5 Rekomendasi Kuliner Lezat Ini Wajib Anda Coba Saat Berkunjung ke Wonosobo!

Lezatnya menyantap makanan khas wonosobo sambil merasakan suhu dingin kaki pegunungan

Kabupaten Wonosobo memang terkenal dengan suhu udaranya yang dingin, sehingga tidak aneh apabila banyak kuliner yang ditawarkan.  Kuliner khas Wonosobo yang unik dan lezat banyak diburu oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Bahkan banyak masyarakat luar kota yang sengaja datang langsung ke Wonosobo untuk mencicipi berbagai kuliner khas yang hanya bisa ditemui di kabupaten dengan berbagai objek wisata baru ini.

Jika datang ke Wonosobo belum pas rasanya apabila belum mencicipi berbagai makanan yang tentunya membuat lidah bergoyang. Selain itu Anda juga bisa membelinya untuk buah tangan sanak keluarga di rumah loh. Penasaran kan apa saja kuliner lezat khas Wonosobo yang wajib dicoba? Berikut 5 kuliner khas Wonosobo yang wajib dicoba ketika Anda berkunjung.

Advertisement

1. Mie Ongklok

Mie Ongklok

Mie Ongklok via http://google.com

Kuliner asli Wonosobo yang wajib dicoba adalah Mie Ongklok. Mie ongklok sebenarnya sama dengan mie pada umumnya namun yang membedakan adalah cara penyajiannya. Satu porsi terdiri dari mie, kobis, kol, dan daun kucai. Semua bahan tersebut direbus dan kemudian disiram dengan kuah kental berbahan dasar tepung kanji yang sudah diberi bumbu. Rasanya yang manis dan gurih biasanya disajikan bersama sate ayam atau sate sapi. 

Harga perporsinya juga cukup murah yaitu sekitar 9 ribu rupiah. Tidak hanya orang Wonosobo saja yang suka dengan mie yang satu ini, tetapi banyak orang yang datang dari luar kota dan ketagihan akan kelezatannya. Tidak sulit untuk menemukan kuliner yang satu ini karena banyak pedagang yang menjajakannya di warung pinggir jalan.

Advertisement

2. Nasi Megono

Nasi Megono

Nasi Megono via http://google.com

Nama Nasi Megono memang sudah sangat terkenal di Wonosobo, makanan yang terdiri dari campuran nasi, sayuran, dan ikan teri ini memiliki banyak peminat. Nasi putih yang dicampur dengan sayuran yang dipotong kecil serta racikan bumbu yang khas ditambah ikan teri yang gurih memang sangat menggoda selera.

Apalagi dinikmati ketika lapar dan kedinginan di Kota Wonosobo. Biasanya Nasi Megono lengkap disajikan bersama Tempe Kemul dan Gebleg.

3. Tempe Kemul

Advertisement
Tempe Kemul

Tempe Kemul via http://google.com

Makanan lain yang juga bisa anda coba ketika wisata kuliner di Wonosobo adalah tempe kemul. Kemul adalah istilah dalam Bahasa Jawa yang berarti selimut. Makna kemul pada makanan ini adalah tempe yang digoreng dengan balutan tepung. Mungkin banyak yang mengira tempe kemul adalah tempe mendoan biasa, namun tempe khas Wonosobo ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu taburan kucai yang menyelimuti dan bentuknya yang renyah. 

Meski makanan ini banyak kita temukan dimana saja, namun ketika anda menyantapnya di Kota Wonosobo yang bersuhu dingin pasti akan lebih nikmat. Tempe kemul banyak dijual oleh pedagang gorengan di pinggir jalan dan harganya pun sangat terjangkau.

4. Manisan Carica

Manisan Carica

Manisan Carica via http://google.com

Carica merupakan buah khas dari dataran tinggi Dieng. Buahnya memang berbentuk mirip dengan pepaya, namun ukurannya lebih kecil. Carica hanya bisa tumbuh di kawasan Dieng saja dan biasanya buah carica diolah menjadi manisan, keripik, dodol, hingga sirup.

Untuk menemukan olahan cacica juga tidak susah karena saat ini banyak toko oleh-oleh yang menjual olahan buah tersebut di sepanjang kawasan Wonosobo. Harganya juga cukup terjangkau mulai 16 ribu rupiah perbox dengan isi 6 cup di dalamnya.

5. Sagon Bakar

Sagon Bakar

Sagon Bakar via http://google.com

Makanan terakhir yang juga khas dari Wonosobo adalah sagon. Makanan ini termasuk makanan tradisional yang masih bertahan hingga saat ini. Bahan utamanya yaitu tepung sagu yang dicampur dengan parutan kelapa dan gula. Cara memasaknya pun cukup sederhana yaitu dengan cara dipanggang diatas arang yang membara.

Bentuknya yang bulat dan tebal, sagon sangat nikmat dimakan ketika hangat. Pedagang sagon juga cukup mudah ditemukan di pinggir jalan raya dan tentunya dengan harga yang terjangkau.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini