Di era serba digital, kehadiran di dunia maya dalam bentuk akun media sosial, website, kanal YouTube, maupun iklan-iklan di Google sudah menjadi keharusan bagi sebuah usaha. Menurut Forbes, terdapat dua tujuan umum dari membuat website untuk kepentingan bisnis, yaitu menjual produk/layanan dan membangun kredibilitas. Tampilan website yang kece dapat membuat pengunjung betah berlama-lama scroll-scroll di laman website. Bahkan nggak menutup kemungkinan untuk akhirnya pengunjung website membeli produk atau layanan perusahaan tersebut.

Di Indonesia, sudah banyak toko online yang memiliki website sendiri. Rata-rata tujuan pemilik usaha membuat website adalah memudahkan pelanggan melakukan pencarian produk dan melakukan transaksi hanya dengan melalui satu halaman. Kehadiran website dengan desain yang kece dan UI/UX yang oke juga berpengaruh ke keputusan pelanggan membeli produk tersebut, lho! Nih, ada 5 tampilan website toko online kece! Buat para web-designer bisa nih dapat inspirasi dari sini!

1. Bukupedia

Bukupedia adalah toko buku online yang sudah berusia sepuluh tahun yang bertujuan membantu masyarakat Indonesia memperoleh buku berkualitas dengan cara yang lebih mudah dan menyenangkan. Bukupedia menyediakan online platform khusus penerbit, yaitu Bukupedia Merchant Center. Dengan adanya platform ini, diharapkan para penerbit bisa lebih mudah dalam mengelola buku-buku terbitannya yang dijual di Bukupedia.

Advertisement

Dengan inovasi dan tampilan website menarik yang dimilikinya, Bukupedia berhasil menjadi Runner Up di kategori toko buku online di ajang penghargaan Indonesia E-Commerce Award 2016. Gabungan warna biru muda dan kuning ini memang pas dikemas dengan ikon-ikon yang simple. Di website ini, kamu bisa mencari buku dengan berbagai kategori dan membelinya dengan berbagai metode pembayaran!

2. Babyzania

Babyzania

Babyzania via https://babyzania.com

Website toko online produk kebutuhan ibu dan bayi ini berhasil meraih Juara Pertama (Platinum) kategori kebutuhan bayi di ajang Indonesia Ecommerce Awards 2016. Di tampilan utamanya, kamu akan langsung melihat berbagai produk untuk bayi dan ibu, seperti dot, susu, alat-alat mandi, mainan bayi, hingga baju hamil dan korset.

Selain websitenya yang menarik, Babyzania juga menyediakan aplikasi mobile untuk memudahkan pelanggan berbelanja melalui smartphone. Babyzania memang cocok untuk kebutuhan ibu yang menginginkan pengalaman berbelanja online yang mudah dan fokus di satu tempat.

3. Bro.do

Bro.do

Bro.do via http://bro.do

Advertisement

Pasti udah nggak asing kan sama merk lokal ini? Masih dari Indonesia Ecommerce Awards 2016, Bro.do keluar sebagai Runner Up untuk kategori fashion pria. Bro.do adalah merek fashion pria yang berdiri sejak tahun 2010. Berawal dari berjualan sepatu secara online, kini Bro.do juga menjual berbagai produk pakaian pria dari kaos sampai tas.

Mengedepankan target pasar untuk pria, warna-warna dan tampilan yang dipilih Bro.do pun disesuaikan dengan warna-warna maskulin seperti biru tua, coklat, hitam, dan abu-abu. Di tampilan depannya, Bro.do menampilkan produk-produk kolaborasi dengan public figure Indonesia.

4. Bliss

Toko online produk kecantikan rata-rata memiliki desain yang fresh dengan pilihan warna-warna casual. Inilah yang dimiliki oleh Bliss, sebuah toko online yang menjual produk kecantikan dan perawatan kulit dari Amerika. Bliss berhasil menjadi finalis di kategori Overall Design di ajang penghargaan Big Commerce Design Awards 2018 karena desain dan penataan tampilannya yang rapi dan anak muda banget.

Dalam tampilan menu di website-nya, Bliss menyertakan keunggulan produk dan cerita-cerita perusahaan. Ditambah dengan foto-foto produk flatlay dengan warna-warna pastel, bikin kamu betah scrolling-scrolling dan lihat produk-produk di laman website ini, guys!

5. Fronks

Menurut Stuart McMillan, Kepala Deputi Ecommerce Schuh, 30 persen sesi di website toko online terjadi pada homepage. Oleh karena itu, website toko online harus memiliki homepage yang menarik. Fronks, finalis di kategori homepage di Big Commerce Design Awards 2018, menunjukkan bagaimana membuat homepage yang menarik untuk produk minuman yang dijualnya.

Kalau kamu meng-klik salah satu botol minuman susu di lama homapage, kamu akan langsung tersambung ke bagian halaman yang menampilankan botol dengan ukuran penuh. Ketika kamu meng-scroll ke bawah, kamu akan melihat warna botol tersebut berubah sesuai dengan rasa yang tertampil di lama tersebut. Tentu butuh teknik web-design dan web-development yang oke ya untuk menghadirkan efek ini!

6. Kvell

Kvell adalah perusahaan furniture asal Kanada. Mengutamakan konsep simpel, tapi website toko online ini berhasil memanjakan mata karena perpaduan warna yang brilian. Kvell lebih menonjolkan detil gambar dan menyediakan deskripsi singkat untuk setiap produknya. Kvell memberikan nama untuk setiap produk yang dijualnya. Hal ini tentu memudahkan calon pelanggan untuk memilih produk.

Jika kamu membuka lama website-nya, kamu akan disuguhi dengan pengalaman tampilan perjalanan dari satu produk ke produk yang lain. Setiap point yang kamu kunjungi memiliki warna background yang berbeda. Kamu pasti akan kagum dengan setiap halamannya!

Sumber artikel: blog Niagahoster.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya