Ukuran sofa, kenyamanan saat digunakan dan kualitas bahan merupakan hal dasar yang harus diperhatikan dalam membeli sofa. Membeli sofa juga merupakan salah satu investasi yang penting untuk melengkapi perabotan ruang tamu dan atau ruang keluarga Anda. Oleh karena itu, cobalah beberapa saran berikut ini.

1. Coba Sebelum Anda Membeli

sofa panjang

sofa panjang via https://www.google.com

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah sofa, Anda harus mencobanya terlebih dahulu karena sofa rata-rata memiliki kedalaman duduk minimal 60cm. Hal ini memungkinkan Anda leluasa meletakan kaki Anda jika Anda memiliki kaki yang panjang atau Anda dapat melipatnya jika Anda lebih pendek.

Tinggi sofa pada umumnya antara 45-50 cm, jadi pastikan dengan baik sebelum Anda membelinya untuk memastikan sofa yang Anda akan beli cocok untuk seluruh keluarga. Terakhir, Anda juga perlu memastikan lebar total sofa tersebut, tidak termasuk lengan kursi untuk memastikan kenyamanan Anda jika suka meregangkan badan.

2. Pilihlah Rangka Sofa Terbaik

rangka sofa

rangka sofa via http://googgle.com

Advertisement

Dalam memilih sofa Anda juga perlu memperhatikan kualitas dari rangkanya, karena dengan rangka sofa yang berkualitas Anda akan menghemat biaya untuk perawatan serta reparasi sofa Anda. Perhatikan pula jaminan yang diberikan produsen biasanya yang benar-benar yakin akan rangkanya akan memberikan jaminan seumur hidup.

Rangka sofa dari bahan kayu keras mungkin dapat menjadi pilihan Anda, sebaliknya Anda perlu berhati-hati jika Anda memilih rangka sofa yang terbuat dari bahan logam atau bahan papan berpartikel.

3. Periksa Bahan Sofa

bahan sofa

bahan sofa via http://googgle.com

Selain dari ukuran dan bingkainya, Anda perlu perhatikan pula bahan yang digunakan di dalam sofa. Bantalan sofa yang terbuat dari bahan bulu memang kelihatan sangat nyaman tetapi saat digunakan dalam jangka waktu lama Anda akan merasa tidak terlalu nyaman. Sementara bantalan yang terbuat dari bahan busa atau serat dapat kehilangan bentuknya dari waktu ke waktu.

Advertisement

Anda sebaiknya menggunakan kombinasi bahan bulu dan bahan busa, bahan bulu akan memberikan rasa empuk sedangkan bahan busa akan membentuk struktur dari bantalan sofa. Kombinasi yang baik dapat Anda gunakan bahan bulu pada bantalan punggung/sandaran sofa dan menggunakan bahan busa atau serat untuk bantalan duduk pada sofa

4. Penentuan Kain Pelapis

kain pelapis sofa

kain pelapis sofa via http://googgle.com

Pilihan selanjutnya terletak pada kain pelapis sofa serta warnanya. Anda akan memilih kain dengan pola, polos ataukah warna-warna yang berani? Pemilihan kain pelapis ini akan berdampak besar pada ruangan Anda nantinya, jadi pastikan benar Anda memilihnya sesuai karakter dan kebutuhan Anda.

Jika ruangan Anda terkena cahaya matahari langsung, sebaiknya Anda memilih bahan sintetis dan tidak memilih kain dari bahan-bahan alami karena mereka akan memudar terkena cahaya matahari. Jika Anda memiliki hewan peliharaan seperti anjing atau kucing Anda dapat memakain jenis kain yang gampang dibersihkan serta berikan resleting agar mudah dilepas untuk dicuci.

5. Pastikan Ukuran yang Tepat

ukuran sofa

ukuran sofa via http://googgle.com

Terakhir, Anda harus memastikan benar ukuran maksimum sofa Anda agar sesuai dengan ruangan Anda. Juga periksa ukuran dimensi setiap pintu dan tangga, untuk memastikan sofa tersebut dapat melewatinya saat Anda ingin memindahkannya.

Jika akses terbatas, Anda mungkin perlu memilih sofa dengan sandaran yang tidak terlalu tinggi, atau desain yang dapat dilepas pasang dengan mudah saat dikirim atau dipindahkan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya