Tahukah teman-teman seragam kantor kerja memiliki banyak fungsi yang bermanfaat bagi perusahaan dan karyawannya? Boomingnya tentang starup (Bisnis dunia teknologi) dan Entrepreneurship membuat banyak Entrepreneur berlomba-lomba menunjukkan taring perusahaanya. Tetapi banyak Entrepreneur yang kebanyakan tidak punya basic ilmu tentang dunia bisnis sehingga kadang-kadang bingung dalam memasarkan prodak atau bisnisnya.

Kebanyakan Entrepreneur ini fokus kepada membuat prodak (prodak yang keren) saja dan ilmu bisnis terutama pemasarannya sering di nomer dua kan sehingga ini yang menjadi kendala membuat bisnis mereka tidak berjalan lancar atau stagnan.

Sedikit tips namun ampuh ilmu pemasaran tentang branding. Setelah teman-teman membuat produk atau perusahaan sebaiknya hal yang tidak kalah penting dilakukan adalah membuat seragam kantor kerja, kenapa? Karena ini memiliki banyak manfaat namun low budget.

Pertama berfungsi sebagai branding, branding adalah keterlihatan kalau kata Mas Jayasetiabudi, semakin terlihat semakin baik. Seragam Kantor akan menjadi solusi pertama yang tepat dalam proses branding karena dari keterlihatan perusahaan anda sudah terlihat dengan baik. Ketimbang anda harus membuat kantor dahulu yang harus mengeluarkan budget besar namun keterlihatannya kurang bagus.

Kedua sebagai Iklan berjalan. Tahukan bahwa iklan adalah kebutuhan dasar dalam pemasaran. Karena iklan secara sederhananya berfungsi menyampaikan pesan tentang perusahaan terutama produk anda. Tanpa iklan tentu orang atau target konsumen kita tidak akan tahu tentang keberadaan produk kita. Nah daripada kita iklan pasang baliho yang budget tentu besar dengan seragam kantor kerja akan lebih efektif karena semakin kita pakai setiap hari semakin banyak tahu, cukup kita sering jalan-jalan saja lebih low budget kan?

Ketiga berfungsi sebagai perlindungan. Ya memang secara basicnya berfungsi perlindungan panas atau kotoran. Namun maksudnya adalah ketika karyawan atau tim perusahaan memakai seragam kerja kantor maka secara tidak langsung seragam kantor kerja tersebut memiliki fungsi menjaga kita dari pihak orang tertentu. Karena seolah nama perusahaan di seragam kantor kerja kita melindungi, seperti kita langsung takut atau segan melihat seragam polisi, atau kagum ketika melihat seragam wartawan, Padahal kan hanya seragam tapi seolah melindunginya.

Dan masih banyak fungsi seragam kantor kerja lainnya yang sangat bermanfaat untuk perusahaan kita, Nah itulah mengapa seragam kantor kerja menjadi salah satu yang harus diprioritaskan. Nah seragam kantor pun haruslah tidak sembarangan dibuat, Kenapa? Karena seragam kantor akan dipakai hampir setiap hari sehingga haruslah kuat, nyaman dan stylist. Kuat dan nyaman tentu hal yang wajib karena jika tidak kita tidak akan betah ketika memakainya. Lalu kenapa harus stylist? Tentu agar di lirik orang karena tujuan awal disana (iklan berjalan) dan dengan stylist membuat pemakainnya semakin percaya diri.

Biar tidak bingung dalam membuat seragam kantor. Berikut 5 seragam yang bisa kamu jadikan referensi:

1. Seragam Trans TV

SERAGAM TRANS TV via http://www.bayuwin.com

Jika ditanya tentang seragam keren yang pertama kali ada di Indonesia mungkin jawabanya saya adalah seragam Trans TV. Kenapa? Karena dari sinilah anak-anak muda dan teman-teman saya bilang "wah keren ya kerja di Trans TV". Ini penyebanya tentu tidak lain karena proses branding Trans TV dulu oleh Wishutama berhasil.

Bagaimana pakaian serba hitam memakai dan memegang atribut televisi kemudian mondar-mandir di acara televisi yang sengaja disorot televisi. Kemudian pegawainya yang relatif masih muda, ketika cewe pakai seragam Trans TV makin cantik dan cowo makin gagah. Ini seperti polisi di film holywood saja.

Hal pertama yang bisa ditiru dalam membuat seragam kantor kerja dari seragam Trans TV adalah pilihlah warna-warna yang kuat seperti hitam karena akan menimbulkan kesan elegan bukan warna yang nanggung karena akan menimbulkan kesan kusam.

2. Seragam Net TV

Advertisement

SERAGAM NET TV via http://www.bayuwin.com

Tidak jauh berbeda dengan seragam Trans TV, seragam Net TV pun memiliki konsep yang hampir sama karena dibalik CEO nya sama pula, Ya Wishutama. Namun konsep seragam Net TV ini lebih segar dan inovatif. Seragam Net tidak segan-segan dalam membuat seragam kantor kerjanya mereka membuat atribut mulai dari atas sampai bawah.

Yang mencolok disini seragam warnanya lebih cerah yaitu biru navy namun kesan elegannya masih tetap dapat ditambah inovasi tali kancing di lengan membuat makin cantik. Kemudian Inovasi lainnya adalah membuat jenis celana chino cukup ngetat menjadi seragam kantornya, Ini sangatlah tidak mainstream.

Nah hal yang harus ditiru dari seragam Net TV adalah jangan ragu untuk membuat inovasi dari mainstream tapi jangan lupa juga tidak menghilangkan unsur elegannya. Karena stylist dan elegan itu yang diharapkan dari seragam Net TV.

3. Seragam PDL (Pakaian Dinas Lapangan) Net TV

SERAGAM PDL NET TV via http://www.wendihutagaol.com

Tidak lengkap tentunya membahas seragam tapi tidak membahas seragam lapangannya pula. Lagi-lagi saya kepincut dengan seragam lapangan Net TV. Inovasi seragam PDL Net TV patutlah kita ditiru dengan inovasi saku miring di dada, Plus saku di kedua lengan membuat tampilan jadi beda saja.

Warna seragam lebih gelap ditambah model seragam seperti jaket membuat seragam PDL Net TV ini kelihatan kece saja. Ya, Tetap stylist dan elegan. Perpaduan gaul namun tetap sopan.

4. Seragam Bea Cukai

seragam bea cukai via http://garmenstudio.com

Jika di atas kalangan perusahaan swasta semua, Kali ini di kalangan dinas (Pemerintahan). Salah satu seragam dinas yang layak ditiru adalah seragam Bea Cukai. Seragam Bea Cukai memiliki konsep yang sama seperti seragam Trans TV dan seragam Net TV yaitu elegan.

Namun yang membedakan seragam Bea Cukai terlihat lebih rapih dan agak klasik sehingga ini memang cocok untuk seragam dinas pemerintahaan karena banyak orang lebih berumur di kantornya. Sehingga orang-orang berumur tidak aneh memakainya.

5. Seragam Honda

Seragam Honda via http://www.bayuwin.com

Jika sebelum-sebelumnya hanya satu warna, Jika teman-teman ingin banyak kombinasi warna atau variasi, seragam Honda adalah jawaban yang tepat. Seperti seragam Honda yang Warna putih adalah warna dasarnya. Warna putih adalah warna seragam yang cocok dikombinasikan. Karena warna putih memiliki aura tersendiri seperti aura tenang, cerah, ceria namun kesan elegannya tetap dapat.

Kemudian warna putih bisa cocok dikombinasikan warna lainnya yang cerah pula seperti warna merah, biru, kuning hingga warna terang seperti pink. Jadi ini bisa solusi yang ingin seragam tetap elegan namun ada warna terangnya.