5 Makanan Khas yang Wajib di Coba Saat Berkunjung Ke Riau, Rasa Klasik yang Bikin Kamu Ketagihan

Makanan khas Provinsi Riau

Indonesia terkenal akan ragam kuliner yang kaya dan khas di masing-masing daerahnya. Setiap daerah pasti memiliki makanan khas nya sendiri begitu juga dengan Provinsi Riau. Ketika berkunjung ke suatu daerah rasanya belum lengkap jika kita tidak  mencicipi makanan khas dari daerah tersebut, apalagi jika kita mencicipinya langsung di kota asalnya. Berikut rekomendasi 5 makanan yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Riau.

Advertisement

1. Gulai Ikan Patin

gulai ikan patin

gulai ikan patin via https://steemit.com

Gulai ikan patin adalah salah satu makanan khas Riau yang terkenal dengan cita rasanya yang nikmat. Di provinsi Riau sendiri khususnya Pekanbaru gulai ikan patin menjadi makanan yang tidak pernah sepi pembeli. Kamu bisa dengan mudah menjumpai menu gulai ikan patin diberbagai restoran yang ada di Pekanbaru. Makanan ini berbahan dasar ikan patin yang dimasak dengan bumbu gulai. Ciri khas makanan ini terletak pada kuahnya yang berwarna kuning pekat dan kental, cocok disantap dengan nasi hangat. Nah bagi kamu yang akan berkunjung ke Riau jangan lupa untuk mencicipi makanan yang satu ini.

2. Asam Pedas Ikan Baung

asam pedas ikan baung

asam pedas ikan baung via https://travel.trubus.id

Makanan khas Riau selanjutnya yang juga berbahan dasar ikan dan patut untuk kamu coba saat berkunjung ke Riau yaitu asam pedas ikan baung. Bagi kamu yang tidak terlalu suka dengan kuah yang kental dan mengandung santan dapat mencicipi ikan baung ini.

Ikan ini diolah dengan berbagai macam rempah mulai dari bawang putih, lengkuas, kunyit, bawang merah, dan jahe. Sedangkan untuk rasa asamnya sendiri berasal dari air asam jawa atau asam kandis yang digunakan untuk merendam ikan yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Selain itu ikan baung ini juga aman dimakan oleh anak-anak karena tidak memiliki duri di dagingnya serta tekstur daging ikan yang lembut.

3. Lopek Bugi

lopek bugi makanan khas riau

lopek bugi makanan khas riau via https://www.goriau.com

Lopek Bugi merupakan makanan khas Riau yang Berasal dari Kabupaten Kampar. Kue yang satu ini sudah terkenal diberbagai daerah di nusantara serta lebih dikenal dengan nama lepat ketan. Pada awalnya makanan khas yang satu ini hanya diperuntukkan bagi kaum ningrat atau bangsawan saja.

Namun seiring berjalannya waktu cemilan  ini tidak hanya disantap oleh orang-orang bangsawan melainkan semua masyarakat sudah bisa menikmati cemilan ini. Lopek bugi bisa dengan mudah kamu temukan di toko oleh-oleh khas Riau atau di gerai-gerai yang ada di sepanjang jalan Pekanbaru-Bangkinang.

Advertisement

4. Bolu kemojo

bolu kemojo

bolu kemojo via https://www.dimanaja.com

Saat kamu berkunjung ke Riau tak lengkap rasanya bila tidak mencoba bolu kemojo dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Bolu yang memiliki bentuk seperti bunga kamboja ini memiliki rasa yang manis dan sedikit aroma serta rasa telur.

Kue yang  identik dengan warna hijau nya ini biasa disajikan pada saat perayaan-perayaan besar seperti pesta pernikahan, lebaran dan kenduri. Warna hijau pada bolu kemojo berasal dari campuran air daun suji dan pandan. Bolu kemojo cukup mudah ditemukan di beberapa gerai oleh-oleh khas Riau. Saat berkunjung ke Riau pastikan kamu mencoba makanan khas yang satu ini ya.

5. Roti Jala

 

Roti jala merupakan makanan khas Riau selanjutnya yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Riau. Makanan yang berbahan dasar tepung terigu ini pada awalnya hanya disajikan saat ada pesta-pesta besar seperti pernikahan. Namun saat ini kamu bisa dengan mudah menemukannya di beberapa sudut provinsi Riau khususnya Pekanbaru. Roti ini biasanya disajikan  dengan kuah kari baik itu kari ayam, kambing, maupun daging. Selain disajikan dengan kuah kari roti ini juga bisa dimakan bersama saus atau kuah durian.

Itu dia daftar makanan khas yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Riau. Pastikan untuk mencoba semuanya ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE