Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini semua orang pasti butuh yang namanya akses internet, ini mutlak karena mau tidak mau, kita memang harus mengikuti perkembangan zaman terutama di era digital seperti sekarang ini. Sekarang semuanya serba online, dari mulai belajar, belanja, bahkan ujian sekolah pun kini dilakukan secara online atau berbasis internet. Belum lagi trend aktif di sosial media mulai dari twitter, facebook, instagram dan masih banyak lagi. Dengan ini sudah bisa dipastikan seorang pengguna internet akan sangat mudah menerima berbagai macam berita terutama berita hoax yang sekarang sedang menjadi pokok pembahasan dan pekerjaan rumah besar bagi pemerintah untuk menanggulangi masalah tersebut, berikut 6 tips menggunakan internet secara bijak.

1. Ubah Mindset, Gunakanlah Internet Untuk Kebutuhan Penambah Wawasan

media informasi internet via http://google.com

Satu hal yang pasti untuk anda terapkan adalah dengan mengubah mindset anda sendiri mengenai internet, terkadang banyak orang yang menganggap internet adalah sebuah teknologi besar, bisa digunakan apa saja tanpa mengetahui bahwa di dalamnya ada banyak sekali dampak negatif dari berkembangnya internet. Cobalah anda untuk mengubah mindset anda dimana anda harus menekankan pada diri anda bahwa internet itu untuk menambah wawasan, sehingga anda tidak perlu mengakses internet untuk hal yang tidak tidak.

2. Jangan Mudah Terprovokasi dengan Berita atau Informasi yang Belum Tentu Kebenarannya

hindari provokasi di sosial media via https://malesbanget.com

Inilah problematika terbesar para pengguna internet saat ini, mereka terkesan mudah sekali terprovokasi terutama dengan berita berita viral di dunia maya, bagi anda yang cerdas mengguankan sosial media tentu akan bersikap kritis menanggapi hal hal seperti ini, perlu anda tahu, sekarang ini anak kecil pun bisa sekali share dan memviralkan berita berita hoax, disinilah sikap anda sebagai pengguna internet diuji, janganlah mudah terprovokasi dengan berita berita yang muncul di internet dan jangan dulu mengambil keputusan atau sikap sebelum ada klarifikasi dari pihak terkait akan berita tersebut.

3. Untuk anda Para Orang Tua, Awasi Penggunaan Internet Anak Anda

Advertisement

batasi akses internet anak via http://hipwee.com

Saat ini akses internet memang bukan hanya mereka saja yang sudah remaja dan dewasa, anak anak pun sudah amat dekat dengan kehidupan ber sosial media ataupun internet, tentu hal ini banyak dapak negatifnya, karena anak-anak pasti belum tahu mana yang baik dan benar apalagi mengambil sikap dari sesuatu yang mereka lihat di internet. Anak-anak masih sangat mudah terpengaruh, oleh karena itu disini anda sebagai orang tua, awasi lah penggunaan internet anak anda sebaik dan seketat mungkin.

4. Jangan Suka Debat di Sosial Media

hindari debat di sosial media via http://google.com

Debat di sosial media juga menjadi salah satu hal negatif dari perkembangan internet saat ini, banyak sekali pengguna sosial media yang berdebat di dunia maya, hal ini sama sekali tidak berguna untuk hal apapun, toh debat yang kita lakukan di sosial media tidak akan dilihat oleh orang-orang yang terkait, maka dari itu mulai sekarang, stop berdebat di sosial media ya.

5. Jangan suka Upload Data Pribadi

data pribadi via http://google.com

Tindakan mengupload data pribadi terkadang di lakukan oleh beberapa pengguna sosial media atau internet, asal kalian tahu saja bahwa mengupload data pribadi yang penting itu sama saja anda membocorkan informasi rahasia diri anda sendiri, data pribadi tersebut bisa saja dimanipulasi oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab untuk hal hal yang tidak benar dan masih banyak lagi

6. Jangan Terlalu Banyak Membeli Paket Kuota Internet

kuota internet via https://www.cekkuota3.com

Nah tips yang terakhir, usahakan jangan terlalu banyak membeli paket kuota internet, kenapa demikian? Hal ini untuk meminimalisir akses internet yang berlebihan seperti download dan streaming yang jelas akan membuat waktu anda habis untuk berselancar di internet, belilah kuota secukupnya saja sehingga akses internet anda juga lebih terkontrol, kalau bisa buat jadwal tetap mengenai akses internet anda sehari hari.

Itulah beberapa tips bijak menggunakan sosial media dan internet, semoga dengan adanya tips diatas bisa membantu ada untuk lebih bijak lagi dalam menggunakan internet dan manfaatkanlah sebaik baiknya teknologi internet untuk kehidupan anda.