Bulan Ramadhan adalah momen paling baik untuk berkumpul bersama keluarga, pastinya! Namun bagaimana jika kamu seorang anak rantau yang bekerja di tanah rantau (anak kost) atau kuliah di tanah rantau? Berat dong pastinya. Iyalah. Di saat teman-teman kamu berkumpul bersama keluarga kamu, karena tuntutan pekerjaan di tanah rantau, gagal merayakan ramadhan bersama keluarga besar.

Biasanya anak kost mah mikirnya : “Duh, gimana sahurnya nih. Nggak ada mama yang masakin, males banget kudu bangun pagi, ribet.” Atau “ Mau keluar malam beli sahur di warung, ntar takut ada begal lagi”. Wah percaya deh inilah yang terbesit dalam benak anak kost. Dulu saya juga milir kayak gitu hehehe..

Berikut menu simpel dan sehat resep andalan yang dapat anak kost sajikan saat sahur tanpa perlu mikir ribet karena nggak ada mama yang masakin.

1. Omuburg

Menu resep hidangan yang muncul di drama serial A girl & Three Sweetheart simpel dan mengenyangkan ini dapat kamu buat di kost. Bayangin omelet yang lembut lalu diatasnya dituangkan saus demiglace lengkap dengan kaldu. Hmm yummy!

Bahan :

Advertisement

- stik hamburger (yang sudah jadi di supermarket)

- sayuran (bisa sesuai selera. Kalau dalam dramanya menggunakan perteseli)

- 2 butir telur ayam

Advertisement

- Garam

- Merica

- Remah roti (untuk anak kost nggak perlu kok)

. Cara memasak :

Step pertama kamu dapat mencampur telur, krim segar (kamu bisa menggunakan wippy cream yang dijual di supermarket ya), garam dan juga merica. Kocok hingga tercampur rata. Setelah itu masak di teflon. Setelah panasnya merata letakkan stik hamburger (stik ya bisa kamu panggang dulu nggak papa kok) di atasnya kemudian bungkus.

Pelan-pelan ya biar nggak sobek omeletnya. Kemudian pindahkan di atas piring dan tuangkan saus demiglace (bisa kamu beli di supermarket ya) lalu hiasi perteseli di sisi pinggirannya atau sayur sesuai selera kamu. Taraaaa… menu makanan sahur ala anak kost udah jadi. Simpel banget kan?

2. Kimbab

Jenis makanan ini mirip banget sama sushi. Bisa di katakan sushi ala Korea. Bedanya kimbab rasanya gurih dan disantap tanpa saus. Buat kamu anak kost, males banget ribet-ribet karena nggak ada mama yang mau masakin kamu ya, resep ini dapat kamu gunakan untuk sahur sehatmu.

Bahan :

- telur dadar, nuget, bakso, (sesuai selera kamu ya untuk isiannya), sosis, yang bisa kamu beli di supermarket.

- daging giling (lebih memudahkan beli aja di supermarket daging ayam giling yang setengah kilo, udah lebih dari cukup)

- Beras putih

- Ketan putih

- garam

- merica

- alat pengging manual (sukur-sukur yang punya alat sushi sendiri)

- rumput laut

Cara membuat :

Pertama-tama cuci beras putih dan ketan putih. Lalu tanak nasi dan campurkan garam serta merica.

Step kedua, kamu dapat menumis isian yang sudah kamu beli di supermarket ya. Biar agak wangi masukan merica, masako agar wanginya terasa. Kemudian letakan rumput laut di atas meja dan nasi di atasnya. Usahakan jangan banyak ya takutnya ketika banyak kamu susah ntar motongnya.

Kemudian tuangkan lagi tumisan isian di atas nasinya. Gulung perlahan-lahan. Eits, sampai lupa pakai wrapping plastic ya biar lebih rapi saat dipotong (Ini resep untuk pemula) setelah itu potong sesuai selera dan nyum-nyum, kimbab lezat untuk sahur kamu.

3. Kebab Ayam

Kebab Ayam

Kebab Ayam via https://selerasa.com

Nah, ini resep yang pastinya selalu jadi incaran anak-anak kost. Kebab adalah cemilan barat yang kaya akan gizi. Ada irisan daging serta sayuran selada, timun dan juga saus sambel dan mayo. Kali ini saya akan memberikan resep kebab ayam yang mudah, simpel dan dijamin menyehatkan.

Bahan :

- tortilla

- ayam fillet

- tomat cherry (tomat biasa juga nggak apa-apa kok)

- irisan timun (Nggak usah banyak ya)

- saus sambel

- mayones

Cara membuat :

Rebus ayam fillet kemudia diiris tipis-tipis kemudian tuang ayam filet yang sudah diirisi ke atas tortilla. Canpur dengan irisan tomat, selada dan juga irisan timunnya yang sebelumnya dicampur dengan sambel dan mayones. Bungkus tortilanya panggang di atas teflon hingga kecoklatan. Tara, kebab ayam dapat kamu santap selagi masih hangat.

4. Bread toast Avocado

Bread toast Avocado

Bread toast Avocado via https://myrecipes.com

Wahai anak kost, inilah menu sarapan yang sebenarnya paling simpel dan nggak mengeluarkan banyak tenaga. Cukup bikin kenyang juga.

Bahan :

1 buah alpukat

1 butur telur

1 slice roti tawar (sari roti di sypermarket)

Mentega

Persteli (nggak ada juga nggak apa-apa)

Cara membuat :

Hancurkan alpukatnya kemudian spreed alpukat di atas roti yang sudah di panggang lalu letakan telur yang digoreng di atas roti yang diolesi alpukat kemudian taburi dengan persteli (nggak ada juga nggak apa-apa)

Jeng.. jeng! Tinggal lahap untuk sahur kamu.

5. Overbight oat

Overbight oat

Overbight oat via https://id.pinterest.com

Buat kamu anak kost, yang ingin diet saat bulan puasa. Bisa aja sih. Cobain deh menu sahur sehat . buat sendiri makanan yang wajib dikonsumsi bagi mereka yang lagi program diet.

Bahan :

8 sdn oat

2 sdn masu

2 sdm pure milo

4 keping oreo

1,5 gelas air hangat

1,2 buah naga potong dadu

Cara membuat :

Blender semua bahannya kecuali buah naga ya. Setelah kamu blender masukan di dalam waadah setengah aja. Kemudian tuangkan potongan buah naga di atasnya. Tutup rapat dan masukan dalam freezer. Hidangkan saat makan sahur ya. Gimana menyehatkan bukan?

Itulah 5 resep mudah, simpel untuk sahur kamu anak kost yang jauh dari rumah dan masakan mama ya. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba..

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya