Menuliskan apa saja yang ingin dicapai dalam kehidupan adalah penting. Itu sebagai upaya bagi diri sendiri untuk lebih fokus terhadap apa yang ingin dituju. Sebagian orang menuliskan berbagai tujuan hidup mereka secara detail. Apa yang mereka ingin capai, mereka tulis secara rinci.

Menurut Paul Sloane, dalam bukunya yang berjudul “How To Be a Brilliant Thinker; Latih Pikiran Anda dan Temukan Solusi-solusi Kreatif” ada 6 bidang yang direkomendasikan dalam menuliskan hal-hal yang menjadi tujuan atau ingin dilakukan dalam hidup. Nah, ke enam bidang tersebut dapat kamu jadikan sebagai acuan jika kamu masih bingung dalam menuliskan apa saja yang ingin kamu lakukan dalam hidupmu lho! Yuk intip satu per satu!

1. Karier

Apabila saat ini kamu memiliki usaha sendiri, apa sih yang ingin kamu lakukan untuk menjaga usahamu terus berkembang? Apakah ingin membuka cabang baru, membuat suatu inovasi dengan menciptakan produk baru, atau ingin membuka usaha baru? Maka hal-hal seperti itu perlu kamu rencankan kemudian tetapkan.

Advertisement

Tapi bila kamu bekerja di sebuah perusahaan, pikirkan apa yang ingin kamu capai di tempat kerjamu sekarang ini? Apakah ingin mendapatkan promosi, kenaikan gaji, atau bonus yang tiada henti? Hmmm, kamu perlu menuliskannya dalam daftar tujuan hidupmu.

Itu semua selain sebagai bagian dari perencanaan atas tujuan atau hal yang ingin didapatkan, juga berfungsi sebagai pemantik semangat kala rasa lelah dan malas sedang melanda. Nggak papa lelah sedikit, toh bagian akhirnya kamu juga yang menang banyak. Hehehe.

2. Hubungan

Dalam setiap proses kehidupan, kita harus memikirkan tentang hubungan pribadi dan cara untuk meningkatkannya. Memikirkan bagaimana hubungan kita dengan orang tua, saudara, kawan, pasangan, anak-anak, tetangga, rekan kerja, dan lain sebagainya. Pikirkan apakah ada yang perlu untuk diperbaiki atau ditingkatkan kualitasnya.

Advertisement

Apabila sekarang ini kamu sedang sendiri dan menginginkan untuk menjalin hubungan dengan seseorang, maka tetapkanlah hal itu dan tulislah ke dalam daftar tujuan hidupmu. Namun bila kamu sudah berpasangan, maka hal yang perlu di pikirkan adalah cara untuk meningkatkan dan membuat rencana-rencana ke depannya yang kelak akan membuat kualitas hubunganmu dengan dia menjadi semakin baik.

3. Kesehatan

Hal yang paling sering di abaikan adalah persoalan kesehatan. Sebagian besar orang menganggap bahwa diri mereka sudah tahu hal apa saja yang dapat memengaruhi kesehatannya. Namun karena berbagai faktor, seringkali perihal kesehatan ini tidak terperhatikan dengan baik.

Jadi, bila kamu ingin memperbaiki pola hidupmu dan mengubah lifestyle-mu, maka kamu perlu mencatatnya dalam daftar tujuan hidupmu Sebab apabila kesehatan terganggu, aktivitasmu juga akan ikut terganggu. Alhasil akan menghambat lajumu untuk mewujudkan hal-hal lain yang sudah menjadi impianmu.

4. Kemapanan

Menetapkan tujuan yang pasti tentang kemapanan adalah hal yang perlu di lakukan. Biasanya ini berkaitan dengan finansial. Bila saat ini kamu sudah bekerja dan memiliki penghasilan sendiri, mungkin ada baiknya kamu belajar untuk mengatur keuanganmu sejak dini.

Buat beberapa pos supaya penghasilanmu tidak lari ke hal-hal yang tidak penting. Kamu bisa memulainya dengan membuat pos untuk tabungan, investasi, perencanaan pensiun, pinjaman, properti, asuransi, dan sebagainya.

Kamu bisa melakukannya dengan berkonsultasi kepada financial planner. Supaya lebih terarah dan tidak berantakan.

5. Pengembangan Pribadi

pengembangan diri

pengembangan diri via https://www.pexels.com

Pengembangan pribadi sangat erat hubungannya dengan kemampuan dan pengalaman. Nah, apakah sekarang ini kamu memiliki rencana untuk mengembangkan kemampuanmu? Meningkatkan kualitas kemampuanmu?

Bila memang ada, masukkan saja ke dalam daftar tujuan hidupmu. Kemudian cari dan daftarkan dirimu di tempat kursus yang memberikan pelatihan sesuai yang sedang kamu inginkan.

Mempelajari teknik atau keahlian baru merupakan hal yang penting. Itu berguna untuk menunjang dan meningkatkan value pada dirimu. Tidak ada salahnya kamu menjadikan ia sebagai salah satu tujuan dalam hidupmu dan menambahkannya dalam daftar resolusi tahun ini.

6. Kehidupan Sosial

Dunia semakin hari semakin sibuk. Banyak orang yang saking sibuknya bekerja hingga lupa dengan kehidupan sosialnya. Mereka jadi kurang berinteraksi dengan sesama bahkan dengan temannya sendiri saja sudah lupa kapan melakukan hal yang menyenangkan untuk terakhir kalinya. Mereka seolah tak memiliki waktu untuk mengembangkan kehidupan, kegiatan, dan hubungan sosial yang mereka senangi.

Jadi, bila kamu memiliki keinginan untuk menambah kenalan atau teman baru, keluar bersama untuk menonton film, bercerita seru sambil menikmati sajian kopi di kafe, bersenang-senang dengan hobimu, atau berlibur bersama ke destinasi wisata yang sedang hits, maka tidak ada salahnya kamu merencanakan dan menetapkannya sebagai hal yang ingin kamu capai dalam hidupmu.

Jangan lupa kalau kamu juga makhluk sosial. Jadi berusahalah untuk menjaga kehidupan sosialmu tetap baik.

Itulah 6 bidang yang direkomendasikan dalam menuliskan hal-hal yang menjadi tujuan atau ingin dilakukan dalam hidup menurut Paul Sloane dalam bukunya. Jadi apabila kamu memiliki keinginan untuk diwujudkan, cobalah untuk menuliskannya.

Merencanakan dan menetapkannya terlebih dahulu adalah cara yang baik untuk dapat mewujudkannya. Setelah itu berusahalah untuk menjaga komitmen dan konsisten untuk meraihnya.

Selamat mencoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya