Waktu liburan biasanya paling enak kalo travelling ke tempat-tempat wisata (tourism destination). Tapi, bisa juga liburan kalian diisi dengan travelling sambil belajar bahasa asing (khususnya bahasa Inggris) dan tentunya liburan kalian akan semakin menyenangkan, menambah skill kalian dan menambah relasi juga.

Jadi, buat kamu para pelajar, mahasiswa atau masyarakat umum khususnya dari (luar pulau jawa) yang ingin kursus bahasa Inggris di Kampung Inggris (Pare-Kediri). Sedikit informasi tambahan, di sana tidak seperti yang didengungkan, jadi hampir semua penduduk di Kampung Inggris menggunakan bahasa Jawa dalam keseharian.

Jadi sebenarnya lebih tepat disebut sebagai kampung kursus/kampung bahasa. Berikut ini adalah 6 tips sebelum kalian pergi ke Kampung Inggris (Khusus Luar Pulau Jawa).

1. Browsing Hal-Hal Yang Berkaitan Tentang Kampung Inggris

Pengertian browsing dan browser dala kaitannya dengan dunia internet

Pengertian browsing dan browser dala kaitannya dengan dunia internet via http://google.com

Informasi merupakan hal yang sangat penting ketika kita memutuskan untuk mengambil suatu tindakan. Begitu pula ketika memutuskan untuk pergi ke kampung inggris (Pare-Kediri) untuk kursus bahasa Inggris.

Kalian bisa kunjungi situs ini www.kampung-inggris.com untuk mengetahui semua informasi tentang kampung inggris, karena situs ini akan menjawab semua pertanyaan kalian tentang kampung Inggris. Mulai dari biaya belajar, durasi belajar, camp area, lembaga terbaik yang ada di sana.

Advertisement

Bagaimana cara menuju ke sana sampai paket belajar untuk fresh graduate juga ada. Sekidit informasi, jadi jadwal kelas tersebut selalu dibuka tanggal 10 dan 25 setiap bulannya (berlaku untuk semua lembaga kursus yang ada di sana) dan kamu bisa melakukan pendaftaran secara online dua bulan sebelum kelas dimulai.

2. Mulai Menyusun Program Apa Saja Yang Akan Diambil

Cara Membuat Program

Cara Membuat Program via https://id.wikihow.com

Program belajar bahsa Inggris di sana sangat lengkap mulai dari speaking, grammar, pronunciation, vocabulary, public speaking, TOEFL & IELTS, ditambah dengan banyaknya jumlah lembaga kursus. Hal ini tentunya akan membuat kalian bingung bukan??

Jika tidak dipersiapkan sebelumnya. Naahh.. menyusun program apa saja yang mau diambil merupakan hal yang sangat penting dilakukan sebelum kalian kesana. Sehingga, ketika kalian tiba di tempat tujuan kalian tidak lagi bingung dan dipusingkan dengan program belajar apa yang mau diambil.

Advertisement

Akan tetapi untuk kalian yang malas menyusun program belajar apa saja yang akan diambil, kalian bisa mengambil program paket yang sudah disediakan oleh lembaga kursus plus disertai camp-nya.

Adapun program paket ini sangat bervariasi, ada yang berdurasi 2 minggu,1 bulan, 2 bulah atau bahkan ada yang sampai 4 bulan, untuk lebih jelasnya kunjungi website https://www.kampung-inggris.com/21-informasi-dasar-tentang-kampung-inggris/.

Dan kalian tidak perlu khawatir untuk mengambil program paket, karena paket program pembelajaran disusun oleh Tim Ahli di bidang bahasa Inggris yang menghasilkan sistem pembelajaran, metode dan juga hasil yang terbaik.

3. Menentukan Alat Transportasi Untuk Keberangkatan

MACAM – MACAM ALAT TRANSPORTASI

MACAM – MACAM ALAT TRANSPORTASI via https://entinanova.wordpress.com

Untuk menuju kampung Inggris Pare kalian bisa menggunakan berbagai alat transportasi seperti (pesawat, kereta, bus atau kendaraan pribadi). Apabila kalian pelajar dari luar pulau Jawa tentunya akan naik pesawat.

So.. jangan lupa untuk pilih pesawat dengan tujuan bandara Juanda Surabaya. Apabila naik kereta,maka pilih kereta dengan tujuan di Stasiun Kediri. Untuk yang menggunakan jasa transportasi bus, maka kalian harus ke terminal Surabaya, Kediri atau Jombang.

Untuk kalian yang tidak mau diribetkan dengan urusan transportsi darat ketika sampai di bandara. Kampung Inggris menyediakan penjemputan dari Bandara Juanda dan Stasiun Kediri. Penjemputan tersebut menggunakan mobil ber AC dengan tarif yang relatif terjangkau dan pemesanan penjemputan terintegrasi di sistem pendaftaran online.

4. Hal-Hal Apa Saja Yang Perlu Dibawa Dari Rumah

15 Perlengkapan Penting yang Wajib Kamu Bawa Saat Traveling

15 Perlengkapan Penting yang Wajib Kamu Bawa Saat Traveling via https://www.hipwee.com

Perlengkapan yang perlu kalian bawa dari rumah yaitu: uang saku (paling penting), handuk, Seperangkat alat mandi dan sikat gigi, selimut, jaket, pakaian (kira-kira yang cukup 10 hari karena bisa setiap hari laundry), tas, sepatu atau sandal dan tempat minum.

Untuk pakaian sebaiknya kalian tidak perlu membawa terlalu banyak, cukup bawa pakaian yang nyaman kalian gunakan saja, karena ketika di sana kalian pasti akan tergiur untuk membeli kaos seragam dari tempat kursus/camp kalian.

Dan untuk uang saku sebaiknya dirincikan terlebih dahulu di rumah. mulai dari biaya makan, biaya sewa sepeda, biaya kursus, biaya laundry, biaya untuk jalan-jalan ketika weekend bersama teman-teman baik itu teman satu camp atupun teman satu kursusan, biaya membeli souvenir (sebagai oleh-oleh atau untuk jadi kenang-kenangan) dan biaya-biaya lain yang tidak terduga.

Untuk kalian para pencinta kebersihan, kalian bisa membawa garpu dan sendok sendiri. Kenapa piring tidak disebutkan, karena memang benda tersebut tidak terlalu diperlukan. Selain itu, untuk urusan makan biasanya kalian bisa pergi ke tempat makan terdekat disekitar area kursusan atau camp.

5. Menentukan Lembaga Kursus

12 Lembaga Kursus Terbaik di Kampung Inggris Pare (updated 2018)

12 Lembaga Kursus Terbaik di Kampung Inggris Pare (updated 2018) via https://www.google.com

Banyaknya lembaga kurus yang disediakan disana tentunya membuat kalian bingung. Tapi kalian tidak perlu khawatir, karena semua lembaga kursus di sana bagus dan memiliki pengajar yang profesional.

Di samping itu sistem belajar di sana sangat menyenangkan, bisa dibilang bermain sambil belajar. Berikut ini link lembaga kursus yang pernah saya ikuti dan mungkin bisa dijadikan referensi.

1. http://www.ourdaffodils.id/

2. http://elfast-pare.com/

3. http://www.test-pare.com/

4. https://peacekampunginggris.com/

5. http://www.cherrycamppare.com

6. Coba Ajak Teman Atau Shabat

5 Alasan Mengapa Traveling Bersama Sahabat Justru Membuat Kalian Semakin Dekat

5 Alasan Mengapa Traveling Bersama Sahabat Justru Membuat Kalian Semakin Dekat via https://travel.idntimes.com

Perjalanan kalian tentunya akan lebih menyenangkan ketika bersama teman/sahabat, karena ada teman untuk diajak ngobrol dan menikmati pemandangan selama proses perjalanan. Selain itu pertemanan kalian akan semakin erat karena bisa melatih kerjasama dan toleransi.

Khusus buat cewek, udahlah nggak usah sok-sok tengsin, karena kalau sudah ketemu tempat bagus dan instagramable, pasti deh kalian langsung keluarin hp buat selfi. Mulai dari pose foto kalem sampe pose alay-pun jadi.

Dan disaat seperti ini lah, peran teman amat diperlukan, walaupun dengan kata lain dijadiin korban pelampiasan buat tukang foto. Tapi kalau temennya cowok, siap-siap aja deh untuk makan hati, karena kaum Adam tersebut sangat malas untuk urusan satu ini (Eits,, nggak semua cowok gitu loh yaa).

Dengan hadirnya teman, akan menambah semangat kalian dalam belajar, misalnya saja ketika kalian kurang paham dengan materi yang disampaikan oleh pengajar, bisa jadi teman kalian justru sebaliknya. Dan tentunya ini bisa jadi bahan diskusi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya