5 Makanan Khas yang Wajib Kamu Cobain Ketika Berlibur ke Klaten!

Makanan Khas Klaten

Kota Klaten merupakan kota kecil sejuta kenangan. Daya tarik kota Klaten sebagai tempat destinasi wisata baik wisatawan dalam maupun luar negeri tak diragukan lagi. Klaten memiliki destinasi wisata yang terdapat unsur sejarah sehingga dapat mengedukasi sambil berlibur, selain itu Klaten juga memiliki banyak banget makanan khasnya nih dan temen-temen Selo udah merangkumnya menjadi 5 makanan khas Klaten yang wajib temen-temen cobain ketika berlibur ke Klaten!

Advertisement

1. Sego Gudangan

Photo by Instagram @ganidari_

Photo by Instagram @ganidari_ via http://instagram

Sego gudangan atau nasi gudangan salah satu makanan khas kota Klaten ini biasa ditemui di pagi hari isi dari gudangan ini adalah bayam, kacang panjang, wortel, tauge, bunga turi yang direbus. Kemudian diberi parutan kelapa yang sudah dimasak sebelumnya. Lalu ditaburi bumbu kacang pedas. Untuk lauk anda bisa pilih tahu atau tempe rebus.

2. Nasi Terancam

Photo by Instagram @annorakitchen

Photo by Instagram @annorakitchen via http://instagram

Nasi terancam makanan khas Klaten ini terdiri dari nasi dan berbagai macam sayuran mentah serta bumbu yang khas ditambah parutan kelapa dan kemangi yang membuat nasi terancam memiliki aroma yang kuat.

Advertisement

3. Sego Wiwit

Photo by Instagram @waroenghawe

Photo by Instagram @waroenghawe via http://instagram

Sego wiwit atau nasi wiwit sebenarnya merupakan suatu tradisi selamatan atau sedekah bumi yang dilakukan oleh para petani di daerah Klaten, sebagai bentuk rasa syukur untuk menyambut hasil panen padi. Seiring berkembangnya zaman kuliner ini mulai dijajakan di warung makan tradisional atau restoran, untuk melestarikan kuliner tradisional.

4. Sego Tumpang Lethok

Photo by Instagram @asliwenakiki

Photo by Instagram @asliwenakiki via http://instagram

Sego Tumpang Lethok atau Nasi Tumpang Lethok juga merupakan makanan khas Klaten, makanan ini juga terbuat dari sayuran segar dengan parutan kelapa di atasnya. Biasa ditemukan saat pagi hari dan dihidangkan dengan kurapan daun pepaya, bayam, nangka muda, daun jeruk, telur rebus, krecek, serta tak lupa koyor. Selanjutnya barulah disiram dengan kuah sambal tumpang (lethok) yang terbuat dari campuran tempe, cabai, sandan, dan lain-lain.

5. Bakmi Miroso Klaten

Photo by Instagram @miroso.bakmi

Photo by Instagram @miroso.bakmi via http://instagram.com

Bakmi miroso merupakan kuliner legendaris yang wajib kamu cicipi jika berkunjung ke kota Klaten. Makanan ini adalah salah satu makanan khas Klaten jenis chinese food yang halal.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE