Bulan Ramadhan yang hanya datang setahun sekali, jangan sampai terganggu oleh perasaan-perasaan negatif, seperti kesal yang berlama-lama, marah, apalagi rasa dendam.

Meski kita sebagai manusia, wajar mengalami berbagai emosi itu dalam kehidupan ini, sudah saatnya kita mulai melangkah untuk mengubah diri menjadi lebih baik lagi. Dan momennya, adalah di bulan Ramadhan ini. Jika kamu seorang yang bertekad untuk menjadi lebih baik lagi, bersyukurlah karena kamu beruntung untuk bisa mengikuti nasihat-nasihat indah dari para alim ini:

1. Daripada menggerutu, ada baiknya kamu bersyukur karena masih bisa bertemu dengan bulan puasa di tahun ini

Selalu merasa bersyukur

Selalu merasa bersyukur via https://favim.com

Bersyukur menjadi nilai utama seorang muslim. Bersyukur dan sabar adalah saling berkaitan erat, karena jika kita mampu untuk bersyukur dalam setiap keadaan maka kita juga mampu bersabar melewati keadaan itu.

Selain ini akan mendidik kita menjadi lebih baik lagi, juga dijanjikan pahala yang besar untuk orang yang selalu bersyukur dan bersabar. Jadi beruntunglah orang-orang yang menjaga rasa syukur dan sabarnya.

2. Manfaatkan waktumu dengan berbuat kebaikan, meski sederhana dan dilakukan bersama teman

Menyayangi dan mendukung teman dalam kebaikan

Menyayangi dan mendukung teman dalam kebaikan via https://hdfootagestock.com

Advertisement


Anyone can be a friend in the sun. Show me a friend in the rain, and I'm impressed.."

(Yasmin Mogahed)


Teman, tidak hanya untuk bersenang-senang saja. Tapi juga ada saat kita terjatuh, dan saling menyemangati dalam kebaikan. Karena yang kita butuhkan adalah rasa sayang yang tulus, nasihat yang lembut, dan itulah yang akan membekas dalam diri kita dari seorang teman yang baik.

Advertisement

Begitu juga diri kita yang memperlakukan teman dengan baik, itu akan memberinya semangat lebih dalam hidup.

3. Belajar menerima dan menyayangi diri sendiri, supaya di bulan-bulan berikutnya kamu lebih mawas diri

Menerima dan menyayangi diri sendiri

Menerima dan menyayangi diri sendiri via https://www.islampos.com

Seperti kata banyak quotes, "be yourself" atau jadilah dirimu sendiri. Tapi bagaimana cara untuk menjadi diri sendiri?

Jika kamu menyayangi orang lain, maka jangan lupa untuk menyayangi dan mengapresiasi dirimu juga. Dengan begitu, kamu akan mampu menerima dirimu sendiri dan menjadi lebih kuat dalam menyayangi orang lain.

4. Perlahan, lupakan kesalahan dan rasa dendam di masa lalu supaya ibadahmu kali ini makin afdol

belajar memaafkan teman

belajar memaafkan teman via https://today.line.me

Oke, siapa bilang memaafkan itu mudah? Karena itulah pahalanya dijanjikan besar sekali oleh Allah SWT, apalagi di bulan Ramadhan ini.

Tapi jika dirasa terlalu sulit karena masih terasa sakit perlahan, cobalah untuk beristighfar, memikirkan betapa baiknya Tuhan kita yang mau menerima kita kembali meski kita sudah menyakitiNya berkali-kali, bukankah itu luar biasa?

Lalu.. maukah kita untuk menunjukkan kebaikan yang dititipkan olehNya dalam diri kita, untuk mulai memaafkan orang lain di bulan yang mulia ini?

5. Perbanyak berdo'a serta meminta ampunan adalah hal paling gampang yang bisa dilakukan, supaya kamu menjadi manusia hebat di masa depan!

Bertawakkal pada Allah dalam setiap urusan kita

Bertawakkal pada Allah dalam setiap urusan kita via https://dumbosdiary.com

Masalah dalam hidup memang tidak pernah ada habisnya. Bahkan jika kita berhasil melewati masalah yang ringan, maka naiklah level masalah itu menjadi lebih berat lagi, dan seperti itu seterusnya hingga seluruh amalan kita terkumpul di hari hisab nanti.

Tapi, sesuai janji Allah SWT. Bahwa Dia tidak akan menguji hambaNya di luar kesanggupannya. Jadi, bertawakkal dalam setiap urusan kita adalah jalan untuk melepaskan masalah pada yang Maha Memiliki jalan keluarnya.


You put your head on the ground. And in that moment, everything was okay.

(Yasmin Mogahed)


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya