Terutama buat pasangan muda yang sudah bosan dengan kemewahan, namun sangat menyukai keserasian dalam kesederhanaan :)

Bagi semua orang tanpa terkecuali, mempunyai rumah sendiri sebagai hunian sehari hari tentu menjadi impian terutama bagi kamu yang akan segera ber rumah Tangga. Rumah merupakan suatu yang harus segera dipersiapkan demi membuat rumah tangga kamu nantinya makin harmonis dan tidak terus terusan numpang di rumah orang tua saja.

Namun harga atau biaya membangun rumah atau membeli tentu tidaklah murah, terlebih di zaman sekarang dimana harga tanah makin naik karena luas tanah yang terus berkurang di hampir semua daerah seiring tingginya pertumbuhan penduduk.

Namun kamu tidak boleh berkecil hati dulu, karena sekarang juga lagi tren banget yang namanya rumah minimalis. Konsep rumah minimalis sekarang begitu disukai karena identik dengan ukuran atau luas rumah yang tidak terlalu besar tapi tetap elegan dan mewah. Tentu saja itu semua tidak dilakukan secara sembarangan, melainkan butuh perencanaan yang matang.

Berikut ini adalah trik perencanaan jika kamu ingin membangun rumah minimalis!

1. Tentukan dulu keseriasian 'calon' rumah minimalismu dengan nuansa yang kamu sukai, misalnya nuansa alam, vintage atau bahkan modern

Filosofi Rumah

Filosofi Rumah via https://unsplash.com

Sebelum memikirkan apa saja interior atau furnitur untuk rumah nantinya, alangkah baiknya kamu sudah menentukan filosofi rumah itu sendiri bagaimana. Hal ini penting demi hasil desain rumah yang maksimal, misalnya kamu suka nuansa alam, mungkin rumah dengan filosofi seperti itu akan lebih baik. Contohnya bisa lihat gambar ide desain rumah minimalis seperti ini:

2. Tentukan Ukuran Rumah dengan Benar

Ukuran Rumah

Ukuran Rumah via https://unsplash.com

Menentukan ukuran rumah bukan hanya sekedar luasnya saja, tapi juga mengatur ruangan A misalnya kamar berapa luasnya, ruang tamu berapa dan seterusnya. Rencanakan dengan baik tentang ukuran rumah yang ingin kamu buat agar tidak terjadi penyesalan nantinya. Karena kalau sudah dibangun namun ada ketidaksesuaian luas ruangan tentu rumah jadi kurang bagus, alangkah baiknya kamu sudah mempersiapkan mengenai ukuran rumah ini sama halnya saat kamu membuat desain rumah itu sendiri.

Advertisement


Biasanya, rumah minimalis itu identik atau ukuran standarnya adalah rumah ukuran 36, type 45 atau 60 dan lain sebagainya, ada beberapa ruang wajib seperti ruang tidur, ruang tamu, dapur, kamar mandi dan sedikit ruang keluarga.


3. Penataan Desain Interior Juga Penting, Lho!

Desain Interior

Desain Interior via https://unsplash.com

Bukan hanya memilih interior rumah saja, penataannya juga harus diperhatikan apalagi untuk rumah dengan desain minimalis, jelas penataan harus diperhitungkan, jangan sampai salah karena akan menganggu konsep rumah minimalis yang sudah di desain begitu bagusnya namun karena teknik penataan interior yang kurang benar rumah jadi terlihat kurang menarik.

4. Sesuaikan Warna Cat Interior dengan Identitas Rumahmu. Jangan Asal Bagus atau Ikut-ikutan Saja!

Warna Interior

Warna Interior via https://unsplash.com

Biasanya, rumah minimalis tidak begitu wah dalam teknik pewarnaan atau cat dinding, namun bukan berarti kurang penting. Memilih warna interior yang bagus tentu wajib diperhatikan, namun untuk rumah dengan desain minimalis, usahakan warnanya yang tidak terlalu mencolok karena konsep rumah minimalis memang sederhana tapi terlihat mewah.

Advertisement

Untuk warna, usahakan juga sesuai dengan furniture yang ada di dalam agar tidak terjadi perbedaan yang mencolok juga, kamu bisa pilih warna kesukaan kamu untuk hal ini.

5. Perhatikan Furnitur yang ada dalam Rumah Minimalis

Perhatikan Furnitur

Perhatikan Furnitur via https://unsplash.com

Furniture dalam rumah harus disesuaikan juga, apalagi untuk rumah minimalis, usahakan perhatikan betul mengenai pemilihan furniture. Gunakanlah furniture yang simpel dan tidak terlalu besar untuk rumah minimalis, banyak juga furniture keren yang ada misalnya meja komputer yang menempel dengan tembok, sofa dengan bentuk unik dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa tips membuat desain rumah minimalis, dengan adanya tips di atas, semoga impian kamu untuk memiliki rumah sendiri bisa terwujud, ya! Dan ingat, masih banyak pertimbangan lain lagi yang tentunya bisa kamu konsultasikan dengan arsitek atau orang kepercayaanmu saat membangun rumah nanti. Good luck!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya