5 Tradisi Unik yang dilakukan di Beberapa Negara Saat Hari Raya Idul Adha

Beragam tradisi ketika hari raya Idul Adha

Setelah melewati hari raya Idul Fitri, umat muslim akan menyambut hari raya Idul Adha atau yang disebut juga hari raya Kurban. Hari raya Idul Adha termasuk hari besar Islam yang sangat di nanti. Masih kah kalian ingat dengan kisah Nabi Ibrahim dan anaknya bernama Nabi Ismail, dimana Nabi Ibrahim di perintahkan Allah SWT untuk menyembelih anaknya sendiri sebagai kurban. Hari raya Idul Adha asal muasalnya tidak lain adalah dari kisah tersebut. Maka dari itu umat muslim sangat menghormati dan memperingati hari raya Idul Adha dengan berbagai tradisi dan acara sebagai bukti kecintaan pada Nabi dan Rasul. Berkurban di hari raya Idul Adha sangat dianjurkan kepada umat muslim yang telah memiliki harta berlebih serta dengan niat yang tulus karena Allah SWT.

Selain itu ketika Idul Adha terdapat berbagai tradisi yang menarik dan hanya bisa kita nikmati di hari raya Idul Adha saja. Di Indonesia sendiri tradisi yang dilakukan ketika menjelang hari raya Idul Adha yaitu berkurban, takbiran, melaksanakan shalat Ied, dan membagikan daging kurban kepada masyarakat.

Bukan hanya di Indonesia saja beberapa negara juga memiliki tradisi yang tak kalah unik saat menjelang hari raya Idul Adha. Selain shalat Ied dan memotong hewan kurban negara lain merayakan Idul Adha dengan berbagai macam acara pula seperti tradisi mudik ketika hari raya Idul Adha di negara Bangladesh dan mengadakan bazar makanan di Singapura. Seperti apa sih tradisi unik saat hari raya Idul Adha di berbagai negara? Berikut ini lima tradisi unik yang dilakukan di beberapa negara saat menjelang hari raya Idul Adha.

Advertisement

1. Tradisi Menghias Hewan Kurban Dengan Henna di Turki

Photo by Укрінформ from Pinterest

Photo by Укрінформ from Pinterest via https://pin.it

Masyarakat Turki memiliki tradisi menghias hewan kurban sebelum di sembelih. Hewan kurban akan di bersihkan terlebih dahulu dan di mandikan sampai bersih dan wangi lalu di hias dengan Henna dan di pasang pita. Setelah selesai di hias hewan bisa langsung di sembelih dan di masak. Daging kurban yang telah di masak dapat di nikmati bersama keluarga, saudara, ataupun tetangga.

2. Libur Nasional Selama 4 Hari di Pakistan

Photo by The Diary of a Nomad from Pinterest

Photo by The Diary of a Nomad from Pinterest via https://pin.it

Di Pakistan juga terdapat tradisi memotong hewan kurban sama halnya di Indonesia. Namun yang berbeda, di Pakistan saat menjelang hari raya Idul Adha di tetapkan sebagai hari libur nasional selama empat hari tujuannya tidak lain supaya orang-orang bisa melaksanakan ibadah dengan maksimal dan kusyuk.

Advertisement

Toko-toko di Pakistan pun juga tutup ketika hari besar islam ini. Di Pakistan saat hari raya Idul Adha jauh lebih khitmat dari pada ketika Idul Fitri

3. Menghidangkan Makanan Serba Gurih atau Salty Eid di Inggris

Photo by @サラ タハ from Pinterest

Photo by @サラ タハ from Pinterest via https://pin.it

Di Inggris saat Idul Adha memiliki tradisi yang nggak kalah unik yaitu menghidangkan makanan dengan cita rasa gurih atau yang di kenal dengan Salty Eid. Warga Inggris umumnya menghidangkan makanan-makanan populer yang berasal dari timur tengah seperti Kebab, Haleem, dan Biryani.

4. Tradisi Mudik di Bangladesh

Photo by @madam.arra from Instagram

Photo by @madam.arra from Instagram via https://www.instagram.com

Berbeda dengan negara kita yang tradisi mudik di lakukan ketika menjelang hari raya Idul Fitri. Di negara Bangladesh justru moment mudik di lakukan saat menjelang hari raya Idul Adha. Warga Bangladesh di daerah perkotaan akan pulang ke kampung halaman mereka masing-masing dan berkumpul bersama keluarga untuk merayakan Idul Adha.

Advertisement

5. Mengenakan Pakaian Baru dan Memakai Make Up Maksimal di Negara UEA (Uni Emirat Arab)

Photo by Daily Mail from Pinterest

Photo by Daily Mail from Pinterest via https://pin.it

Negara UAE atau Uni Emirat Arab memiliki tradisi yang meriah ketika hari raya Idul Adha. Masyarakat UAE merayakannya dengan memakai pakaian baru dan berhias secantik mungkin saat hari raya Idul Adha. Mereka rela membeli berbagai macam baju meskipun harganya mahal asalkan bisa mengenakan baju baru di hari raya Idul Adha.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Annisa Galuh Kinanti

CLOSE