Salah satu kesibukan yang akan ditemui oleh mahasiswa di masa kuliahnya adalah magang. Biasanya, mahasiswa akan magang pada semester 5. Sebelum melakukan magang, tentu mahasiswa perlu menyiapkan berbagai hal.

Bagi kamu mahasiswa yang akan magang. bisa menyimak ulasan artikel berikut ini.

1. Mencari Tempat Magang & Informasi yang Terkait

Persiapan pertama sebelum magang adalah mencari informasi dan tempat di mana kamu akan melakukan magang. Agar kamu tidak terlalu banyak mencari tempat magang yang sering penuh, kamu bisa mulai mencari tempat magang dari semester sebelumnya. Sebaiknya, kamu mulai mencari tempat magang minimal 6 bulan dari sebelum waktu magang yang telah ditentukan oleh kampusmu. Hal ini dikarenakan waktu magang yang bersamaan dengan kampus-kampus lain. Apabila kamu merasa bingung untuk mencari tempat magang yang sesuai dengan jurusanmu, kamu bisa bertanya dengan kakak tingkatmu di kampus ataupun bertanya dengan dosen. Setelah mendapatkan tempat magang, kamu bisa melihat-lihat lingkungan sekitar. baik dari tempat parkir, kantin, dan lainnya. Sebaiknya kamu membuat catatan dari hal ini.

2. Membuat Proposal Magang

Proposal magang adalah laporan yang dibuat oleh mahasiswa, dengan tujuan untuk mendapatkan izin dari kampus untuk melakukan magang. Setelah mendapatkan izin, pihak dari kampus akan membuat surat pengantar magang yang nantinya akan dikirim ke tempat mahasiswa melakukan magang.

3. Melengkapi Dokumen yang Dibutuhkan

Advertisement

Selain proposal magang, kamu perlu menyiapkan dokumen-dokumen penting lainnya., di antaranya adalah curriculum vitae (CV), transkip nilai terbaru secara resmi, fotokopi kartu keluarga, fotokopi SIM/KTP dan pass photo. Kamu juga perlu menyiapkan surat kesehatan jasmani dan rohani dari dokter, karena terdapat beberapa instansi dan perusahaan yang menjadikannya syarat penting.

4. Mencari Referensi Mengenai Bentuk Laporan Magang

Laporan magang merupakan laporan akhir yang dibuat setelah magang usai. Walaupun kamu belum memulai magang, tidak ada salahnya kamu mencari referensi mengenai bentuk laporan magang. Mulai dari susunannya, isi, dan lainnya. Hal ini bertujuan agar kamu nantinya memiliki gambaran ketika magang nanti. Jadi, kamu bisa mencari data yang kamu perlukan untuk dimasukkan ke dalam laporan akhirmu dan kamu juga bisa menghindari kesalahan dalam pembuatannya.

5. Berdoa, Bersyukur & Meminta Restu Dari Orangtua

Advertisement

Selanjutnya, kamu bisa mengucapkan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa, setelah mendapatkan tempat magang. Hal ini karena mencari tempat magang tidaklah mudah, terlebih yang sesuai dengan jurusanmu. Setelah itu, kamu bisa berdoa dan meminta restu dari orangtua. Walaupun baru magang, kamu tetap perlu melakukan hal ini, supaya saat magang nanti dilancarkan segala urusannya. Lancar dari hari pertama hingga pembuatan laporan akhir magang.

Itulah 5 hal yang perlu kamu sebagai mahasiswa sebelum magang.

Semoga berhasil :)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya