6 Cara Alami untuk Bersihkan Paru-Paru Akibat Rokok

Bagaimana jika paru-paru kita kotor karena terpapar asap rokok atau polusi udara lainnya?

Paru-paru merupakan organ tubuh yang sangat penting, karena organ tersebut berfungsi untuk bernafas. Namun, bagaimana jika paru-paru kita kotor karena terpapar asap rokok atau polusi udara lainnya?

Berikut beberapa langkah membersihkan paru-paru terutama bagi perokok aktif

Advertisement

1. Olahraga teratur dapat menyehatkan paru-paru

Olahraga

Olahraga via https://www.google.com

Untuk meningkatkan kesehatan paru-paru dan memastikan detoksifikasi perokok yang efektif, lakukan olahraga teratur. Ini menjadi cara membersihkan paru-paru dari asap rokok. Saat berolahraga anda mungkin merasakan lebih banyak dahak di paru-paru atau sering batuk. Ini mungkin terjadi sementara waktu setelah berhenti merokok, dan paru-paru menjadi lebih bersih setelah menyingkirkan zat-zat yang tidak diinginkan.

2. Minum air putih

minum air putih

minum air putih via https://www.google.com

Mengkonsumsi air putih sangat penting bagi tubuh karena dapat membantu detoksifikasi paru-paru. Perlu diketahui, lendir di paru-paru dibuat sebagian besar dari air. Penggantian air di dalam tubuh menghasilkan selaput lendir yang sehat.

Advertisement

Hidrasi juga membantu membersihkan tubuh dari racun dan membuat fungsi organ lebih baik. Minimal minumlah 8 sampai 10 gelas air setiap hari.

3. Mengonsumsi jahe

Cara membersihkan paru-paru perokok secara alami dengan mengonsumsi jahe, karena rempah ini memiliki sifat anti-inflamasi. Anda dapat menambahkan jahe ke berbagai hidangan karena merupakan ramuan yang banyak digunakan. Anda juga bisa menambahkannya pada teh saat pagi hari.

Anda juga bisa menggunakannya untuk membuat teh jahe yang dicampur dengan lemon. Ini bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari saluran pernapasan.

Advertisement

4. Minum air jeruk nipis

Air jeruk nipis

Air jeruk nipis via https://www.google.com

Air jeruk nipis ternyata mampu menurunkan kadar nikotin hingga 70,65 % dalam tubuh. Jeruk nipis juga dapat Anda gunakan sebagai cara untuk menghilangkan kebiasaan merokok.

5. Mengonsumsi nanas

Nanas mengandung senyawa yang disebut bromelain, yuang membantu mengurangi peradagan. Bromelain juga membantu cara memperbaiki paru-paru Anda dengan meningkatkan elastisitas paru-paru sehingga Anda dapat mengambil lebih banyak oksigen dengan napas lebih dalam.

6. Asupan Omega 3​​​​​​​

Asupan Omega 3

Asupan Omega 3 via https://www.google.com

Cara membersihkan paru-paru dari asap rokok juga bisa dengan asupan Omega-3. Makanan yang mengandung omega-3 di antaranya ikan, bayam, brokoli, kacang-kacangan, telur, dan masih banyak lagi.

Pemberian makanan yang kaya akan omega-3 pada penderita penyakit gangguan paru-paru kronik dapat memperbaiki fungi paru-paru penderita penyakit tersebut. Hal ini ditunjukan dengan adanya penurunan serum, tingkat produksi lendir serta perbaikan gejala pada penderita COPD

Itulah cara membersihkan paru-paru secara alami.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE