Listrik merupakan salah satu kebutuhan hidup kita saat ini. Setiap hari banyak peralatan dan kebutuhan aktivitas kita yang menggunakan daya listrik untuk dapat bekerja. Misalnya komputer, mesin cuci, tv dan alat-alat lain yang berguna untuk memudahkan segala pekerjaan kita. Manfaat yang paling kita rasakan dari listrik adalah dapat menyalakan lampu, tanpa penerangan kita akan hidup dalam gelap setiap malamnya. Semua aktivitas di malam hari menjadi terbatas bahkan tidak bisa dilakukan, itulah mengapa kita harus bersyukur sudah mendapat aliran listrik.

Meski begitu, kita juga tidak boleh boros menggunakan listrik. Bijak dalam menggunakann benda-benda elektronik dapat membuat pengeluaran listrik lebih rendah serta memberikan kesempatan kepada orang-orang yang tempat tinggalnya belum terjangkau listrik. Nah untuk menghemat pemakaian listrik harian kamu, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dicoba.

1. Listrik token

Metode pembayaran listrik menggunakan token memang tergolong baru di Indonesia. Meski untuk beberapa orang cukup merugikan, namun ternyata metode ini juga bisa membuat kamu lebih cermat menggunakan barang elektronik. Dengan menggunakan listrik token ini, kamu bisa meninjau kembali peralatan eletronik apa yang bsia dikurangi penggunaanya untuk menurunkan pengeluaran. Selain itu pembayarannya cukup mudah karena memiliki prinsip kerja layaknya pulsa handphone.

2. Lepas stop kontak yang tidak digunakan

Kalau sudah tidak digunakan, lepas socket dari stop kontak dan jangan sampai bertumpuk gini via http://bouldenbrothers.com

Stop kontak yang secara terus menurus tertancap akan mengalirkan daya listrik dan akhirnya terbuang. Biasanya kasus ini sering terjadi untuk charger ponsel, karena malas melepas dan dianggap aman jadi terus menancap. Padahal dengan begini listrik akan terus mengalir sia-sia, jadi biasakan untuk melepas charger atau benda elektronik lainnya jika tidak digunakan untuk mengurangi pemborosan listrik.

3. Gunakan lampu LED

Advertisement

Meski sedikit lebih mahal, lampu LED lebih awet dan hemat energi via http://ieslightlogic.org

Saat ini teknologi lampu juga semakin maju untuk meningkatkan efisiensi penggunaan listrik. Lampu berjenis LED menggunakan daya listrik yang relatif kecil namun memiliki cahaya yang tidak kalah terang. Selain itu lampu LED juga tergolong lebih awet, meskipun harganya sedikit lebih mahal dari lampu fluorescent atau lampu pijar. Selain itu Kamu juga bisa memaksimalkan bukaan rumah seperti jendela dan angin-angin untuk menerangi ruangan rumah disiang hari menggunakan cahaya matahari, jadi disiang hari kamu tidak perlu menyalakan lampu.

4. Sesuaikan suhu AC dengan luas ruangan

Gunakan AC hemat energi agar lebih efisien via https://samsunghvac.com

Bagi kamu yang menggunakan pendingin ruangan atau AC di rumah, pilihlah yang memiliki teknologi hemat daya dan mampu menyesuaikan suhu dengan ruangan. Selain itu saat menyesuaikan suhu AC, perhatikan besar ruangan dan jumlah orang yang berada di dalam ruangan agar konsumsi listrik AC menjadi lebih efisien. Rata-rata produsen AC saat ini sudah membekali AC nya dengan teknologi hemat daya serta ramah lingkungan, jadi kamu tidak akan terlalu pusing saat memilihnya.

5. Gunakan mesin cuci secara efisien

Gunakan mesin cuci secara efisien untuk menghemat energi via https://www.lg.com

Mesin cuci sudah menjadi alat elektonik wajib untuk sebagian rumah. Mesin ini akan memudahkan aktivitas mencuci pakaian sehari-hari, terlebih saat ini sudah ada mesin cuci otomatis yang jauh lebih simpel penggunaannya. Namun untuk tujuang menghemat daya, gunakan mesin cuci hanya untuk mencuci pakaian yang cukup banyak. Jika Anda hanya mencuci dua sampai tiga lembar pakaian saja, lebih baik mencucinya dengan cara manual saja.

Hemat listrik sama dengan sayang dengan bumi, daripada menyesal nanti yuk, hemat listrik dari sekarang.