Kalau hujan, memang paling enak selimutan sambil dengerin lagu sendu nan galau. Kalo udah gitu, biasanya malah jadi nangis gara-gara kepikiran si “dia”. Haduh, emang masih zaman, ya, galauin cowok?

Udah yuk, move on! Mending inget orang terdeket di rumah yang selalu ada buat kita kapan pun itu. Yup, siapa lagi kalau bukan mama? Nah, kadang, nih, sama mama kita malah gengsi buat bilang sayang. Jangankan sayang, bilang makasih atau maaf aja kadang juga masih suka malu-malu kucing. Yang kayak gini baru patut digalauin sambil dengerin 3 lagu ini.

Lho, kok korea sih? Mana ngerti?

Ssst, katanya masih suka gengsi ngungkapin apapun ke mama? Coba aja pake cara lain ngungkapinnya. Lihat terjemahan lagunya, deh. Asli, ngena banget!

1. Sejeong – Flower Road

Cover Single Sejeong - Flower Road

Cover Single Sejeong – Flower Road via https://fingersdancing14.wordpress.com

When I looked at your lips

There was a smile but there were also wrinkles

You gifted me with life

I’m so thankful for the words, I love you

To raise a single flower

How much rain fell in your eyes?

Advertisement

Lagu pertama ini dari Sejeong, salah satu member girlband gugudan! Lagu yang diproduseri rapper Korea, Zico, ini sukses bikin hati meleleh. Coba lihat terjemahannya. Bikin langsung mikir, gak, sih, kalau mama itu udah capek besarin kita? Sadarkah kalau semakin besar kamu, semakin tua orang tuamu?

2. SNSD – Dear Mom

Member SNSD dan Ibunya

Member SNSD dan Ibunya via http://alifiatasyar.blogspot.com

I'll become my mom's wise daughter (Give me strength)

I'll become a daughter she's proud of no matter where I go

I'll protect my mom's hopes of love

I'll have a heart as warm as the unconditional love you've shown me

I was shy so I couldn't often express

Mom, I really love you

Selanjutnya, ada lagu dari girlband legendaris Korea, nih! Yup, siapa lagi kalau bukan SNSD. Coba dibaca kutipan terjemahannya. Mewakili perasaan yang terpendam nggak, nih, buat mama? Ssst, bahkan member SNSD pada nangis, lho, kalo live performance-nya nyanyi ini.

3. Yang Hee Eun – Mother to Daughter

Cover Single Mother to Daughter

Cover Single Mother to Daughter via https://koreanmyuzic.blogspot.com

Advertisement

I thought I had just closed my eyes for a brief second

But I've already become old

I thought you would always be a little child

But you're already grown

I still don't know life very well

So I don't have much to say to you

But with this heart wishing you more happiness

Terakhir, lagunya bukan representasi dari kita sebagai anak. Uniknya, lagu ini seolah-olah mewakili semua yang ingin disampaikan seorang ibu ke anaknya. Coba aja dibaca terjemahannya. Duh, jadi mewek nggak, sih?

4. INFINITE – Mother

Cover Album Destiny

Cover Album Destiny via https://en.wikipedia.org

How should I start this awkward confession?

What I've been foolishly and inconsiderately pushing away

I thought it was okay to be like that because I didn't know you were in pain

Next time, next time

I pushed it back and now I finally tell you

Love you, I really wanted to tell I love you

Kalau sebelumnya mewakili hal yang ingin dikatakan ibu, sekarang justru berlawanan sama lagu ini. Lagu yang dirilis tahun 2013 ini bercerita tentang anak yang malu buat bilang sayang ke ibunya. Rasanya awkward buat confess ke ibu. Duh, padahal ibu sendiri, ya? Siapa, nih, yang kaya gitu ayo ngacung tangannya!

5. Jin (BTS) – Mom

Jin BTS dan Ibunya

Jin BTS dan Ibunya via http://style.tribunnews.com

Since I had nothing to give, I just accepted

Even so, at that time I didn’t know how to be thankful

I’ve been living without knowing anything

By just calling your name

Why does my heart ache like this?

You’ve given me everything, you can’t give more

To you who are sorry because of that

What should I give?

Naah, yang terakhir, ada Mom dari Jin (BTS). Penyanyi aslinya itu Ra.D, tapi, Jin berhasil ngasih kesan yang emosional buat lagu ini, lho. Coba baca terjemahannya. Duh, pengin cepet-cepet tobat jadinya kalau inget sering nyakitin ibu..

Gimana? Lima lagu aja cukup bikin mata berair, kan? Udahan yuk, galauin cowoknya. Buat apa mikirin si “dia” yang gak peduli sama kamu? Tengok ke rumah. Ada yang cinta sama kamu dari awal kamu lahir ke dunia. Sayangi orang tuamu dan bahagiain mereka, ya, sebelum semuanya terlambat. Eits, jangan cuma dengerin lagu aja. Doain mereka juga ya, temen-temen!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya