6 Tips Menciptakan Ruang Baca Sederhana di Sudut Rumah

Memang, membaca buku di perpustakaan bisa meningkatkan rasa fokus kita karena suasananya yang sepi dan nyaman. Namun, kamu juga bisa menciptakan suasana tersebut di rumah dengan membuat ruang baca sendiri.

Bukan berarti kamu harus mempunyai sebuah ruang khusus, lho. Jika memiliki area rumah terbatas, kamu tetap bisa menciptakannya dengan memanfaatkan sudut ruangan yang kosong.

Daripada mengisi sudut rumah dengan tanaman atau kusi saja, kamu dapat mengubahnya langsung menjadi tempat membaca buku yang nyaman. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Advertisement

1. Pastikan Sudut Ruangan Tidak Banyak Barang

ruparupa.com

ruparupa.com via https://www.ruparupa.com

Rasa fokus saat membaca buku bisa jadi maksimal jika ruangannya sepi alias tidak banyak barang. Maka dari itu, pastikan kamu tidak meletakkan terlalu banyak perabot di sudut ruangan. 

Hindari memakai lemari yang terlalu besar sehingga membuat ruangan jadi sempit. Begitu pula saat memilih sofa, pastikan ukurannya tidak lebih besar dari luas ruangan. Kamu bisa memilih sudut ruang yang dekat dengan jendela supaya lebih mudah dalam menatanya. 

Advertisement

2. Pilih Rak Buku yang Tepat

ruparupa.com

ruparupa.com via https://www.ruparupa.com

Ruang baca tidak akan lengkap jika tidak memiliki rak dengan tumpukan koleksi buku, bukan? Kamu bisa memilih rak tanpa pintu atau rak terbuka supaya lebih mudah saat mengambil buku. 

Jika ingin menciptakan kesan minimalis, maka bisa rak buku kayu. Sedangkan model rak besi, lebih cocok untuk menampilkan kesan modern.

Kemudian, susun buku di setiap sekatnya sesuai kategori tertentu, seperti menyusunnya berdasarkan genre, nama penulis, dan warna sampulnya. Jadinya, rak buku akan terlihat lebih menawan dan rapi.

Advertisement

3. Berikan Pencahayaan dari Lampu Lantai

ruparupa.com

ruparupa.com via https://www.ruparupa.com

Biasanya, sudut rumah memiliki jendela yang bisa memantulkan cahaya matahari pagi dan siang ke dalam rumah. Namun, lain halnya jika di sore dan malam hari yang minim pencahayaan.

Tentunya, membaca di tempat dengan pencahayaan kurang bisa membuat mata jadi sakit dan mudah lelah. Oleh sebab itu, kamu perlu menambahkan lampu lantai yang tingginya bisa disesuaikan. 

Agar maksimal, pilih lampu LED dengan daya pancar cahaya di angka 300-500 lux.

4. Gunakan Tempat Duduk yang Nyaman

ruparupa.com

ruparupa.com via https://www.ruparupa.com

Hal yang tak kalah penting adalah tempat duduk yang nyaman agar bisa menunjang kenyamanan saat membaca buku. Jika ingin menghabiskan banyak waktu membaca, bisa pilih sofa recliner. Namun, untuk luas sudut yang terbatas, maka pilih bean bag nyaman yang empuk.

5. Tambahkan Karpet dan Selimut

ruparupa.com

ruparupa.com via https://www.ruparupa.com

Untuk menambah rasa nyaman, tambahkan perlengkapan lainnya, seperti karpet area dan selimut. Pilih karpet jenis bulu supaya kaki kamu tidak terasa dingin saat menghabiskan waktu di sudut baca.

6. Letakkan Meja Sisi

ruparupa.com

ruparupa.com via https://www.ruparupa.com

Meja sisi menjadi furniture yang wajib ada di sudut baca. Soalnya, kamu membutuhkan tempat untuk meletakkan cangkir teh, semangkuk kecil camilan, dan buku yang sedang dibaca. Pilih meja sisi sederhana berbahan kayu supaya awet dan tahan lama untuk dipakai bertahun-tahun.

Nah, itu dia keenam cara yang bisa kamu coba terapkan untuk membuat ruang baca sederhana di sudut rumah. Tidak sulit untuk mengubah sudut rumah yang monoton menjadi tempat membaca buku yang nyaman, bukan? 

Bahkan, kamu hanya perlu menata tiga furniture, yaitu sofa, rak, dan meja. Lalu, tambahkan hiasan di sudut ruangan supaya terasa lebih nyaman. Hal yang paling penting adalah kerapian di dalam ruang baca tersebut. Jadinya, kamu bisa lebih betah berlama-lama membaca buku di sana. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

ruparupa.com merupakan e-commerce resmi ACE, Informa, Toys Kingdom, dan Grup Kawan Lama lainnya. ruparupa.com hadir untuk membantu menjalani kehidupan yang lebih baik buat semua orang karena rumah adalah awal semuanya dimulai.

CLOSE