Sayang sekali jika internet yang berkembang cukup pesat ini tidak dimanfaatkan. Internet sekarang sudah menjadi kehidupan utama bagi netizen Indonesia. Mengalihkan perhatian dunia nyata menuju ke layar kaca smartphone di genggaman. Segala aktivitas mulai berangsur pindah ke media online, termasuk jual dan beli.

Mencoba bisnis online merupakan hal yang sudah sepantasnya dilakukan. Apalagi jika ingin segera memesan tempat di pasar online agar tak keduluan pesaing. Namun, ternyata banyak yang masih bingung bagaimana langkah memulai jualan online untuk pertama kali.

Kalau kamu termasuk salah satu di antaranya, maka artikel ini bakal jadi solusinya. Kira-kira, bagaimana cara memulai bisnis online yang bagus? Ini dia ulasannya, cek yuk!

1. Mulai dulu membangun pola pikir bisnis yang bagus

Mulai Dari Diri Sendiri via http://koneksi.co

Penting untuk mengetahui berapa kesiapan modal, produk yang akan dijual, pasar yang akan disasar, strategi pemasaran, kelangsungan bisnis dan tren bisnis, sebelum terjun langsung ke dunia bisnis. Paling penting dari berbisnis ialah memberi manfaat kepada orang lain, bukan saja meraih profit sebesar-besarnya.

2. Mulai dengan berjualan tanpa berpikir panjang

Langsung mulai saja. Tanpa menunggu kata sempurna. Karena kalau kamu selalu ingin sempurna dulu, sulit untuk memulainya dan pasti akan stres jika ada sedikit hal saja yang kurang sempurna. Maka dari itu, mulailah dengan berjualan tentang apa yang dibutuhkan orang sekitar dan kamu lah yang jadi problem solver-nya.

3. Mulai belajar membuat website toko online

Bikin Sekeren Mungkin! via http://koneksi.co

Advertisement

Keseriusan pemilik toko juga penting dan sering diperhatikan oleh calon pembeli. Maka sudah sewajarnya kamu untuk segera membangun website toko online. Modal untuk membuatnya tak banyak kok, cukup 300 ribu per tahun. Bayangkan, per tahun. Selebihnya, kamu bisa variasikan berbagai macam marketplace seperti Tokopedia hingga Bukalapak, atau bahkan Instagram.

4. Promosi lewat media online juga efektif dilakukan

Biayanya Juga Murah via https://www.pexels.com

Website toko online sebaiknya tak hanya berisi foto dan deskripsi produk. Tetapi di dalamnya juga sebaiknya ada tips-tips atau panduan yang menyangkut produk kamu. Seolah-olah kamu bukan hanya berjualan, tetapi benar-benar menguasai produk yang kamu jual dan siap menjadi konsultan apabila calon pembeli merasa kesulitan. Setelah itu, barulah promosi di sosial media bisa dilakukan.

5. Berburu mentor dan komunitas yang mendukung

Biar Strategi Semakin Terasah! via https://www.pexels.com

Tidak kalah pentingnya adalah membangun jaringan dengan orang-orang yang sudah ahli di bidangnya, atau mereka yang punya minat yang sama. Bergabung dengan komunitas bisnis di lingkungan sekitar kamu merupakan solusinya. Kamu bisa belajar banyak dari mereka yang sudah berani mencoba berbisnis online sebelumnya.

Advertisement

Nah, kira-kira seperti itu langkah mudah memulai berjualan online untuk kamu yang belum pernah mencobanya sekalipun. Semoga bisa menambah semangat kamu dalam membangun bisnis di usia muda, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya