5 Tips Mudah untuk Kamu yang Ingin Jadi Food Blogger

Ulasan makanan dan minuman tak harus yang mahal, tapi juga harus detail dalam menyampaikannya.

Tak sedikit anak-anak zaman now yang suka meninggalkan komen di akun blog dan sosial media food blogger mengenai keinginan mereka untuk mengikuti jejaknya. Namun, kebanyakan bertanya-tanya tentang bagaimana memulai karir sebagai food blogger dan apakah harus mengulas sesuatu yang mahal?

Jawabannya adalah foto atau videokan setiap makanan yang kamu makan. Ulas singkat di kepala atau stories lalu lanjutkan lebih jauh di blog. Ulasan makanan dan minuman tak harus yang mahal, tapi juga harus detail dalam menyampaikannya.

1. Jangan takut mencoba segala jenis makanan

Advertisement

Salah satu hal yang paling penting adalah berani mencoba segala jenis makanan. Saat ini ada banyak sekali makanan yang dibuat dari campuran bahan-bahan yang menarik, seperti mie gulung atau ayam dengan saus rasa coklat. Ada juga makanan yang memiliki tingkat kepedasan yang normal sampai luar biasa pedas.

Namun saat mencoba makanan yang di luar kebiasaan, pastikan kalian sudah mempersiapkan diri dengan kemungkinan yang ada ya. Misalnya ajak teman kalau tidak begitu doyan dengan menunya, jadi bisa sharing atau bawa obat pencuci perut saat terpaksa harus mengulas banyak tempat di satu hari.

2. Potret makanan dengan angle menarik

Terkadang saat melihat makanan dari sudut tertentu bisa membuat perut langsung merasakan sinyal lapar. Maka dari itu penting juga memiliki ilmu dasar “food photography” yang sudah banyak diajarkan para bloger lain maupun pecinta kuliner di sosial media. Mengabadikan foto makanan agar terlihat enak dipandang dan membuat liur menetes bisa dilakukan dengan hanya menggunakan smartphone lho!

Advertisement

Jika memungkinkan beri tambahan aksesori pendukung agar foto terlihat menarik, dan pastikan jangan membelakangi cahaya. Jangan terlalu banyak mengedit warna pada makanan.

3. Jujur dalam memberikan ulasan

Saking banyaknya blogger maupun food reviewer di sosial media, pastikan kamu memiliki perbedaan yang bisa membuat mereka menikmati tulisanmu. Jujur dalam memberikan ulasan rasa makanan yang kalian cicipi sangatlah penting. Jangan hanya mengulas poin plusnya, tapi berikan juga kritik membangun jika memang dibutuhkan. Namun, perlu diberitahukan juga bahwa setiap orang memiliki selera yang berbeda, jadi pintar-pintarlah dalam memilih kata.

Tulis juga bagaimana pandangan pertamamu saat masuk ke dalam tempat makan tersebut, apakah lokasinya mudah ditemukan dari jalan besar? Bagaimana tempat parkir dan apakah tempatnya besar atau kecil.

Advertisement

4. Jangan lupakan detail yang ingin ditonjolkan dalam ulasan tersebut

Biasanya jika ada ulasan makanan serentak, akan ada beberapa hal yang mirip dalam tulisan tersebut. Kembali pada poin nomor 2 dan 3, pastikan foto dan ulasanmu memiliki nilai lebih dan juga berikan detail yang ingin kalian atau pemilik tempat inginkan. Contohnya restoran A sangat luas, nyaman untuk acara kumpul keluarga ataupun makan siang dengan teman-teman. Lalu di tempat ini memiliki kursi dan alat makan bayi serta ada toilet yang bersih dan wangi.

Kalian bisa menonjolkan kelebihan yang dimiliki oleh pegawai yang ramah atau jika mereka memiliki menu yang tak biasa.

5. Konsisten dalam menulis agar pembaca selalu ingat denganmu saat ingin mencari ulasan makanan

Jika kalian sudah mulai menikmati menulis ulasan makanan dan minuman, pastikan untuk selalu mengupdate secara berkala. Jika tak sempat update setiap hari, bisa dibuat jadwal seperti seminggu dua atau tiga kali. Menulislah dengan hati, perlahan-lahan tapi pasti dan jadilah diri sendiri. Jika sudah mendapatkan rasa untuk menulis, pastilah akan lebih mudah.

 

Jangan lupa untuk membagikannya di laman sosial media dengan mencantumkan caption menarik untuk menggiring para pembaca supaya mengunjungi blog kalian ya. Semoga kalian bisa menikmati setiap makanannya serta tak patah semangat dalam menuliskan ulasan-ulasan untuk kami yang suka mencari dan membaca review sebelum mencicipi yaaa!

Yakinkan diri untuk terus menulis dan berbagi cerita di blog dan sosial media kamu, karena #SemuaBisaJadiPenulis dan bisa jadi Food Blogger!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE