Banyak orang tidak menyadari bahwa kesedihan datang dengan hikmah. Banyak hikmah yang tersirat dalam kesedihan, tentu saja hikmah tersebut akan membuatmu lebih baik dan membuatmu mendapatkan tujuan hidup yang tidak kamu bayangkan sebelumnya.

Apasih yang kamu lakukan bila kamu sedang sedih ?

Kebanyakan orang sih melakukannya dengan menangis atau berbagi kisahnya dengan teman orangtua, pacar, dan teman yang telah dipercaya atau bahkan melakukan tindakan yang dapat merugikan diri sendiri. Memang saat sedih perasaan kita tidak menentu tapi apakah lebih baiknya kita memanfaatkan waktu sedih kita dengan hal yang berguna dan bermanfaat bagi diri kita sendiri. Nangis boleh tapi jangan sia-siakan airmatamu yang jatuh ketanah karena keuntungan dari membuat kesedihan jadi berkualitas adalah hikmah. Apa saja sih yang bisa kamu lakukan di saat kamu bersedih?

 

1. Luapkan Kesedihanmu di Atas Kertas dan Mulailah Menulis Kisah Kamu Yang Pahit, Anggaplah Kertas dan Pena Adalah Temanmu.

Biarkan kertas dan pena berbicara

Biarkan kertas dan pena berbicara via https://www.google.co.id

Nangis di kamar dan menghabiskan ribuan lembar tisu itu gak banget guys! Lembar tisu itu musuh kalian guys! Hapus air matamu dengan niat kamu untuk berubah lebih baik lalu cobalah berteman dengan kertas dan pena karena mereka lebih mengerti perasaan kamu. Kamu boleh menangis sambil menulis perasaan kamu dengan jujur di kertas dan yang paling penting kalian harus tulis janji kalian di atas kertas untuk tidak bersedih lagi.

Hikmahnya adalah kalian bisa share tulisan kalian di penerbit, social media, atau membuat blog baru kalian. Kegiatan tersebut juga bisa menjadi kegiatan untuk mengisi waktu kosong kalian guys. Buruan ambil kertas dan pena kalian guys! Hehe.

2. Alunan Lagu Orang Lain Memang Merdu Tapi Alunan Lagu Sendiri Lebih Membanggakan Guys!

nyanyikan lagu kalian

nyanyikan lagu kalian via https://www.google.co.id

Buatkamu yang suka musik dan bisa memainkan alat musik mulailah menulis kesedihan kalian dalam sebuah alunan lagu yang dalam, kesedihanmu itu adalah inspirasimu untuk membuat lagu. Memang saat sedih kerap kita mendengarkan lagu sedih yang liriknya sangat cocok dengan masalah kita namun sebenarnya hanya mendengarkan lagu orang lain akan membuatmu selalu mengingat kesedihanmu.

Apa kalian mau selalu mengingat hal yang membuatmu bersedih?

Lupakan itu guys! Buatlah lagu kalian sendiri dengan lirik yang jujur dari perasaan sedih kalian. Justru dengan membuat lagu sendiri akan membuatmu lebih lega karena telah meluapkan perasaan kalian lewat lagu yang kalian buat. Dan jangan lupa guys nyanyikan lagu kalian di depan orang yang membuatmu bersedih agar mereka tercengang mendengarkannya!

3. Masih Kesal dan Sedih? Cobalah Mulai Melihat ke Bawah Kita dan Berbagi untuk Mereka yang Lebih Membutuhkan

berbagi itu indah

berbagi itu indah via https://www.google.co.id

Kalian merasa ingin bunuh diri cuma karena kesedihan yang kalian rasakan? No!

Buka mata kalian dan lihatlah mereka yang serba kekurangan tapi masih bisa berjuang untuk hidupnya. Hapus airmatamu dan keluarlah dari kamar kalian dan lihat disekeliling kalian apakah masih banyak orang yang serba kekurangan? Atau bisa kalian mengunjungi panti asuhan di kotamu. Coba bayangkan canda tawa anak-anak yatim piatu mereka seakan tidak bermurung dalam kesedihan secara terus menerus karena mereka menikmati hidup.

Sekarang ambilah sesuatu dan berbagilah! Pasti mereka akan tersenyum dan senyuman itu akan membuatmu lega seakan mengobati kesedihanmu yang berlarut-larut. Lalu sadarilah kalian telah menerima hikmah dari memanfaatkan waktu sedihmu dengan berbagi.

4. Sadar Diri dan Lihatlah yang Telah Kalian Korbankan, Kembalikan Kerugian Itu Sekarang

everything has changed

everything has changed via https://www.google.co.id

Kesedihan yang berlarut laru tak akan membuatmu kehilangan semuanya guys. Setiap bersedih pasti kalian membuang waktu kalian yang kalian butuhkan untuk memajukan hidup kalian, seperti hobi kalian yang kalian tinggalkan, kegiatan study kamu yang kalian abaikan karena bersedih, dan teman-teman kalian yang tak kamu hiraukan.

Mulailah dengan mengembalikan hobi kalian. Isi waktu kosong kalian dengan hobi yang kalian suka dan lihat secara tidak langsung kalian sudah melupakan kesedihan kalian. Lalu lanjutkan kegiatan study kalian. Kerjakan tugas-tugas sekolah/kuliah yang kalian tinggalkan, kejar skripsimu jangan sampai kamu gagal lulus bareng teman-temanmu yah guys.

Kalian masih merasakan kesedihan? Tenang saja, masih ada teman-teman kamu kok guys! Bersenang-senanglah dengan mereka karena moment bersama teman akan jadi bahan cerita ke anak-anak kita nanti guys, hehe.

5. Kesedihanmu Pasti Sirna Kalau Sudah Melihat Keindahan Alam Indonesia

keindahan alam indonesia

keindahan alam indonesia via https://www.google.co.id

Indonesia sudah menyediakan alam sebegitu indahnya loh guys. Dari Sabang sampai Merauke alam kita membentang dan bermacam-macam guys! Masih mau berlama-lama nangis di kamar nih?

Yuk guys mulailah berpaling dari kesedihanmu dan kembalilah ke alam kita yang dapat memanjakan mata dan hati kita. Alam bukan tempat tuntuk menangis seperti kamar, melainkan alam itu adalah tempat membuang kesedihan kamu guys. Alam adalah tempat ternyaman untuk teriak meluapkan isi hati kamu yang sedang sedih. Betapa indahnya keindahan alam dan sadarilah Allah sudah membantu kita untuk tidak bersedih lagi dengan meyediakan tempat yang indah untuk kamu menghilangkan rasa sedih kamu.

6. Mendekatlah Pada Sang Pencipta

mendekatlah kepada ALLAH SWT

mendekatlah kepada ALLAH SWT via https://www.google.co.id

Kebanyakan orang tidak melakukan cara ini untuk melupakan kesedihannya, namun cara inilah yang paling baik untuk melupakan kesedihan kita. Coba mendekatlah pada Sang Pencipta bila kamu merasa sedih dan jangan menjauh pada saat kamu merasakan senang.

Ceritakan semua kesedihanmu dengan doa yang kamu panjatkan setelah kamu beribadah. Luapkan semuanya dengan jujur dan meminta kepada Sang Pencipta. Perasaan bersyukur atas kesedihan yang kamu alami akan muncul bersama rasa ikhlas. Perasaan tenang setelah beribadah akan membuat kita melupakan rasa sedih kita.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya