Apalagi kalau bukan rasa malas yang membuat kita menjadi seorang yang melakukan kebiasaan jorok dan bahkan melakukan hal yang tidak sehat yang justru dapat mengganggu kesehatan kita. Namun jika ingin dijelaskan secara ilmiah, kebiasaan jorok ini biasanya disebabkan oleh dua faktor yang itu faktor internal dan eksternal.

Faktor internal sendiri adalah rasa malas itu sendiri. Sedangkan faktor eksternal adalah lingkungan. Dimana anda berada dilingkungan yang jorok maka kemungkinan besar anda juga akan ikut menjadi jorok.

Untuk mengingatkan kita semua, mari kita simak 5 kebiasaan jorok dan tidak sehat namun masih saja kita lakukan.

1. Buang Sampah Sembarangan

Buang sampah sembarangan sudah dianggap sesuatu hal yang biasa dan hampir semua orang melakukannya. Tentu saja dampaknya sangat tidak baik bagi lingkungan anda. Buang sampah sembarangan dapat menyebabkan lingkungan anda menjadi tidak sehat, timbulnya berbagai macam penyakit hingga menyebabkan banjir seperti yang terjadi pada kota Jakarta.

Setiap tahun penduduk Jakarta harus menghadapi banjir yang disebabkan oleh naiknya air laut dan musim hujan, dan salah satu penyebab banjir terbesar di Jakarta adalah karena menumpuknya sampah di sungai Jakarta yang disebabkan masyarakatnya masih saja membuang sampah sembarangan.

2. Malas Sikat Gigi

Gigi kuning karena malas sikat gigi via http://www.rediff.com

Advertisement

Kebiasaan jorok ini biasanya terjadi pada anak-anak bahkan sampai orang dewasa. Sikat gigi idealnya adalah 3 kali sehari, sehabis makan, dan sebelum tidur. Akan tetapi masih saja ada sebagaian orang masih kurang memperhatikan hal ini. Seperti yang kita ketahui, jika kita tidak sikat gigi dalam sehari saja, dapat membuat mulut menjadi bau dan gigi akan cepat rusak karena jarang dibersihkan.

3. Tidak cuci tangan sebelum makan

Malas cuci tangan via http://health.liputan6.com

Dengan support dari keluarga dan teman untuk membantu anda berhenti merokok akan terasa lebih ringan dibanding anda melakukannya sendiri. Biasanya keluarga dan teman akan membantu memberikan motivasi dan menjauhkan anda dari segala sesuatu yang berhubungan dengan rokok.

4. Buang Angin dan Buang Air Sembarangan

Kentut sembarangan via http://www.kaskus.co.id

Untuk menghilangkan dampak tidak sehat dari merokok anda bisa mengkonsumsi vitamin c dan antioksidan yang terdapat pada buah. Usahakan untuk makan buah setiap hari, setelah makan. Biasanya seorang perokok aktif pasti akan merokok setelah. Nah, sekarang kebiasaan tersebut harus anda ganti dengan makan buah. Selain memanbantu mencegah rasa ingin merokok, makan buah juga sangat baik untuk memulihkan kesehatan anda yang terganggu dari rokok tersebut. Adapun contoh beberapa buah yang bagus untuk perokok adalah buah kiwi, jeruk, apel, pisang, blueberry dan dll.

5. Merokok

Siapkan mental anda. Bulatkan tekad dan tetapkan komitmen anda kalau anda memang benar-benar ingin berhenti merokok. Karena inti dari berhenti merokok adalah disini. Ke empat tips diatas akan menjadi percuma jika anda tidak mempunyai komitmen dan tekad yang bulat untuk berhenti merokok. Pastikan anda yakin dan beritahukan ke keluarga anda bahwa anda benar-benar ingin berhenti merokok.