5 Jenis Pengeluaran Receh yang Bikin Kamu Bokek

Atur duit biar gak boncos

Kamu perah merasakan kemana semua uang kamu dihabiskan? Kamu merasa tidak membeli banyak belanja, tapi kok sudah kehabisan uang sebelum akhir bulan. Padahal jika diperhatikan, gaji kamu terbilang cukup untuk memenuhi biaya bulanan, tapi kenyataan tak sesuai harapan. Bahkan, kamu sendiri bingung uangnya habis untuk apa saja. Bisa jadi kamu menghamburkan uang kamu ke dalam pengeluaran ini lho. Baca sampai habis!

1. Kopi dan Makanan Ringan

Photo by Content Pixie on Pexels

Photo by Content Pixie on Pexels via https://www.pexels.com

Rasanya ada yang kurang jika sehari tidak mengonsumsi kopi. Kopi sudah jadi bagian dari gaya hidup. Memang, sesekali ngopi bukan hal yang buruk dan sah-sah saja. Tetapi, kamu harus lebih bijaksana dalam mengeluarkan uang untuk hal ini. Bila kamu rutin membeli kopi setiap hari, lama-lama kantong bisa bolong. Sebagai contoh, misalnya harga kopi secangkir Rp30.000, ditambah dengan makanan ringan, bulatkan menjadi Rp50 ribu.

2. Gak Bawa Air Minum dari Rumah

Photo by Maurício Mascaro on Pexels

Photo by Maurício Mascaro on Pexels via https://www.pexels.com

Manusia bisa hidup tanpa makan tapi tidak tanpa minum.  Tetapi sudah tau begitu, masih banyak orang yang justru tidak menyiapkan bekal air minum untuk setiap beraktivitas. Mereka lebih memilih untuk memenuhi kebutuhan cairan dengan membeli air minum dalam kemasan di warung atau minimarket. Sekalipun harganya cuma Rp5.000, tapi kalau dilakukan terus-menerus, jelas ini bikin kamu boncos. So, bawa bekal minum dari rumah mulai dari sekarang ya!

3. Rokok

Photo by Basil MK on Pexels

Photo by Basil MK on Pexels via https://www.pexels.com

Kalau jenis pengeluaran yang satu ini, mungkin kamu sendiri sudah paham kalau hal ini bisa melukai dompet. Harga rokok rata-rata per bungkus bisa Rp20.000, bila dalam sehari kamu menghabiskan 1 bungkus maka dalam sebulan bisa menguras kantong senilai Rp600.000. 

Tentu saja, uang ini bila kamu investasikan ke instrumen investasi yang bisa menumbuhkan nilai uang, akan menghasilkan hasil imbal yang banyak atau lebih baik kamu membeli cemilan sehat yang mengenyangkan ketimbang rokok.

4. Biaya Langganan Aplikasi

Photo by Pixabay on Pexels

Photo by Pixabay on Pexels via https://www.pexels.com

Memang, besarannya hanya sekitar Rp30.000 sampai Rp70.000 per bulan untuk satu aplikasi. Namun, kalau kamu sampai punya 5 atau 10 aplikasi, bisa jadi nominalnya akan seperti biaya makan untuk seminggu.  Jadi, penting untuk memperhatikan pengeluaran kecil yang terlihat tidak signifikan, tetapi dapat memiliki dampak besar pada keuangan jangka panjang. Jangan buru-buru mengeluarkan uang karena nominalnya yang terlihat sedikit.

5. Biaya parkir

Photo by Kaboompics .com on Pexels

Photo by Kaboompics .com on Pexels via https://www.pexels.com

Kalau bisa kamu tempuh dengan jalan kaki, kenapa tidak. Itung-itung sambil olahraga. Jangan dikit-dikit naik kendaraan, selain karena polusi kamu juga harus mengeluarkan biaya parkir. Memang cuma Rp2.000 sampai Rp5.000, tapi kalau kamu kalkulasikan selama seminggu biaya parkir juga bisa untuk biaya kamu makan dalam 2 sampai 3 kali loh.

So, jangan abai terhadap pengeluaran recehan ini ya. Seperti pepatah sedikit sedikit lama lama menjadi bukit, begitu pula dengan pengeluaran.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Love writing and reading book