Siapa di sini yang setiap hari nggak pernah kelupaan buat memakai lipstick? Bagi sebagian kaum hawa, lipstick menjadi salah satu ritual make up yang nggak boleh dilewatkan. Ntah karena nggak pede terlihat pucat tanpa lipstick, atau karena memiliki bibir yang berwarna hitam. 

Permasalahan warna bibir yang hitam ini emang ngeselin banget. Meskipun tidak merokok, warna hitam dibibir bisa disebabkan karena penggunaan lipstik matte setiap hari tanpa ada perawatan dan gaya hidup yang tidak sehat.

1. Langkah pertama, exfoliating!

pixabay.com

pixabay.com via https://www.pexels.com

Exfoliating merupakan sebuah proses meluruhkan sel-sel kulit mati yang membuat bibir kamu menjadi kering, kusam dan kehitaman. Nah, biar bahan-bahan kimia itu hilang, kita harus menyingkirkan sel-sel kulit matinya. Caranya bisa dengan exfoliating sendiri dengan DIY scrub bibir dengan bahan-bahan yang gampang banget ditemuin. Di antaranya:

1.Gula pasir
2.Madu
3.Minyak Zaitun

Advertisement

Cara penggunaannya, campur ketiga bahan ini di dalam satu wadah. Oleskan ke bibir lalu usap-usap secara halus selama 3-5 menit. Lakukan ini cukup 3x seminggu biar kulit bibir kamu jadi gak tipis.

2. Langkah kedua gunakan pelembab atau moisturizer

pixabay.com

pixabay.com via https://www.pexels.com

Biar bibir kamu nggak kering, lembabin dulu bibir kamu pakai lip balm. Pada umumnya lip balm memiliki kandungan emollient atau pelembap berbahan alami. Beberapa bahan yang mengandung emollient adalah minyak jojoba, minyak biji almond, cocoa butter, shea butter, beeswax dan petroleum mineral oil. Setelah itu, baru deh pakai lipstick seperti biasa.

3. Ketiga, bersihkan bibir sampai benar-benar bersih

pixabay.com

pixabay.com via https://pixabay.com

Terkadang kita masih suka lupa kalau sisa lipstick masih suka menempel di bibir. Ini kadang yang membuat bibir menjadi hitam dan kering. Beberapa lipstick matte terkadang ada yang memang susah dibersihkan. Nah, buat membantu menghilangkan sisa lipstick yang membandel, kamu bisa mengunakan lip balm. Usapkan lip balm ke seluruh bibir, bersihkan bibir dengan kapas sampai dirasa benar-benar bersih.

4. Keempat, jangan lupa masker bibir

pexels.com

pexels.com via https://www.pexels.com

Advertisement

Terakhir, gunakan masker bibir atau yang dikenal juga dengan lip mask. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak almond sebagai lip mask. Caranya, cukup olesi bibir kamu dengan bahan tersebut dan diamkan semalaman. Dengan rutin mengikuti step by step ini, dijamin deh bibir kamu bakal cerah alami dan nggak hitam lagi.

5. Kelima, jauhi kebiasaan berikut!

pixabay.com

pixabay.com via https://pixabay.com

Tapi, perawatan ini semua harus diimbangi dengan kebiasaan kamu ya. Perbanyak minum air mineral dan jangan suka mengggigit dan memegang bibir karena air ludah dan tangan kamu itu mengandung banyak bakteri.

Selamat mencoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya