Untuk sebagian orang, jalan-jalan ke Bali dianggap cenderung mahal karena harga tiket objek wisata dan makanan yang cukup mahal dibandingkan harga di daerah asal. Tapi jangan khawatir, kalau kamu wisatawan dengan budget pas-pasan, beberapa tips ini bisa kamu coba untuk menghemat biaya jalan-jalan kamu. Yuk simak!

1. Menginap di hostel

Kalau kamu solo traveler atau jalan-jalan dengan teman-teman kamu, ada baiknya menginap di hostel, dormitory atau capsule room. Selain harga yang sangat terjangkau, hostel-hostel seperti ini bisa kamu temui di happening area seperti Kuta, Legian, atau Seminyak. Dengan harga mulai Rp 90.000 per malam kamu sudah bisa menikmati fasilitas standard hostel.

2. Jalan-jalan dengan sepeda motor

Motorbike Rental

Motorbike Rental via http://indonesiaexpat.biz

Advertisement

Salah satu cara menghemat budget jalan-jalan adalah dengan sewa motor, di Bali gampang ditemui penyewaan sepeda motor yang bisa disewa setiap saat. Tapi pastikan kalian harus jago mengemudi sepeda motor dan punya SIM. Untuk harganya pun bervariasi mulai dari Rp 50.000 per hari tergantung jenis motor dan pinter-pinternya kamu nawar. Dan harus diingat kawasan di Bali adalah kawasan tertib lalu lintas, pastikan kalian mematuhi peraturan lalu lintas dan jangan ugal-ugalan di jalanan ya!

3. Hindari makan di restoran

Street Food

Street Food via https://www.youtube.com

Ini salah satu hal paling utama, kalau kalian nggak pengen kantong bolong sebelum liburan usai, jangan coba-coba makan di tourist restaurant atau di restoran-restoran mahal. Karena harga beberapa restoran cepat saji franchise pun lebih mahal dibandingkan dengan harga di Pulau Jawa. Jadi caranya biar kamu tetep hemat, makan lah di kedai-kedai kaki lima yg sangat mudah dijumpai di banyak area di Bali. Harga seporsi nasi campur atau nasi rames mulai dari Rp 12.000 tergantung lauk apa yang kamu pilih.

4. Kunjungi objek wisata yang gratis

Sunset in Melasti Beach

Sunset in Melasti Beach via https://www.gusmank.com

Banyak banget objek wisata gratis yang bisa kamu kunjungi di Bali, pantai, monumen, patung-patung ikonik atau pegunungan dengan pemandangan danau. Ada banyak pantai di Bali yang bisa kamu kunjungi gratis, hanya bayar parkir saja itupun hanya Rp 2.000 sekali datang. Nggak usah terkecoh sama foto-foto selebgram yang sering posting foto lagi di pool atau di beach club yang mewah, kalian bisa bikin foto-foto lebih keren hanya dengan berenang di kawasan Pantai Melasti atau menikmati matahari terbenam di Pantai Balangan.

5. Hindari aktifitas belanja

No Shopping

No Shopping via https://nv.wordpress.com

Advertisement

Kalau kalian budget traveler, tentunya nggak banyak budget untuk shopping atau beli oleh-oleh kan? Di samping nggak ada budget-nya, biaya untuk nambah over bagasi kalau kalian kelebihan muatan juga nggak murah. Jadi sebaiknya kalian menghindari aktivitas shopping. Daripada kalian shopping, lebih baik gunakan banyak waktu untuk mengeksplor wisata Bali dari selatan sampai utara, dari barat sampai timur. Dengan begitu hasrat belanja kamu akan tertahan dalam-dalam :)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya