5 Trik Untuk Bunda Agar Si Kecil Mau Makan Sayur dan Buah. Harus Kreatif dan Jangan Dipaksa!

tips agar anak mau makan buah dan sayur

Melihat sikecil tumbuh sehat dan aktif adalah dambaan setiap orang tua, bahkan menjadi momen yang paling membahagiakan bagi ayah bunda. Tentunya dibalik tumbuh sehat dan aktifnya sikecil dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya adalah faktor nutrisi, apalagi sebagian besar asupan nutrisi untuk sikecil berasal dari sayur dan buah. Kandungan dalam sayur dan buah sangat baik bagi pertumbuhan sikecil seperti vitamin, zat besi, mineral, protein dan serat. Namun masih banyak dari ayah bunda yang kurang tepat dalam menyajikan makanan untuk sikecil berupa sayur dan buah, dan hal itu membuat sikecil menjadi malas bahkan tidak mau makan sayur dan buah.

Bunda tidak perlu khawatir jika sikecil tidak mau makan sayur dan buah. Karena saya akan bagikan 5 tips agar sikecil mau makan sayur dan buah. Yuk disimak!

Advertisement

1. Sajikan sayur dan buah semenarik mungkin

Foto: Red Book On Google

Foto: Red Book On Google via http://food.detik.com

Nah, bunda harus pintar berkreasi dan mengeluarkan semua kreativitas bunda dalam menyajikan makanan yang bergizi untuk sikecil seperti sayur dan buah agar terlihat cantik dan menarik dan pastinya agar sikecil menjadi tertarik. Misalnya bunda bisa membuat jus dari buah alpukat atau yang lainnya dengan hiasan susu karamel diatasnya, sajikan jus tersebut ke dalam gelas yang unik seperti gelas dengan karakter kartun kesukaan sikecil, atau bunda bisa mencoba memadu padankan sayuran dengan makanan kesukaan sikecil seperti telor yang dicampur dengan kentang dan jagung untuk dibuat perkedel. Bukan hanya itu, bunda juga bisa mencoba membuat kreasi dari sayuran misalnya, wortel yang biasanya dipotong bulat diganti dengan potongan berbentuk love, segitiga, bintang atau yang lainnya, hal tersebut menjadi sesuatu yang baru bagi sikecil dan pastinya menambah daya tarik sikecil untuk mencobanya.

2. Jadikan sayur dan buah makanan sehari-hari

Foto: Tim CNN Indonesia On Google

Foto: Tim CNN Indonesia On Google via http://m.cnnindonesia.com

Buat bunda yang biasanya menjadikan sayur dan buah sebagai makanan pendamping dan jarang disajikan di meja makan. Mulai sekarang bunda perlu mencoba tips untuk selalu menyajikan sayur dan buah setiap hari, hal ini dilakukan supaya sikecil terbiasa untuk memakannya.

Advertisement

3. Dampingi si kecil ketika makan

Foto: Dina Vionetta On Google

Foto: Dina Vionetta On Google via http://www.orami.co.id

Bunda harus sering mendampingi sikecil ketika makan. Nah di momen ini bunda bisa memberikan tanggapan atau pernyataan bahwa sayur dan buah itu enak serta menyehatkan bagi tubuh misalnya dengan mengatakan “emmm enak banget ya sayurnya, lezat”. Hal ini bisa membuat sikecil yakin bahwa makan sayur dan buah itu enak.

4. Berikan pengertian kepada sikecil tentang manfaat sayur dan buah

Foto: Ilustrasi-Foto/Sisternet KlikHijau.com

Foto: Ilustrasi-Foto/Sisternet KlikHijau.com via http://klikhijau.com

Memang bisa dikatakan tips yang ke empat ini lumayan menantang, karena bunda harus bisa memberikan pengertian kepada sikecil terkait manfaat mengonsumsi sayur dan buah. Dalam memberikan pengertian usahakan memakai bahasa yang mudah dimengerti oleh sikecil. Misalnya dengan mengatakan “nak, wortel itu warnanya orange ya? Warna orange itu termasuk warna yang cerah loh, kalau kamu makan wortel nanti mata kamu bisa jelas dan sehat karena di dalam wortel mengandung vitamin A yang bisa menyehatkan mata kita sayang”. Ketika bunda bisa memberikan penjelasan kepada sikecil dengan bahasa yang mudah dipahami, pasti sikecil bisa memahami dan mau mencoba untuk mengikuti saran bunda untuk makan sayur dan buah.

5. Bunda harus tetap optimis

Foto: Sonia Permata Basoni- detikfood On Google

Foto: Sonia Permata Basoni- detikfood On Google via http://food.detik.com

Meskipun sikecil sering menolak makan sayur dan buah, bukan berarti bunda patah semangat ya. Bunda harus tetap mencoba untuk memberikan sayur dan buah kepada sikecil. Bila ini menjadi masalah yang sedang bunda hadapi, bunda tidak perlu khawatir karena bunda bisa mencoba dengan memberikan sayur dan buah sedikit demi sedikit dan jangan berikan sayur dan buah kepada sikecil dalam jumlah yang banyak karena sikecil akan merasa bahwa dirinya dipaksa untuk memakannya. Perlu bunda ketahui juga, ketika sikecil menolak memakannya, bunda tidak boleh memarahinya dan memaksanya. Bunda harus tetap semangat dan jangan menyerah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE