswa yang ingin menghemat budget terutama di akhir bulan, nggak perlu takut kelaparan di kampus ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya