5 Tips Biar Hidup Nggak Sekedar Buat Nunggu Gajian

Capai kebebasan finansial dengan cara spesial

Pernah gak sih, kamu ngerasa hidup cuma nunggu gajian. Mau beli ini itu “nunggu gajian dulu ya”. Rasanya kehidupan satu bulan ditentukan dari gajian. Bahkan sebelum jatuh tempo gajian bulan selanjutnya, gajian bulan ini sudah menipis. 

Bulan genap sebulan, sudah mulai pinjam sana-sini untuk memenuhi kebutuhan hidup. Apa yang salah? Kebutuhan yang meningkat? atau manajemen keuangan yang tak tepat? Coba evaluasi kembali, siapa tahu ada yang tak tepat dalam menggunakan uang gajian dalam sebulan. 

Nah, biar hidup gak cuma nungguin gajian, biar kita tetap bisa memenuhi kebutuhan tanpa harus nunggu gajian bulan depan, tips berikut bisa kamu terapkan. 

Advertisement

1. Buat Pos untuk Gajianmu

pos pengeluaran

pos pengeluaran via https://pixabay.com

Pertama, kamu perlu membuat pos untuk gajianmu. Bagi pendapatanmu ke dalam pos-pos sesuai kebutuhanmu. Misalnya, untuk bayar hutang, bayar cicilan, bayar kost, uang makan, uang liburan, kirim ke keluarga, nabung, dan sebagainya. Setiap orang bisa saja memiliki pos yang berbeda-beda dengan nominal yang berbeda pula. 

2. Pastikan Pengeluaranmu sesuai Nominal dalam Setiap Pos-nya

pengeluaran sesuai pos

pengeluaran sesuai pos via https://pixabay.com

Yuk kita belajar untuk mengeluarkan uang sesuai dengan nominal yang sudah kita pos-kan. Misalnya, untuk pos uang jajan kamu memberinya Rp 500.000/ bulan. Bagaimana pun caranya, uang jajan sebulan tidak boleh lebih dari Rp 500.000. 

Advertisement

 

3. Miliki Standar Prioritas Versimu Sendiri

miliki prioritas

miliki prioritas via https://pixabay.com

Mulai sekarang, milikilah standar prioritas versimu sendiri. Jangan biarkan gaya hidup orang lain mempengaruhi gaya hidupmu sepenuhnya. Kamu harus bisa tetapkan prioritas kebutuhan yang harus kamu penuhi. Sehingga pengeluaranmu tidak dipengaruhi oleh pengeluaran orang lain. Saat orang lain membeli barang X, kamu tidak ikut terpengaruh membelinya, karena kamu tahu barang X bukan barang prioritasmu. 

4. Tidak Berhutang

Advertisement
tidak berhutang

tidak berhutang via https://pixabay.com

Semakin banyak hutang, semakin cepat pula gajianmu hilang untuk membayar hutang. Jika kamu memiliki hutang, segera lunasi dan sebisa mungkin melunasi hutang bukan dari hasil pinjaman pihak lain. Jangan sampai kamu “gali lubang tutup lubang”. 

Jika sudah tidak memiliki hutang, kontrol pengeluaranmu, sehingga kamu tidak harus berhutang lagi untuk memenuhi kebutuhanmu. Apabila harus mengeluarkan banyak uang untuk kebutuhan darurat, gunakan tabunganmu terlebih dahulu. Atau meminjan dari pihak lain dengan bunga rendah. 

5. Gunakan Pendapatanmu untuk Kebajikan

Percaya atau tidak, ketika kita menggunakan sebagian pendapatkan kita untuk kebajikan, misalnya berdana, kondisi finansial justru semakin lancar. Saat kita kesulitan, akan ada orang-orang baik yang mau memberikan bantuan. Hukum karma senantiasa berlaku, dimana penabur benih kebajikan akan mendapatkan buah yang baik pula. 

Tidak harus membeli barang mewah untuk menunjukkan hidupmu sejahtera secara finansial. Tetapi, dengan tidak memiliki hutang dan bisa memenuhi kebutuhan tanpa nunggu gajian, bukti bahwa kebebasan finansial secara sederhana mulai bisa kamu rasakan. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang full-freelancer penulis artikel website. Introvert. Pecinta drama Korea. Punya cara balikin mood dengan minum kopi hangat.

CLOSE