Powerbank merupakan salah satu pelengkap atau aksesori gadget yang sangat dibutuhkan saat ini. Bagaimana tidak, fungsi powerbank sangat penting untuk mengisi daya gadget di saat-saat penting. Pasti kamu juga punya kan powerbank, biasanya banyak digunakan untuk mengisi baterai smartphone saat sedang dalam perjalanan.

Power bank sendiri saat ini diproduksi dengan banyak varian kapasitas, fitur dan tentunya harga. Semua itu ditujukan untuk masing-masing kebutuhan konsumen untuk mengisi daya perangkat elektroniknya. Meski praktis, powerbank termasuk benda yang cukup ringkih dan memerlukan perlakukan tertentu agar tidak gampang rusak.

Nah berikut ini beberapa cara merawat powerbank agar tidak cepat rusak, terlepas dari merek powerbank yang juga menentukan masa pakainya.

1. Jangan sering diisi ulang

Perhatikan waktu charge power bank via https://www.razerzone.com

Perlu diingat, bahwa powerbank tidak boleh terlalu sering diisi ulang. Meski kegunaannya untuk mengisi ulang baterai gadget, tetapi tidak boleh digunakan terlalu sering. Powerbank saat ini menggunakan bateri berjenis Lithium Ion dan Lithium Polimer. Masih masing bateri memiliki siklus isi ulang tersendiri, yakni 500 kali isi ulang untuk Lithium Polimer dan 1000 kali isi ulang untuk Lithium Ion. Setelah melewati siklus isi ulang tersebut maka daya power bank akan lebih cepat habis dan kemampuan mengisi daya ke gadget semakin lambat.

2. Isi ulang saat daya rendah

Charge saat daya baterai rendah via http://www.zdnet.com

Biasanya powerbank berkualitas menyediakan indikator daya beterai yang tersisa. Nah kamu harus memperhatikannya untuk menjaganya tetap awet. Di saat indikator powerbank kamu memasuki fase low, segera isi ulang baterai powerbank kamu.

3. Jangan isi daya terlalu lama

Advertisement

Jangan terlalu lama charge power bank via https://9to5mac.com

Layaknya baterai smartphone yang dapat rusak jika diisi terlalu lama, begitu pula dengan baterai powerbank. Jika proses isi ulang kamu lakukan terlalu lama, misal kamu meninggalkannya semalaman untuk di cas, hal ini akan membuat baterai powerbank kamu cepat rusak. Akan lebih baik jika sudah penuh langsung di cabut dari charger-nya.

4. Jangan gunakan di tempat panas

Sebaiknya gunakan power bank di luar tas via https://thegadgetflow.com

Banyak dari kita yang menggunakan powerbank dan menaruhnya di tas. Di dalam tas powerbank yang sedang melakukan tugasnya akan mengeluarkan panas yang lebih tinggi dibanding jika diletakkan di tempat terbuka. Panas yang berlebihan pada powerbank ini akan membuat baterainya cepat rusak. Jadi usahakan untuk menggunakan powerbank di tempat yang terbuka agar mendapatkan sirkulasi udara yang lancar dan mencegahnya overheat.

5. Jangan terbentur

Bila perlu, gunakan pouch untuk melindungi power bank via http://henpon.top

Ada beberapa komponen sensitif di dalam power bank yang mungkin saja rusak saat terkena benturan. Oleh karena itu letakkan atau pegang powerbank dengan baik agar tidak terjatuh atau terbentur benda keras lain yang mungkin saja akan merusak komponen powerbank. Anda juga bisa menggunakan pouch khusus powerbank untuk menyimpannya sekaligus meredam benturan pada powerbank.

Yuk! rawat powerbank-mu biar tidak rusak dan bermanfaat lebh lama.