Bagi sebagian orang, memelihara hewan hanyalah sebuah kesenangan belaka. Sekedar hobi katanya. Bahkan segelintir orang malah tak suka memelihara hewan dengan berbagai macam alasan.

Memang sih, sekilas memelihara hewan terkesan agak merepotkan. Bagaimana tidak, sebagai pemilik kita tak cuma berkewajiban tuk memberinya makan dan minum saja, tapi juga meluangkan waktu untuk mengajak bermain.

Belum lagi harus menyediakan anggaran untuk perawatan dan biaya ke dokter. Namun di balik semua keruwetan itu, tersembunyi banyak manfaat kesehatan dari aktivitas memelihara binatang, lho.

Beberapa manfaat ini berefek nyata pada kehidupan manusia tapi sayangnya jarang disadari. Hmm… kira kira apa saja ya itu? Kalau kamu penasaran, yuk simak artikel di bawah ini.

1. Menghilangkan Nyeri

Menghilangkan Nyeri

Menghilangkan Nyeri via https://pixabay.com

Sebuah studi dari Universitas Loyola menunjukan bahwa orang-orang yang menggunakan terapi dengan hewan peliharaan saat melakukan penyembuhan pasca operasi, merasakan tingkat nyeri yang lebih rendah dibanding mereka yang tidak. Bagaimana bisa begitu?

Advertisement

Ini karena saat berinteraksi dengan hewan peliharaan, tubuh mengeluarkan hormone endorphins. Hormon tersebut berfungsi untuk menghilangkan nyeri dan menurunkan stress pada tubuh. Jadi tak heran jika setelah bermain dengan hewan peliharaanmu, kamu merasa rileks banget.

2. Melindungi Kesehatan Jantung

Kesehatan Jantung

Kesehatan Jantung via https://www.cantikbijak.com

Menurut Asosiasi Jantung Amerika, memiliki anjing berefek kepada penurunan kolesterol, tekanan darah tinggi dan obesitas. Hal senada juga disampaikan oleh UCLA. Berdasar riset yang mereka lakukan terhadap para pasien rawat inap yang menderita penyakit jantung, Setelah melakukan waktu kunjungan selama 12 menit dengan anjing, si pasien mengalami perbaikan kondisi.

Hal tersebut bisa jadi kabar baik buat dunia kesehatan, mengingat jantung adalah pembunuh nomor satu di dunia. Dengan begitu, jumlah kasus kematian karena serangan jantung bisa diturunkan, bukan?

3. Menurunkan Gula Darah

Gula Darah

Gula Darah via https://pixabay.com

Advertisement

Berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan oleh American Diabetes Association’s Diabetes Forecast Magazines pada tahun 1992, sepertiga hewan peliharaan akan mengalami perubahan tingkah laku saat pemilik mereka mengalami penurunkan kadar gula darah. Perubahan sikap ini kemungkinan terjadi karena adanya perubahan reaksi kimia dari tubuh si pemilik hewan.

Kebanyakan hewan peliharaan yang memiliki sensitivitas tinggi adalah anjing. Tapi untuk beberapa kasus, kucing, burung dan kelinci juga bisa merasakan perubahan tersebut. Jika begini, maka para pemilik hewan bisa lebih awas terhadap kondisi kesehatannya, khususnya kadar gula.

4. Menajamkan Otak

Menajamkan Otak

Menajamkan Otak via https://pixabay.com

Siapa yang merasa otaknya mulai tumpul? Hahah…katanya sih itu gara gara kebanyakan micin, ya?! Nyatanya tak cuma micin, kemudahan dalam mengakses informasi serta bantuan beragam gadget gadget canggih membuat otak jadi kurang bekerja keras. Syukurlah, memelihara hewan bisa membantu menajamkan pikiranmu. Tahukah kamu tentang fakta itu?

Dengan memelihara hewan, otomatis pemilik jadi harus sering sering mengingat detail atau membuat keputusan berdasar masa lalu. Dengan begini, otak jadi aktif sehingga ketajamannya pun semakin terlatih.

5. Menghilangkan Stress

Menghilangkan Stress

Menghilangkan Stress via https://www.toplucu.com

Bermain dengan anjing kesayangan atau membelai kucing peliharaan sepertinya adalah hal hal yang sepele, bukan? Tapi ternyata hal hal sepele tersebut bisa berdampak besar bagi kesehatan mentalmu, lho. Memelihara hewan bisa membantu menghilangkan stress. Kok bisa?

Berdasar studi yang dilakukan di Swiss, terlihat bahwa beberapa relawan wanita menunjukan penurunan hormone cortisol setelah 15 – 30 menit bermain dengan anjing pudel. Kita tahu sendiri bahwa hormon cortisol adalah salah satu pencetus stres.

Kalau kata seorang psikolog dari London Medical Centre yang bernama Inggris Collins, memelihara hewan bisa memberikan kebutuhan dasar yang diinginkan makhluk hidup. Apa itu? Yakni mencintai dan dicintai. Saat seseorang memberi hewan peliharaannya makan dan minum, maka tak diminta biasanya si hewan akan jadi lebih menurut pada tuannya, bukan? Di situlah kebutuhan dasar itu terpenuhi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya