5 Kalimat Sapaan dalam Bahasa Jepang dan Artinya

sapaan dalam bahasa jepang

Halo sobat Hipwee! Apakah kamu seorang pemula yang lagi belajar bahasa Jepang? Kalau iya, pastinya kamu harus paham kalimat-kalimat sapaan yang biasa digunakan orang Jepang.

Kalimat-kalimat ini penting banget lo, supaya kamu tidak salah menggunakannya. Soalnya kalau sampai salah, bisa-bisa sapaanmu terdengar lucu atau terdengar aneh alias tidak natural. Sebelum itu, kita juga harus paham waktu dan konteks situasinya. Nah, makanya ayo kita bahas penggunaan kalimat sapaan Jepang dengan benar.

Advertisement

1. Ohayou Gozaimasu

<span>Photo by <a href=Federico Respini on Unsplash“>

Photo by Federico Respini on Unsplash via https://unsplash.com

Ohayou gozaimasu memiliki arti selamat pagi. Ungkapan ini sering digunakan setelah bangun tidur. Selain itu, ohayou gozaimasu juga dipakai ketika menyapa teman sekelas atau rekan kerja di pagi hari. Sedangkan kata ohayou merupakan bentuk yang lebih akrab untuk teman sebaya.

2. Konnichiwa

<span>Photo by <a href=Wes Hicks on Unsplash“>

Photo by Wes Hicks on Unsplash via https://unsplash.com

Konnichiwa sering diartikan sebagai selamat siang. Namun, ungkapan ini juga merupakan sapaan ketika menyapa orang yang baru dikenal. Dengan kata lain, konnichiwa juga bermakna “halo” atau “salam” Ungkapan ini sering digunakan sebagai sapaan di dalam video karena orang yang menonton video tersebut tidak terbataskan waktu siang dan malam.

Advertisement

3. Konbanwa

<span>Photo by <a href=Mike Swigunski on Unsplash“>

Photo by Mike Swigunski on Unsplash via https://unsplash.com

Konbanwa digunakan pada saat matahari sudah terbenam. Makna dari ungkapan ini adalah “selamat malam” Penggunaannya ketika kita menyapa orang lain di malam hari. Misalnya, ketika kita sedang makan malam dengan orang lain.

4. Oyasuminasai

Photo by David Mao on Unsplash

Photo by David Mao on Unsplash via https://unsplash.com

Oyasumi atau oyasuminasai waktu penggunaannya sama seperti konbanwa, yaitu pada malam hari. Bedanya, ungkapan ini hanya diucapkan ketika mau tidur. Dalam bahasa Indonesia memiliki arti “selamat tidur” atau “selamat beristirahat”

5. Moshi Moshi

Photo by Miryam León on Unsplash

Photo by Miryam León on Unsplash via https://unsplash.com

Berbeda dengan kalimat sapaan sebelumnya, moshi moshi dikhususkan untuk menyapa dalam telepon. Bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia, kalimat ini berarti “halo” Moshi moshi tidak mengandung makna waktu tertentu, serta tidak bisa digunakan di luar kegiatan berkomunikasi melalui telepon.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE