5 Tips Pintar Menata Barang di Gudang

Meski menjadi tempat untuk menyimpan barang-barang yang jarang digunakan, kita juga perlu menata gudang supaya terlihat bersih dan rapi. Jadi, kita akan lebih mudah saat mencari barang yang diperlukan.

Selain itu, perabot dan perlengkapan rumah yang disimpan  pun akan lebih terjaga kualitasnya. Tenang, berikut cara mudah untuk menata barang di gudang. Simak, yuk!

Advertisement

1. Gunakan Rak Besi Serbaguna

ruparupa.com

ruparupa.com via https://www.ruparupa.com

Selain perabot berukuran besar, barang-barang kecil seperti alat perkakas juga bisa disimpan di gudang. Supaya tetap rapi dan tertata, kamu perlu menyiapkan rak besi serbaguna.

Buat gudang berukuran kecil, pilih rak besi 4-5 tingkat dengan panjang 80-100 cm. Gunakan kotak perkakas khusus supaya tidak berantakan dan berceceran.

Advertisement

2. Bongkar Susunan Barang

ruparupa.com

ruparupa.com via https://www.ruparupa.com

Bila perabot yang akan kamu simpan di gudang bisa dibongkar pasang, lepaskanlah susunannya terlebih dulu supaya lebih hemat tempat. Selain itu, kamu juga bisa meminimalisir risiko kerusakan pada perabot tersebut.

3. Tutup Barang dengan Kain dan Plastik

ruparupa.com

ruparupa.com via https://www.ruparupa.com

Supaya terhindar dari debu, kotoran, dan lembab, kamu bisa melapisi perabot dengan kain atau plastik. Dengan melakukan ini, kamu pun dapat menjaga barang-barang di gudang tetap bersih dan awet.

Untuk barang-barang kecil yang mudah lembab, kamu juga bisa menyimpannya di wadah tertutup.

Advertisement

4. Simpan Barang sesuai Kategorinya

ruparupa.com

ruparupa.com via https://www.ruparupa.com

Tentu kamu tidak ingin menghabiskan banyak waktu di gudang untuk mencari barang. Supaya gampang ditemukan, simpan barang-barang sesuai dengan kategorinya.

Sebagai contoh, sediakan ruang di rak besi khusus untuk alat perkakas dan alat elektronik. Buat perabot berukuran besar, kamu bisa meletakkannya di sebelah rak besi.

5. Buang Barang-Barang yang Sudah Rusak

ruparupa.com

ruparupa.com via https://www.ruparupa.com

Biar tidak makan tempat, kamu bisa memilah barang yang akan disimpan di gudang. Sebaiknya, buang barang-barang yang sudah rusak dan jual kembali perlengkapan rumah tangga tidak terpakai. Dengan begitu, kamu bisa memuat lebih banyak barang di dalam gudang.

Nah, itu dia tips menata gudang di rumah mungil. Kamu juga wajib membersihkan gudang dan membuka ventilasi udara secara rutin. 

Jadinya, gudang pun dapat terhindar dari jamur dan bau apek. Selamat membereskan gudang!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

ruparupa.com merupakan e-commerce resmi ACE, Informa, Toys Kingdom, dan Grup Kawan Lama lainnya. ruparupa.com hadir untuk membantu menjalani kehidupan yang lebih baik buat semua orang karena rumah adalah awal semuanya dimulai.

CLOSE