Banyak trik psychological dan meuro-linguistic programming yang sudah dibahas oleh banyak psikolog dan ditulis di berbagai buku tentang psikologi. Trik-trik ini sering digunakan oleh para psikolog professional untuk melakukan tugas mereka, dan sebagai ‘orang biasa’ dan bukan psikolog, trik-trik psikologi ini juga dapat digunakan di kehidupan sehari-hari lho!

 

1. Mengungkap Kebohongan Seseorang

Jika lawan berbicara kalian cenderung mengalihkan pembicaraan dan enggan untuk menjawab pertanyaan seutuhnya, kalian dapat menyelipkan beberapa jeda waktu saat berbicara dengan tetap menatap lawan bicara kalian.

Advertisement

Dengan begitu, lawan bicara kalian akan merasa bahwa kalian tahu apa yang tengah ia tutupi dan lama kelamaan mereka akan terbuka dengan apa yang mereka sembunyikan bahkan mengungkap kebohongannya.

2. Menambah Teman di Tempat Baru

Menambah Teman

Menambah Teman via https://www.google.co.id

Ketika berada di sekolah ataupun tempat kerja baru, salah satu yang ingin kalian lakukan ialah menambah teman atau sekedar kenalan baru. Untuk beberapa orang mungkin hal ini terlihat mudah, namun tidak sedikit juga yang merasa bahwa hal ini merupakan sesuatu yang cukup sulit.

Kalian dapat menanyakan suatu hal terhadap 'bakal' teman barumu, tidak masalah jika kalian mengetahui atau tidak jawaban tersebut. Hal ini dinilai dapat menambah nilai positif terhadap dirimu dari teman baru kalian tersebut.

3. Bangun Pagi dengan Mudah

Bangun Pagi

Bangun Pagi via https://www.google.co.id

Advertisement

Bangun di pagi hari merupakan salah satu hal berat bagi sebagian dari kita. Untuk mengatasi ini, ketika alarm kalian berbunyi kalian ambil posisi duduk dan kepalkan kedua tangan kalian keatas dan berteriak 'Yeaaaaa' seperti layaknya suporter sepak bola ketika tim mereka berhasil memasukkan bola.

Cara ini terlihat random, tapi dapat membantumu bangun dari tempat tidurmu dengan semangat.

4. Mengingat Sesuatu

Pasti banyak dari kita yang terkadang punya keraguan setelah meninggalkan rumah, apa rumah sudah dikunci atau belum, apakah kompor sudah mati atau belum. Untuk mengatasi hal tersebut kalian bisa mengucapkan kata-kata aneh ketika melakukan hal tersebut.

Contohnya, kalian bisa mengucapkan 'kelinci hijau" ketika mengunci pintu atau "kepiting berat" saat mematikan kompor. Dengan hal ini kalian dapat dengan mudah mengingat apa yang telah kita lakukan dengan kata-kata aneh tersebut.

5. Mengatasi Seseorang yang terus Menatapmu

Jika kalian pengguna transportasi publik atau berada di tempat publik, mungkin pernah terjadi dimana kalian terus di tatap oleh orang yang tidak dikenal dan hal tersebut membuat kalian merasa tidak nyaman. Untuk mengatasi hal ini, kalian bisa membalas dengan terus menatap kearah sepatu mereka.

Jangan berhenti sampai mereka juga berhenti menatapmu. Cara ini cukup efektif untuk membuat orang yang terus menatapmu merasa tidak nyaman.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya