Orang tua menganggap anak yang banyak mengikuti kegiatan merupakan tanda bahwa si anak adalah anak yang aktif. Akan tetapi, kenyataannya bisa saja sang anak memiliki alasan lain yang tertutupi dengan kegiatan yang ia lakukan. Salah satu alasan lainnya adalah sang anak yang tidak betah di rumah. Oleh karena itu, orang tua perlu melakukan hal-hal berikut untuk membuat rumah menjadi nyaman.

1. Menjaga kebersihan rumah

Selain untuk menjaga kesehatan, kebersihan rumah menjadi faktor penting untuk menentukan kenyamanan sebuah rumah. Sehingga, sebaiknya orang tua menjaga kebersihan rumahnya agar sang anak merasa nyaman dan akhirnya bisa betah berlama-lama di rumah.

2. Menjaga kerapian rumah

Advertisement

Rumah yang terlihat berantakan, bisa menjadi salah satu penyebab stres. Maka dari itu, agar sang anak tidak merasa stres saat di rumah, sebaiknya orang tua menjaga kerapian rumahnya.

3. Menyediakan makanan dan minuman di rumah

Selanjutnya, anda sebagai orang tua sebaiknya menyediakan makanan dan minuman di rumah. Sang anak akan merasa senang dan tenang karena kebutuhannya dicukupi. Lebih baik lagi apabila makanan dibuat sendiri oleh orang tua terutama ibu. Agar sang anak merasa diperhatikan oleh orangtuanya. Tak lupa orang tua menyediakan air putih di rumah sebagai minuman, agar sang anak terbiasa untuk hidup sehat.

4. Mencukupi kebutuhan sang anak

Rata-rata kebutuhan sang anak antara lain peralatan sekolah, pakaian, barang elektronik seperti televisi, dan lain sebagainya. Apabila salah satu kebutuhannya tidak tercukupi, biasanya sang anak akan memenuhinya dengan mengunjungi rumah temannya. Terlalu sering mengunjungi bahkan sering menginap, membuat orang tua temannya risih dan menganggap bahwa anda sebagai orang tua tidak perhatian kepada sang anak. Maka dari itu, sebaiknya kebutuhan sang anak bisa dipenuhi dengan bertanya kepada sang anak. Jika sang anak tertutup, anda bisa bertanya kepada temannya, gurunya, atau kepada seorang psikolog.

5. Menjaga kedamaian rumah

Sang anak yang telah dicukupi kebutuhannya, tetapi masih saja tidak betah di rumah, bisa terjadi karena tidak adanya kedamaian di rumah, karena pertengkaran orang tua misalnya. Maka dari itu, jika anda terdapat masalah dengan pasangan sebaiknya dibicarakan dengan baik-baik. Sehingga tidak perlu sampai bertengar, yang nantinya bisa membuat sang anak merasa tidak nyaman untuk berlama-lama di rumah.

Betah atau tidaknya sang anak di rumah, tergantung dengan seberapa besar kasih sayang dan usaha dari orang tua.