6+ Makanan Ini Wajib Ada Di Kos, Supaya Stok Pangan Aman Meski #RamadandiPerantauan

Biar Nggak Bingung Cari Makan dan Aman Selama Corona

Sebagai perantau, skill mandiri sudah tidak mungkin diragukan padamu. Kamu jelas terbiasa melakukan berbagai hal sendiri, termasuk memasak. Walau begitu, kekuatanmu sebagai perantau diuji tahun ini karena tidak bisa mudik dan merasakan masakan Ibu tersayang. Jangan sedih, ini pasti hanya sementara dan bisa dilalui dengan tenang.

Namun jangan lupa bahwa kamu juga perlu bertahan hidup dengan baik dengan makan makanan bergizi tapi yang tidak mudah busuk jika disimpan di kos. Nah, karena pada umumnya rumah kos jarang memiliki freezer, pertimbangkan untuk menyimpan 6 makanan ini ya. Meski tanpa pendingin, makanan ini aman disimpan dalam jangka waktu yang lama!

Advertisement

1. Olahan Daging Kering

unsplash.com/Timothy Newman

unsplash.com/Timothy Newman via https://unsplash.com

Ramadan sering diidentikkan sebagai waktunya makan enak, apalagi saat pulang ke kampung halaman di mana bisa makan makanan kesukaan buatan Ibu. Sekalipun tidak mudik, kamu tetap berhak makan enak nan bergizi seperti daging.

Jangan khawatir, ada beragam olahan daging yang bisa disimpan tanpa perlu kulkas, bahkan siap makan! Sebut saja seperti abon, dendeng, daging gepuk, dan beberapa olahan daging kering yang lain.

2. Kentang

unsplash.com/@micheile

unsplash.com/@micheile via https://unsplash.com

Kentang adalah salah satu sayuran yang bisa tahan lama sekalipun tidak dimasukkan dalam kulkas. Ini tentu bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu yang anak kos dan ingin menyimpan bahan pangan supaya jika lebaran nanti tidak kerepotan cari makan. Selain awet, kentang juga mudah diolah dengan mudah dengan beragam resep yang lezat. Mulai dari dibuat untuk sup bersama dengan wortel dan potongan ayam hingga diolah sebagai makanan khas Ramadan yaitu berupa sambal goreng ketang dan hati ayam. Berminat?

3. Alpukat

unsplash.com/Thought Catalog

unsplash.com/Thought Catalog via https://unsplash.com

Sekalipun tidak dekat dengan Ibu yang biasanya mengingatkan untuk rajin makan buah, kamu tidak boleh lupa untuk mengonsumsinya, ya! Jika kamu bingung dengan buah apa yang tahan lama jika diletakkan di kos dan dijadikan sebagai persediaan makanan, maka kamu bisa memilih alpukat.

Alpukat adalah buah yang disukai oleh sejuta umat. Tidak melulu harus dibuat minuman seperti jus, kamu juga bisa makan langsung atau ditambah dengan milo bubuk dan diaduk sampai rata. Soal rasa, jangan tanya… bisa bikin ketagihan!

Advertisement

4. Roti

unsplash.com/Jasmin Schreiber

unsplash.com/Jasmin Schreiber via https://unsplash.com

Selama di kota rantau yang jauh dari keluarga, pasti akan terasa lebih membosankan, bukan? Termasuk urusan makanan. Jika kamu sering merasa malas makan nasi atau ingin ganti menu yang berbeda, kamu bisa menyiapkan roti sebagai makanan karbohidrat pengganti nasi. Apalagi kini ada bermacam-macam jenis roti seperti roti gandum yang membuat rasa kenyang lebih lama, roti tawar yang bisa dioles bermacam rasa selai, hingga roti yang bagel yang tidak kalah nikmat.

5. Susu Kaleng

unsplash.com/@robin_rednine

unsplash.com/@robin_rednine via https://unsplash.com

Rasanya mengerikan jika tidak bisa minum susu dalam beberapa hari karena takut basi jika tidak disimpan dalam kulkas. Eits, jangan salah! Nyatanya kamu masih bisa tetap minum susu asalkan pintar-pintar dalam memilih mana yang tepat.

Nah, jenis susu yang sebaiknya dipilih jika kamu tidak memiliki kulkas di rumah kos adalah susu evaporasi kaleng yang aman disimpan dalam jangka waktu yang lama. Selain diminum langsung, juga bisa jadi campuran yang nikmat untuk kopi atau dengan sereal.

6. Sayuran Segar

unsplash.com/Alexandr Podvalny

unsplash.com/Alexandr Podvalny via https://unsplash.com

Memang tidak mudah memilih sayuran apa yang akan tahan disimpan beberapa saat dalam kos tanpa kulkas, tapi ini bukan berarti tidak ada. Kamu bisa menyimpan beberapa sayuran segar supaya tetap sehat di tengah corona dan di kota rantau sendiri. Sebut saja seperti jagung, ketimun, paprika, kacang hijau, hingga cabai. Ingat, jangan terlalu banyak makan mie instan, kamu juga perlu sayuran!

Nah, itu lah beberapa makanan yang akan awet disimpan tanpa kulkas sehingga bisa jadi stok pangan selama Ramadan di kota rantau. Walau kamu sangat sangat sangat menyukai mie instan, sebaiknya tidak dikonsumsi terus menerus, apalagi mengingat kini tengah dibendung wabah corona, pastikan makananmu bisa mendekati 4 sehat 5 sempurna.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Girl-just-wanna-have-fun

CLOSE