5 Hal yang Dirasakan Saat Menempuh Kuliah di Jurusan Teknik Kimia

Hampir semua orang yang masuk jurusan Teknik Kimia pasti berpikiran bahwa Teknik Kimia banyak mempelajari kimia. Padahal, kenyataannya ilmu kimia hanya sekitar 10% dari keseluruhan pembelajaran di sana. Mau tahu apa saja yang bakal dirasakan mahasiswa Teknik Kimia? Yuk, kita lihat lima hal yang dirasakan mahasiswa jurusan Teknik Kimia / Chemical Engineer.

 <>1. Ada mata kuliah yang harus dipahami menggunakan imajinasi kalian.

Di sini, kalian akan berhadapan dengan beberapa mata kuliah yang cukup sulit untuk digambarkan secara nyata. Maka dari itu, kemampuan imajinasi akan sangat membantu dalam memahami beberapa mata kuliah tersebut. Mata kuliah itu di antaranya adalah Kimia Fisika, Kimia Organik, dan Thermodinamika.

<>2. Teknik Kimia pasti belajarnya kimia.

Yup, memang pasti belajar kimia. Tapi itu hanya sekitar 10% dari keseluruhan ilmu yang akan diperoleh. Justru hal yang paling banyak dipelajari di sini adalah Fisika dan Matematika. Bahkan hampir semua mata kuliah di sini menggunakan ilmu Fisika dan Matematika. Seperti Operasi Teknik Kimia, Thermodinamika, Teknik Reaksi Kimia, dan Kimia Fisika.

<>3. Rasakan sensasi menjadi seorang perekayasa proses.

Seorang chemical engineer memiliki kemampuan untuk merekayasa sebuah proses di sebuah pabrik. Namun harus dengan perhitungan yang matang dan bisa dikatakan cukup rumit. Di sinilah ilmu yang didapat dari dunia perkuliahan, akan digunakan secara nyata. Sebagai mahasiswa jurusan Teknik Kimia juga harus memiliki keterampilan untuk menggunakan beberapa software yang sangat membantu dalam rekayasa proses, seperti HYSYS dan ASPEN.

<>4. Rasakan sensasi menjadi perancang pabrik.

Seorang mahasiswa Teknik Kimia pasti mengalami yang namanya tugas desain pabrik. Ya, di sinilah semua ilmu yang dipelajari dari semester awal hingga semester akhir digunakan. Kalian akan diminta untuk merancang pabrik dari bahan mentah menjadi barang jadi, beserta kelengkapan pabrik. Kalian diminta menjadi seorang insinyur yang paham tentang potensi keuntungan. Maka dari itu, kalian akan mendapatkan mata kuliah bernama ekonomi teknik.

<>5. Dapatkan kesempatan untuk berkarir di manapun tempatnya.
Tangga Karir

Tangga Karir via http://blog.uad.ac.id

Seorang lulusan teknik kimia memiliki banyak potensi. Dapat ditempatkan di berbagai posisi strategis di perusahaan besar nasional maupun internasional. Perusahaan minyak dan gas (migas), petrochemical, perbankan, instansi pendidikan, konsultan limbah, konsultan pabrik, EPC (Engineering Procurument Contractor), MNC (Multi National Company), dan bahkan bisa menjadi seorang wiraswasta/entrepreneur.

Akan lebih baik lagi, apabila kalian menjadi seorang technopreneur yang handal

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Love Travelling, and learn something new. Stay at Semarang

124 Comments

  1. Purwati berkata:

    perancang pabrik bikin greget pake banget

  2. Meike Jonathan berkata:

    Enak lho Tek.Kim, aku sudah merasakan

  3. Imananda Fajar berkata:

    sensasinya masuk tekkim : ngeri ngeri mantap

  4. Rizal Ali berkata:

    Untung aja lulus

  5. Rian Perdana berkata:

    Dulu kuliah sekarang kerja di marketing hahahaha

  6. Dimas Damar berkata:

    ilmu yang serakah.. karena ilmu Teknik Kimia mempelajari semua hal.. mulai dari kimia, matematika, fisika, elemen mesin, teknik tenaga listrik, ekonomi teknik, desain pabrik, bioteknologi, rekayasa lingkungan, manajemen industri, hukum perburuhan, IT, kewirausahaan, dan juga agama + pancasila + kewarganegaraan + olahraga.. hahahaaa… bener2 gila.. bangga bangetttt jd Insinyur Teknik Kimia.. i love chemical engineering..

CLOSE