Aku terkadang sering kali berpikir kenapa ya seseorang mempunyai kegiatan yang harus terus-menerus dikerjakan. Yap, bisa dibilang rutinitas. Hal yang dimana dalam diri manusia setelah melakukan sekali atau sebuah karena peraturan harus dijalankan. Rutinitas itu sendiri pun bahkan bisa jadi motivasi untuk manusia lainnya, lho!

Kamu sadar nggak sih terkadang kamu juga berpikir

“Kok dia bisa bangun jam 5 pagi terus, gue kok nggak bisa?

Teman-teman percaya deh kamu juga bisa seperti mereka yang selalu bangun pagi, caranya dengan ubah pola rutinitas kamu menjadi lebih baik dan produktif. Yuk simak rutinitas yang bikin kamu lebih produktif esok hari!

Pergerakan manusia dan kegiatan manusia tercipta dari kebiasaan kita, mulai dari bangkitkan tubuh hingga merebahkan tubuh ke tempat favorit.

1. Berpikir kembali kegiatan hari ini

Check schedule

Check schedule via https://www.google.co.id

Kalo aku pribadi biasanya meluangkan waktu beberapa menit untuk berpikir. Tentang hal yang aku kerjakan tadi di kantor, atau sudah seproduktif apa sih aku hari ini dan aku sudah berbuat kebaikan apa dengan sesama. Berpikir seperti ini buatku agak penting ya, karena bisa menjadi tolak ukur untuk ke hari-hari yang kita akan jalani bahkan hari esoknya bisa lebih bermanfaat lagi.

2. Membaca buku

Reading book

Reading book via https://www.google.co.id

Advertisement

Baca buku mulai dari pembahasannya ringan dan berat ini jadi rutinitas aku banget!

Aku suka sekali dengan baca buku. Kalau harus memilih mencium makanan mewah atau wangi buku, jelas aku akan memilih buku. Teman-teman coba deh luangkan waktu sekitar 1 jam saja untuk membaca buku setiap harinya. Sungguh rutinitas ini nggak akan bikin otak kamu karatan sampai kamu tua jika kamu rutin membaca ya!

Rutinitas ini juga bisa menambah wawasan pola pikir kita dan menumbuhkan kedewasaan dalam pikiran kita lho!

3. Membuat jadwal penting untuk besok

Write schedule

Write schedule via https://www.google.co.id

Advertisement

Kamu ngerasa kalo jadwal kamu padat banget?
Bahkan jam makan siang aja suka telat atau lupa?

Yap! Rutinitas ini akan sangat sangat penting bagi kamu yang super duper sibuk. Selain membantumu mengukur prioritas, dengan kamu membuat list apa saja yang akan dikerjakan besok itu sangat membantu dirimu menyeselesaikan satu per satu hal yang harus dikerjakan. Kamu juga jauh lebih siap dan kerjaan kamu nggak berantakan.

4. Family time

Di sela-sela kesibukanmu jangan lupa berikan waktu untuk keluarga ya teman-teman!

Jika kamu mempunyai papa-mama, kakak-adik atau suami-istri, please luangin waktu untuk berbincang atau sekedar menemani dan membantu mereka. Lepaskanlah pikiran yang sudah membuat kamu pusing-pusing karena kerjaan atau kuliah seharian tadi.

Karena harta yang paling berharga adalah keluarga!

5. Berdoa atau Meditasi

Ini dia rutinitas terakhir! Rutinitas yang nggak boleh ketinggalan buat aku, kenapa? Kita sebagai manusia yang diciptakan oleh Tuhan harus terus-menerus bersyukur. Dengan demikian pikiran kamu nggak lagi stres, lebih santai dan membiarkan hati kita terbuka. Hal itu akan membuat kamu lebih fresh untuk tidur dan siap bangun lebih pagi serta lebih produktif.

Nah, sudah siapkah kamu bikin esok hari lebih on fire lagi? Semoga tulisan ini bermanfaat, semoga masa depan cerah yang nantinya kamu dapat~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya