5 Jenis Investasi Ini Wajib Dimiliki Kamu yang Baru Saja Memasuki Dunia Kerja

Investasi sederhana yang harus dimiliki para newbie di dunia kerja.

Memasuki dunia kerja atau real life setelah menyelesaikan bangku pendidikan adalah hukum alam. Dunia kerja yang dimaksud di sini bukan hanya untuk para pekerja kantoran ya, tapi juga buat kamu yang memilih menjadi entrepreneur. Hukum alam yang akan berakhir dengan seleksi alam membuat banyak newbie merasa kesulitan untuk menghadapinya, terutama urusan finansial atau keuangan.

Baru menikmati uang hasil kerja keras sendiri seringkali membuat kita khilaf. Parahnya, mungkin saja dalam 1 bulan tidak ada uang yang disisihkan untuk menabung. Padahal fungsi tabungan banyak, lho.

Selain khilaf, banyak juga para newbie atau bahkan yang sudah lama menapaki dunia kerja tapi masih bingung bagaimana caranya menabung. Harus pakai cara menabung yang mana sih? Takut risiko investasinya terlalu besar. Nah, kali ini akan dibahas beberapa jenis investasi sederhana yang bisa kamu terapkan demi masa depan kamu yang lebih cerah.

Advertisement

1. Tabungan Rekening Bank

Bank Saving

Bank Saving via https://www.freepik.com

Yang paling simple dan pasti kalian punya adalah tabungan rekening bank. Eits, tapi jangan campurkan uang pengeluaran sehari-hari kamu dengan uang yang akan kamu tabungan di satu rekening ya. Kalau begini sih, peluang untuk tabungannya kecil lho…

Kamu bisa mencari bank yang memiliki produk tabungan biasa dengan biaya admin gratis atau yang lebih murah. Dengan demikian, setidaknya tabungan kamu tidak hanya kepotong biaya admin saja lho. Kan sayang kalau kepotong biaya admin yang lumayan setiap bulannya…

Advertisement

2. Tabungan Berjangka

Term Saving

Term Saving via https://money.usnews.com

Pilihan ke-2 untuk kamu adalah tabungan berjangka. Pastinya walau kamu sudah bisa menghasilkan uang sendiri, kamu pasti ada cita-cita donk. Di kehidupan real sih, pastinya ada aset yang mau kamu beli seperti properti yang utamanya untuk kamu huni, ataupun kendaraan yang pastinya kamu butuhkan untuk ke mana-mana.

Selain aset yang berupa benda, kamu juga pastinya ada plan lain donk. Mungkin seperti melanjutkan bangku pendidikan tapi gak mau donk jadi beban orang tua lagi. Atau misalkan untuk modal menikah, atau bahkan plan kamu ketika sudah pensiun nanti.

Nah, semua plan atau aset yang kamu inginkan itu bisa kamu wujudkan dengan memilih tabungan berjangka. Banyak bank yang menawarkan tabungan berjangka, di mana kamu setiap bulannya wajib menyetorkan sejumlah uang. Tentunya nanti akan jadi modal kamu untuk mewujudkan aset dan plan-plan di kehidupan kamu yang membutuhkan uang yang tidak sedikit.

Advertisement

3. Deposito

Selanjutnya pilihan yang bisa kamu pilih adalah deposito. Pasti tahu donk tentang tingkat keamanan deposito, pastinya sangat terjamin apalagi buat para pemula.

Namun, untuk deposito ini dibutuhkan uang yang agak banyak baru bisa didepositokan ke bank ya. Kamu bisa mulai dari pilihan no.1 tadi yaitu dari tabungan rekening, kalau uangnya sudah mencukupi persyaratan pembukaan deposito, buruan kamu depositikan deh. Karena setelah kamu depositokan, uang kamu akan dibekukan dan kamu hanya bisa menikmati bunganya perbulan.

Metode deposito ini cocok banget buat kamu yang sering khilaf ya. Jadi uangnya dibekukan dan gak ke mana-mana. Kalau suatu hari kamu butuh, kamu tetap bisa mencairkannya kok.

Keunggulan deposito ini buat juga bisa otomatis perpanjang lho. Jadi gak cuma beberapa bulan saja dan bunganya juga bisa kamu masukkan lagi ke dalam dana utama yang kamu depositokan. Menarik bukan? Tunggu apa lagi? Yuk, buruan nabung…

4. Asuransi

Produk investasi yang satu ini wajib kamu punya, terutama asuransi kesehatan. Well, mungkin kamu sudah didaftarkan asuransi di perusahaan tempat kamu bekerja. Tapi ingat, kamu gak seumur hidup kerja di sana lho. Mungkin saja nanti kamu bisa pindah ke perusahaan di mana kamu gak dibayarkan asuransi lagi.

Nah, dengan adanya asuransi kamu bakal merasa lebih nyaman. Setidaknya untuk masalah kesehatan kamu sudah ada yang cover. Dan ini penting banget ya, mengingat kesehatan adalah yang terpenting dalam hidup kita. Jadi produk yang satu ini wajib banget kamu miliki. Ingat, nanti jika kamu sudah pensiun tetap harus ada uang untuk menjaga kesehatan lho.

5. Tabungan Mata Uang Asing

Foreign Currencies Saving

Foreign Currencies Saving via https://inspirepattaya.com

Menabung dalam mata uang asing juga termasuk aman buat kamu. Pastinya kamu harus memilih mata uang asing yang stabil nilai mata uangnya ya. Kamu bisa memulainya dengan mengecek harga bank notes di tempat penukaran uang asing ataupun di bank.

Menabung mata uang asing juga gak perlu dalam jumlah banyak untuk memulainya, itulah kenapa produk satu ini direkomendasikan. Dibandingkan dengan menabung emas, pastinya lebih gampang kamu memulai yang satu ini lho.

Selain itu, kalau kamu sering dinas ke luar negeri juga bisa kamu gunakan sebagai emergency fund alias uang cadangan ketika berada di negeri orang. Dengan demikian, pastinya lebih berasa nyaman ketika berada di mana pun donk…

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pecinta travelling dan dunia tulis menulis sedari dulu. Berharap selalu bisa melihat sisi lain dari dunia dan bisa berbagi pengalaman serta dapat memberikan inspirasi kepada semua orang yang membutuhkan.

CLOSE