Dalam sebuah desain apartemen, lokasi kamar tidur serta penataan desainnya penting untuk ditentukan dengan seksama. Pasalnya, di kamar tidurlah setiap orang paling sering menghabiskan waktu untuk beristirahat setelah sibuk beraktivitas seharian. Salah dalam menentukan tatanan kamar tidur yang bisa-bisa mengorbankan kenyamanan tidurmu, loh. Untuk memperoleh waktu istirahat yang lebih berkualitas, yuk, coba lima trik desain kamar tidur berikut ini!

1. Pilih desain yang tepat

Pilih Desain yang Tepat

Pilih Desain yang Tepat via http://housebeautiful.com

Advertisement

Desain kamar tidur yang tepat akan menunjang desain apartemen secara keseluruhan. Sayangnya, masih banyak yang mengabaikan beberapa aspek desain di dalamnya karena kerap tak memperhatikan privasi dan malah turut difungsikan sebagai ruang tamu.

Agar gaya interior kamar tidur sesuai, coba visualisasikan terlebih dulu ruangan tidur paling ideal menurutmu. Jika memiliki budget ekstra, tidak ada salahnya juntuk meminta saran dari desainer interior. Kesalahan menentukan ke mana arah pintu kamar tidur, dimensi kamar tidur yang pas sampai posisi kasur atau spring bed yang paling nyaman jadi dapat dihindari.

2. Aplikasikan warna terbaik

Aplikasikan Warna Terbaik

Aplikasikan Warna Terbaik via http://freshome.com

Warna cat dinding adalah cara renovasi paling mudah dan efektif untuk membuat kamar tidur terasa semakin personal. Biaya pengecatan ulang sebuah kamar tidur juga umumnya tidak terlalu mahal, sehingga bisa dilakukan lebih sering dibandingkan keseluruhan desain apartemen.

Advertisement

Sesuaikan desain kamar tidur dengan mood yang ingin kalian ciptakan. Pilih warna yang lebih kalem dan netral supaya suasana kamar tidur  mendukung kualitas tidur. Jika suka warna yang lebih cerah, gunakan sebagai aksen atau dekorasi, ingat bukan pada dominasi palet warna kamar tidurmu, ya!

3. Kasur busa atau spring bed? Jangan sampai salah pilih!

Kasur Busa atau Spring Bed?

Kasur Busa atau Spring Bed? via http://pinterest.com

Apapun jawabannya, pastikan tempat tidur menjadi pertimbangan penting sebelum dibeli. Jika ruangan tidak terlalu besar, maka idealnya kalian memilih kasur busa atau spring bed yang sesuai ukurannya. Pastikan juga matras yang dibeli mampu menopang bobot  badan dan mendukung kebutuhan tidurmu.

Buat yang punya kebiasaan tidur menyamping, kalian boleh mencoba trik rotasi kasur busa atau spring bed. Caranya adalah dengan diputar atau dibolak-balik arahnya. Ini supaya matras tetap fresh dan awet.

4. Tempatkan perabot yang pas

Titik Perabot Yang Pas

Titik Perabot Yang Pas via http://pinterest.com

Jika kamu memiliki kebiasaan membaca atau minum air sebelum tidur, pastikan nakas atau meja kecil yang sudah tersedia di samping tempat tidur.

Berbeda dengan kamu yang sering menggunakan gadget hingga larut malam, kebiasaan ini malah dapat menjadi faktor yang mengurangi kualitas tidurmu. Maka dari itu, jauhkan colokan listrik dan tempatkan gadget di tempat yang sulit dijangkau dari tempat tidur.

5. Lantai yang mendukung

Lantai Yang Mendukung

Lantai Yang Mendukung via http://pinterest.com

Terbiasa bangun di tengah malam untuk buang air? Pastikan lantai kamar tidur tidak berantakan supaya kalian tidak sampai terjatuh. Akses dari tempat tidur ke pintu juga harus aman dari potensi halangan lainnya.

Buat yang kamu punya kebiasaan malas bangun, coba juga untuk memasang karpet empuk. Tampilan mewahnya membawa nuansa seperti di kamar hotel. Pastikan tirai jendela juga punya fitur transparan yang mendukung cahaya masuk.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya